Cermati Kelebihan dan Hal Penting Terkait Penggunaan Aplikasi Pajak

Cermati Kelebihan dan Hal Penting Terkait Penggunaan Aplikasi Pajak

Menghitung, membayar dan melapor, merupakan tiga kewajiban perpajakan utama yang menjadi tugas seorang wajib pajak, baik berbentuk badan atau pribadi. Penghitungan perlu dilakukan dengan cermat, biasanya menggunakan jasa ahli agar besarannya diketahui dengan tepat. Pembayaran dan pelaporan dilakukan dengan mendatangi kantor pelayanan pajak, dengan membawa berbagai berkas dan dokumen. Namun, sejak hadirnya aplikasi pajak, tiga hal ini sekarang telah berubah drastis.

Keberadaan aplikasi pajak tentu memberikan perubahan besar pada kegiatan perpajakan di Indonesia. Kegiatan yang cenderung identik dengan stigma merepotkan dan membuang waktu, bisa berubah total. Penggunaan aplikasi pajak bisa membantu proses penghitungan pajak, pembayaran pajak, hingga pelaporan pajak hanya dengan satu aplikasi saja.

Keuntungan Penggunaan Aplikasi Pajak

Tentu saja jika dibandingkan dengan kegiatan perpajakan secara manual yang biasanya dilakukan di KPP, penggunaan aplikasi pajak menawarkan banyak keuntungan yang bisa didapatkan wajib pajak. Sedikitnya terdapat enam keuntungan yang bisa didapatkan secara langsung, yaitu :

  1. Proses pelaporan dapat dilakukan dengan cepat melalui internet, dimana proses penerimaan data dilakukan secara online dan real time.
  2. Kegiatan e-Filing dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, selama wajib pajak terhubung dengan jaringan internet.
  3. Operasional yang cenderung mudah dan tidak rumit, membuat penggunaan aplikasi pajak jadi sangat ramah bagi pengguna, dan tidak perlu keahlian khusus. Hanya perlu ketelitian dan kemauan membaca ketentuan dan langkah-langkahnya.
  4. Sederhana, karena kegiatan perpajakan bisa dilakukan tanpa perlu menginstal program apapun, cukup dengan mengakses situs penyedia layanan aplikasi pajak, wajib pajak sudah bisa menyelesaikan kewajiban perpajakannya.
  5. Pengawasan atau monitoring secara realtime pada pelaporan pajak yang telah dikirimkan melalui aplikasi pajak pilihan wajib pajak sendiri.
  6. Tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, tidak perlu antre, dan yang pasti gratis. Penggunaan aplikasi pajak akan sangat menghemat waktu dan bisa dialokasikan pada kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Keenam manfaat tersebut bisa langsung dirasakan wajib pajak saat menggunakan aplikasi pajak. Nilai utama dari aplikasi ini sebenarnya terletak pada kemudahan dan ringkasnya proses perpajakan yang menyesuaikan dengan iklim bisnis zaman sekarang yang sangat dinamis dan menuntut efisiensi penggunaan waktu yang tinggi.

Hal yang Perlu Dicermati

Meskipun terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi pajak, wajib pajak juga perlu mencermati beberapa hal di bawah ini ketika menggunakan aplikasi pajak. Hal ini perlu diperhatikan agar setiap proses perpajakan yang dilakukan sesuai dengan ketentuan dan tidak terjadi kesalahan.

1. Cermat dan Teliti

Ketika melakukan pengisian secara online, cermati setiap kolom yang harus diisi dan pastikan setiap kolom terisi dengan data yang benar.

2. Periksa Kembali

Setelah melakukan pengisian pada kolom yang tersedia, periksa kembali data yang sudah Anda isi sehingga setiap data yang dimasukkan ke dalam formulir atau kolom merupakan data yang benar.

3. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Setiap aplikasi pajak biasanya memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku saat digunakan. Pastikan untuk mengetahui dua hal ini sehingga wajib pajak bisa melakukan kewajibannya dengan nyaman.

4. Mitra Resmi DJP

Pastikan aplikasi pajak atau layanan perpajakan yang digunakan merupakan mitra resmi dari DJP. Dengan memastikan hal ini, wajib pajak bisa benar-benar mengandalkan aplikasi pajak karena telah melalui seleksi ketat dari DJP untuk turut dalam sistem perpajakan di Indonesia.

5. Pengarsipan

Setiap transaksi yang dilakukan, selalu periksa pengarsipan yang ditawarkan. Setiap dokumen terkait perpajakan merupakan dokumen penting, simpan dengan baik agar bisa digunakan kembali di kemudian hari.

Beberapa hal terkait aplikasi pajak di atas dapat dijadikan sebagai gambaran bahwa penggunaan aplikasi pajak bisa memberikan berbagai manfaat. Meski demikian, untuk menggunakan aplikasi ini biasanya wajib pajak diharuskan mengurus identitas yang akan digunakan dalam bentuk EFIN. Salah satu aplikasi pajak yang mudah digunakan dan merupakan mitra resmi DJP adalah klikpajak. Klikpajak hadir dengan tampilan modern dan simple, sehingga mudah digunakan. Fiturnya yang cukup lengkap juga akan sangat membantu proses perpajakan, baik itu penghitungan, pembayaran, maupun pelaporan, dalam satu aplikasi saja. Coba gunakan klikpajak untuk urusan perpajakan Anda, di sini.


PUBLISHED31 Jan 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: