e-Faktur Distributor dan Solusi Klikpajak dari Tingginya Transaksi
Studi Kasus

Bagaimana Klikpajak by Mekari Jadi Solusi Global Pharma Kelola e-Faktur Lebih Cepat dari Tingginya Transaksi

Bagaimana Klikpajak by Mekari Jadi Solusi Global Pharma Kelola e-Faktur Lebih Cepat dari Tingginya Transaksi
PT Global Pharma Indonesia

Bagaimana Klikpajak by Mekari Jadi Solusi Global Pharma Kelola e-Faktur Lebih Cepat dari Tingginya Transaksi

Sebagai perusahaan distributor perlengkapan medis, masa pandemi Virus Corona (Covid-19) jadi tantangan tersendiri dalam melayani tingginya jumlah permintaan alat-alat kesehatan.

Bagian keuangan atau staf perpajakan perusahaan pun harus mampu mengimbangi tingginya transaksi dalam pembuatan Faktur Pajaknya.

Kondisi:

Jumlah transaksi yang meningkat sering kali membuat perusahaan kewalahan mengerjakan administrasi keuangan termasuk urusan perpajakannya.

Hal inilah yang dihadapi PT Global Pharma Indonesia saat menghadapi tingginya permintaan peralatan medis dan laboratorium.

Terlebih lagi pada masa pandemi Virus Corona (Covid-19), menurut Tax Officer PT Global Pharma Indonesia, Maudya Mandasari, jumlah permintaan alat-alat kesehatan mengalami peningkatan cukup drastis.

Tak tanggung-tanggung, jumlah Faktur Pajak yang diterbitkan dari transaksi selama pandemi Covid-19 mengalami peningkatan hingga 2x lipat mencapai sekira 3000 e-Faktur, sebulan! 

“Pembuatan Faktur Pajak sebulan kurang lebih sekitar 1500 Faktur Keluaran, selama pandemi ini jadi banyak bisa sampai dua kali lipat lebih,” kata Maudya.

Semakin banyak jumlah transaksi, makin banyak pula Faktur Pajak elektronik yang harus dibuat.

Begitu juga Surat Pemberitahuan (SPT) Masa PPN (Pajak Pertambahan Nilai) yang dilaporkan setiap bulannya untuk mengetahui berapa besar PPN terutang dan Pajak Masukan yang dapat dikreditkan.

Masalah:

Untuk memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan, Maudya sebelumnya sudah menggunakan software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Namun Maudya mengakui, tingginya transaksi dari penyediaan peralatan medis dan laboratorium ini cukup merepotkan timnya dalam pembuatan Faktur Pajak dan pelaporan SPT Masa PPN-nya.

Sebab ia harus memasukkan data-data dari laporan keuangan secara manual ke aplikasi e-Faktur DJP Online. “Itu jadi ribet,” ujar Maudya.

Begitu juga pada saat lapor SPT Masa PPN, dirinya harus unduh satu per satu file e-Faktur terlebih dahulu, lalu masuk ke sistem DJP Online dan harus input kata sandi berkali-kali untuk masuk.

“Kalau mesti download file dulu dari Jurnal.id, lalu masuk lagi ke DJP Online, itu ribet. Karena masuk ke aplikasi DJP itu kan harus memasukkan password berkali-kali,” jelasnya.

Karena banyaknya e-Faktur yang harus dikelola seiring tingginya transaksi, maka PT Global Pharma Indonesia perlu adanya sistem pendukung untuk melakukan berbagai administrasi perpajakan yang terintegrasi.

Butuh support system guna kelola pajak yang dapat secara otomatis menarik data transaksi keuangan perusahaan untuk dibuatkan Faktur Pajak maupun buat pelaporan SPT Masa PPN-nya dalam satu platform.

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!

Solusi Klikpajak:

Banyaknya jumlah transaksi keuangan membuat PT Global Pharma Indonesia memutuskan menggunakan sistem pendukung yang mampu mengintegrasikan proses pengelolaan perpajakan dengan laporan keuangan perusahaan.

Klikpajak by Mekari memberikan solusi yang dibutuhkan dari permasalahan PT Global Pharma Indonesia dalam mengelola keuangan perusahaan, penghitungan pajak, pembuatan Faktur Pajak dan pelaporan SPT Masa PPN.

PT Global Pharma Indonesia memutuskan memilih paket Klikpajak Enterprise agar lebih leluasa dalam pengelolaan e-Faktur yang sudah mencapai ribuan per bulan.

Dengan paket Klikpajak Enterprise, PT Global Pharma Indonesia mendapat akses lengkap mulai dari:

  • e-Filing
  • e-Billing (membuat Kode Billing dan langsung bayar/setor pajak dalam satu platform)
  • e-Bupot (Membuat Bukti Potong, Hitung & Lapor SPT PPh 23/26, dengan jumlah upload mulai dari 750 bukti potong/bulan)
  • e-Faktur (Unggah Faktur Pajak, Hitung & Lapor SPT Masa PPN, dengan jumlah upload mulai dari 750 faktur/bulan)

Fitur lengkap Klikpajak by Mekari yang terintegrasi dengan Jurnal by Mekari semakin membantu Maudya dalam mengelola Faktur Pajak dengan mudah dan praktis, seperti:

1. Penghitungan otomatis

Sistem e-Faktur Klikpajak by Mekari dirancang untuk membantu penghitungan otomatis dari setiap transaksi pajak sesuai dengan peraturan perpajakan terbaru.

Dalam kasus ini, PT Global Pharma Indonesia bisa mendapatkan hasil perhitungan dari transaksi Faktur Pajak secara otomatis.

PT Global Pharma Indonesia juga dapat mudah menghitung besar PPN yang harus disetorkan secara akurat dengan sistem penghitungan otomatis ini.

2. Proses cepat dengan integrasi Jurnal by Mekari

Fitur e-Faktur Klikpajak by Mekari juga membantu proses pembuatan Faktur Pajak elektronik lebih cepat karena integrasi dengan software akuntansi online Jurnal by Mekari.

PT Global Pharma Indonesia dapat mudah menarik data dari pembukuan online-nya untuk dibuatkan Faktur Pajaknya dan tidak ada satu pun dokumen transaksi yang terlewat dibuatkan e-Faktur karena tercecer atau terselip.

Proses yang cepat dengan impor data dari akuntansi online dapat membantu PT Global Pharma Indonesia dapat membuat e-Faktur dalam jumlah banyak secara singkat dan praktis.

3. Buat e-Faktur dan lapor SPT Masa PPN satu platform

Dengan fitur yang user friendly, Klikpajak by Mekari membantu PT Global Pharma Indonesia membuat e-Faktur dengan langkah-langkah yang simpel.

Pelaporan SPT Masa PPN juga lebih cepat dan praktis karena PT Global Pharma Indonesia tinggal impor data dalam satu aplikasi e-Faktur Klikpajak.

Hasil:

“Setelah pakai Klikpajak.id jadi lebih mudah, tinggal tarik data dari Jurnal.id untuk buat e-Faktur, tinggal impor dan klik di satu aplikasi saat lapor SPT Masa PPN. Lebih mudah dan lebih hemat waktu juga,” jelas Maudya.

Klikpajak by Mekari dapat membantu PT Global Pharma Indonesia melakukan administrasi perpajakan dengan langkah mudah dan praktis, karena tidak perlu lagi upload file satu per satu secara manual untuk membuat e-Faktur maupun lapor SPT Masa PPN.

Maudya pun tidak perlu khawatir melakukan kesalahan penghitungan pada Faktur Pajak dengan memanfaatkan fitur e-Faktur yang dilengkapi penghitungan otomatis. Ia juga tidak perlu berganti platform hanya untuk melaporkan SPT Masa PPN.

Dengan bantuan software pajak online berbasis web Klikpajak by Mekari, PT Global Pharma Indonesia mampu melakukan administrasi perpajakan lebih efektif dan dapat memenuhi peningkatan jumlah transaksi selama pandemi Covid-19.

Dari jumlah transaksi keuangan yang mengalami kenaikan 100% per bulannya itu, artinya penggunaan software akuntansi online Jurnal by Mekari yang terintegrasi dengan support system aplikasi pajak online Klikpajak by Mekari, membantu PT Global Pharma Indonesia mampu menghemat waktu hingga 100% untuk kelola e-Faktur dan pelaporan SPT Masa PPN.

Buat e-Faktur dan Lapor SPT Masa PPN Langsung di Klikpajak by Mekari

Saya Mau Coba Gratis Klikpajak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Klikpajak Sekarang!