5 Pengaruh Pajak terhadap Bisnis yang Wajib Anda Ketahui

5 Pengaruh Pajak terhadap Bisnis yang Wajib Anda Ketahui

Pajak adalah suatu kewajiban seluruh warga negara karena pajak memiliki peranan penting bagi kemajuan perekonomian suatu negara. Untuk membiayai kebutuhan negara, pemerintah sangat mengandalkan potensi penerimaan pajak sebagai sumber pembiayaan terbesar. Salah satu sasaran terbesar pemerintah dalam memungut pajak adalah perusahaan atau Badan Usaha berpenghasilan kena pajak yang ditentukan, karena menggeluti dunia bisnis dan berbagai kegiatan usaha. Pertanyaannya, apa saja pengaruh pajak terhadap bisnis, khususnya bagi perusahaan itu sendiri? Berikut pembahasannya.

5 Pengaruh Pajak Terhadap Bisnis Anda

1. Mendorong Perusahaan Menjadi Besar

Jika perusahaan Anda terkena pajak dan berproses menjadi usaha normal, maka perusahaan Anda dapat mengurus pembayaran ke perbankan. Langkah ini akan memudahkan bisnis yang Anda jalankan dari menjadi perusahaan menengah dan kemudian menjadi besar dan profesional.

2. Pajak Menentukan Nilai Akhir Besar Laba Perusahaan

Beban pajak langsung, pada umumnya ditanggung oleh badan yang memperoleh atau menerima penghasilan. Pajak yang dikenakan terhadap penghasilan perusahaan yang diperoleh itu dianggap sebagai beban yang wajib dibayarkan dalam menjalankan kegiatan usaha. Setelah pajak dipotong, secara ekonomis merupakan pengurang laba yang ada. Laba perusahaan yang telah dikurangi pajak, akan dibagikan atau diinvestasikan lagi oleh perusahaan.

Dalam dunia bisnis, pengusaha lebih mengidentifikasikan pembayaran pajak sebagai beban. Sehingga pengusaha akan berusaha meminimalkan pajak yang dibayar agar besarnya laba yang diperoleh lebih optimal.

3. Perusahaan Melaksanakan Perencanaan Pajak dalam Manajemen Pajak

Dalam praktik dunia bisnis, manajemen pajak dilakukan oleh perusahaan sebagai salah satu cara tetap memenuhi kewajiban pajak dengan baik dan pajak yang dibayarkan dapat ditekan serendah mungkin untuk  memperoleh laba yang diharapkan. Manajeman pajak diawali dahulu dengan perencanaan pajak (tax planning). Tax Planning tetap berdasarkan peraturan-peraturan pajak tetapi berbeda dengan tujuan pembuat peraturan. Secara ekonomis, langkah ini untuk memaksimalkan penghasilan setelah pajak sehingga perusahaan tetap untung.

4. Kurang Bayar Pajak Cederai Perusahaan

Apabila dalam seluruh kegiatan usahanya perusahaan kurang membayar pajak dalam jumlah yang besar maka akan berakibat buruk dan mencederai citra dan reputasi perusahaan yang telah dibangun. Cara efektif mengantipasinya adalah dengan lebih berhati-hati menyusun laporan keuangan bisnis Anda.

5. Pemborosan karena Tidak Kena Pajak

Dapat dimungkinkan terjadi apabila suatu usaha tidak pernah dikenakan pajak, maka pelaku bisnis di dalamnya kurang memahami dimana letak efisiensi pengeluaran perusahaan. Jika semakin larut, maka yang akan terjadi adalah pemborosan dalam segala proses bisnis yang sebenarnya dapat menjadi efisien apabila dikaji dan direncanakan dengan matang.

Demikian ulasan singkat memahami apa dan bagaimana pengaruh pajak terhadap bisnis yang akan atau sedang perusahaan Anda kerjakan.


PUBLISHED12 Oct 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: