Pembetulan Bukti Potong PPh 23 & Cara Pembatalan Bukti Potong PPh 23

Cara Pembatalan dan Pembetulan Bukti Potong Pajak PPh 23

Dear Sobat Klikpajak, sudah tahu cara pembatalan Bukti Potong PPh 23 dan cara pembetulan Bukti Potong PPh 23? Klikpajak by Mekari akan menunjukkan bagaimana cara pembatalan dan cara pembetulan e bupot atau bukti pemotongan elektronik PPh Pasal 23.

Tapi sebelum itu, Klikpajak.id akan kembali mengingatkan Sobat Klikpajak pentingnya kelola pajak dan keuangan bisnis yang efektif & efisien untuk membantu meningkatkan kinerja perusahaan.

Ingin tahu cara kelola pajak perusahaan yang mudah dan cepat?

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klipajak Sekarang!

Sobat Klikpajak juga dapat mengikuti demo online cara kelola pajak dan keuangan bisnis yang praktis di Klikpajak Demo Jurnal, tim support Klikpajak akan menyesuaikan waktu Sobat Klikpajak kapan saja dibutuhkan.

Klikpajak by Mekari adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Melalui Klikpajak.id, jadi mudah menghitung, membayar dan melaporkan pajak kapan saja, di mana saja, serta menyimpan arsip perpajakan dengan aman dalam satu platform aplikasi pajak online berbasis web yang terintegrasi.

Dengan Klikpajak, kelola e-Faktur maupun e-Bupot juga lebih mudah dan cepat karena terintegrasi dengan fitur akuntansi perpajakan online Jurnal.id.

Temukan kemudahan kelola pajak dari integrasi Klikpajak.id dan Jurnal.id yang memudahkan kelola pajak dan keuangan perusahaan.

Jurnal by Mekari adalah software akuntansi online berbasis cloud dengan laporan keuangan lengkap, seperti:

  • Neraca keuangan
  • Arus kas
  • Laba-rugi

Kembangkan bisnis tanpa batas dengan software akuntansi terintegrasi Jurnal by Mekari. Coba Gratis 14 hari sekarang!

Bukan hanya itu, Sobat Klikpajak juga dapat mengelola karyawan dengan mudah melalui sistem Human Resources Information System (HRIS) Talenta by Mekari.

Melalui HRIS Talenta.co, segala urusan payroll dan manajemen HR (Human Resources) lebih mudah dan praktis.

Jaga bisnis tetap produktif dengan software payroll dan HRIS terautomasi Talenta by Mekari. Coba Talenta Gratis sekarang!

“Serahkan semua urusan perpajakan, keuangan perusahaan dan manajemen SDM melalui support system yang lengkap dan terintegrasi untuk mendukung kinerja perusahaan serta perkembangan bisnis yang lebih baik lagi.”

Ketentuan Pembatalan & Pembetulan Bukti Potong PPh 23

Bagi Wajib Pajak terutama yang membuat dan melaporkan SPT Masa PPh Pasal 23/26, bukti pemotongan pajak adalah satu hal yang paling penting untuk disimpan.

Bukti pemotongan ini sendiri digunakan oleh Pemotong PPh Pasal 23/26 sebagai bukti pemotongan/pemungutan yang dilakukannya dan pertanggungjawaban.

Namun dalam praktiknya, bisa saja terjadi kesalahan seperti kekeliruan atau pembatalan transaksi dalam membuat bukti pemotongan.

Untuk membetulkan kekeliruan dalam pengisian disebut Bukti Pemotongan Pembetulan.

Sedangkan untuk pembatalan transaksi disebut Bukti Pemotongan Pembatalan.

Bagaimana penjelasan tentang pembetulan Bukti Potong PPh 23 dan pembatalan Bukti Potong PPh 23 ini, simak berikut ini:

Temukan cara kelola e-Faktur lebih mudah, cepat & praktis dengan menarik data langsung dari laporan keuangan online hanya di e-Faktur Klikpajak by Mekari. Coba & buktikan sekarang!

1. Bukti Pemotongan Pembetulan

Pemotong PPh 23 bisa saja melakukan kesalahan saat mengisi data di eBupot.

Sehingga perlu dilakukan pembetulan Bukti Potong PPh 23 tersebut.

Terdapat peraturan yang mengatur tentang Bukti Pemotongan Pembetulan ini seperti tertulis dalam PER-04 /PJ/2017  yang mengatur mekanisme pembetulan bukti potong (bupot).

Sesuai aturan tersebut, pembetulan dapat dilakukan pada setiap data di Bupot kecuali nomor Bupot.

Mekanisme pembetulan Bupot ini juga sudah dijalankan KPP agar mempermudah Wajib Pajak.

Tata Cara Pembetulan Bukti Pemotongan Pajak:

a. Melakukan pembetulan pada Bukti Potong PPh 23 dengan ketentuan nomor yang dicantumkan dalam Bukti Pemotongan Pembetulan adalah sama dengan nomor pada Bukti Pemotongan sebelum dibetulkan.

b. Pemotong Pajak PPh 23 harus mengisi tanggal sesuai tanggal diterbitkannya Bukti Pemotongan Pembetulan.

Selain itu juga wajib melampirkan Bukti Pemotongan Pembetulan dalam SPT pembetulan.

Pembetulan Bukti Potong PPh 23 & Cara Pembatalan Bukti Potong PPh 23Contoh bukti potong PPh 23

2. Bukti Pemotongan Pembatalan

Mengacu pada Per-04/PJ/2017 yang mengatur mekanisme pembatalan Bupot dalam hal ini adalah transaksi yang terutang PPh Pasal 23 dan/atau Pasal 26 ternyata dibatalkan.

Baca juga tentang Ulasan Lengkap PPh Pasal 23/26, Tarif, Penggunaan dan Perhitungannya

Tata Cara Pembatalan Bukti Pemotongan Pajak:

a. Sama dengan Pembetulan, nomor yang dicantumkan dalam Bukti Pemotongan Pembatalan adalah sama dengan nomor pada Bukti Pemotongan sebelum dibatalkan.

b. Isi kolom “Jumlah Penghasilan Bruto” dan kolom “PPh yang Dipotong” dengan nilai NOL (“0”).

c. Mengisi tanggal sesuai tanggal diterbitkannya Bukti Pemotongan Pembatalan.

d. Melampirkan Bukti Pemotongan Pembatalan dalam SPT pembetulan.

Untuk lebih jelasnya langkah-langkah cara membuat Bukti Potong PPh 23 hingga pembatalan dan pembetulan, inilah Tutorial Cara Membuat Bukti Potong PPh 23/26 Online di e-Bupot

Demikian penjelasan lengkap tentang pembatalan dan pembetulan dalam bukti pemotongan pajak.

Semoga dapat membantu bagi Wajib Pajak yang ingin mengetahui seluk-beluk bukti pemotongan pajak terutama bagi yang baru pertama kali menggunakan aplikasi online e-Bupot.

Setelah tahu cara membuat Bukti Potong PPh 23/26, cara membetulkan Bukti Potong PPh 23 dan cara pembatalkan Bukti Potong PPh 23, berikutnya lakukan perpajakan lainnya dengan cara yang mudah pula.

Melakukan urusan pajak lainnya lebih mudah jika dilakukan dengan aplikasi pajak online yang memiliki fitur lengkap dan terintegrasi.

Sobat Klikpajak dapat menemukan fitur lengkap pajak online yang terintegrasi hanya di Klikpajak by Mekari.

Pembetulan Bukti Potong PPh 23 & Cara Pembatalan Bukti Potong PPh 23Ilustrasi membuat pembetulan bukti potong PPh 23

Mudah Urus Pajak Lainnya dengan Fitur Lengkap Klikpajak

Fitur lengkap Klikpajak membantu mempermudah urusan perpajakan bagi para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Sobat Klikpajak yang berprofesi pada bagian keuangan atau sebagai tax officer.

Temukan fitur lengkap aplikasi pajak online Klikpajak by Mekari selengkapnya di Inilah Daftar Fitur Lengkap Klikpajak untuk Kelola Pajak Perusahaan.

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis dan aktivitas Sobat Klikpajak dalam mengelola e-Faktur, e-Bupot, bayar dan lapor SPT Tahunan/Masa PPh dan PPN yang dapat menghemat banyak waktu?

Pembetulan Bukti Potong PPh 23 & Cara Pembatalan Bukti Potong PPh 23

Jangan segan menghubungi kami, karena kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya untuk memudahkan urusan perpajakan perusahaan. Klikpajak by Mekari mengerti yang Anda butuhkan.

Cukup daftarkan email di www.klikpajak.id dan temukan bagaimana Sobat Klikpajak dapat melakukan urusan perpajakan dengan sangat menyenangkan. Lebih mudah dari sekadar yang dibayangkan.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klipajak Sekarang!

Sobat Klikpajak juga dapat meningkatkan pemahaman tentang berbagai macam aktivitas pajak, mulai dari cara hitung, bayar, dan lapor pajak secara komprehensif melalui Mekari University.

Asah kemampuan Sobat Klikpajak tentang perpajakan melalui kursus online di Mekari University, gratis!

Setelah menyelesaikan kursus online pajak ini, Sobat Klikpajak akan mendapatkan sertifikat dari Mekari University, yang bisa dijadikan porfotolio di bidang perpajakan.

Karena belajar pajak itu mudah!

Tak perlu bayar, kemampuan pajak bisa bertambah melalui Kursus Pajak Online bersama Mekari University.

Jangan lupa, jika ingin lebih mudah kelola pajak dan keuangan bisnis, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id yang terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online Jurnal.id.

Ingin tahu caranya, klik banner di bawah ini untuk menjadwalkan demo online bersama tim konsultan kami.

Pembetulan Bukti Potong PPh 23 & Cara Pembatalan Bukti Potong PPh 23

Kategori : Pajak Bisnis

PUBLISHED27 Jul 2021
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: