Apa Saja 5 Keuntungan Revaluasi Aset Tetap Bagi Perusahaan?

Apa Saja 5 Keuntungan Revaluasi Aset Tetap Bagi Perusahaan?

Revaluasi aset tetap merupakan kegiatan penilaian kembali atas aset tetap perusahaan. Penilaian tersebut harus dilakukan karena terjadi suatu kenaikan nilai aset tetap di pasaran, atau terjadi karena rendahnya nilai aset tetap dalam laporan keuangan perusahaan. Penilaian kembali dari aset tetap tersebut bertujuan agar perusahaan dapat melakukan penghitungan penghasilan serta biaya terkait secara lebih wajar. Sehingga, hasil revaluasi aset dapat dijadikan dasar nilai dan kemampuan perusahaan yang sesungguhnya atau secara nyata.

Jenis aset yang dapat direvaluasi merupakan aset tetap berwujud yang berada di Indonesia, dan dimiliki serta digunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan yang merupakan objek pajak. Salah satunya adalah aset properti. Untuk itu, revaluasi aset tetap harus dilakukan berdasarkan nilai pasar atau nilai wajar atas aset tetap tersebut.

Pasal 19 Ayat 1 UU Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Perubahan Keempat atas UU Nomor 7 Tahun 1983 Tentang Pajak Penghasilan (PPh) merupakan dasar hukum yang mengatur tentang revaluasi aset. Dalam peraturan ini menyatakan bahwa Menteri Keuangan berwenang menetapkan peraturan tentang penilaian kembali aset dan faktor penyesuaian apabila terjadi ketidaksesuaian antara unsur-unsur biaya dengan penghasilan karena perkembangan harga. Terlepas dari perannya sebagai suatu kewajiban, revaluasi aset tetap memberikan keuntungan-keuntungan bagi perusahaan. Apa saja keuntungan yang bisa didapat perusahaan dari revaluasi aset? Berikut ulasannya.

  1. Kewajiban Perpajakan Menjadi Lebih Ringan

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pajak dan Kementerian Keuangan, nilai aset perusahaan Anda kemungkinan besar pasti akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Ketika nilai aset bertambah, maka biaya penyusutan biasanya juga ikut bertambah. Meningkatnya biaya penyusutan setelah terjadinya revaluasi, akan membuat kewajiban pajak Anda menjadi lebih ringan untuk tahun-tahun berikutnya. Hal ini terjadi karena revaluasi tersebut telah dibebankan dalam laporan keuangan perusahaan.

  1. Memegang Kendali Permodalan

Keuntungan lain dari revaluasi aset juga untuk mengontrol permodalan perusahaan Anda. Sehingga rasio utang terhadap debt-to-equity atau ekuitas rasio akan turun. Dari pernyataan tersebut, perusahaan non-bank sebagai nasabah juga dapat meminjam dana dengan jumlah lebih banyak dari bank. Keuntungan tersebut sangat menarik, karena searah dengan tujuan bank tersebut. Jika modal kian meningkat, maka rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio turut meningkat. Kondisi ini berarti bank dapat memilki lebih banyak peluang atau kemampuan untuk memberikan dana kredit kepada perusahaan maupun nasabah yang lain.

  1. Nilai Perusaan Riil atau Kekayaan Wajar

Keuntungan atau tujuan dari revaluasi aset juga member nilai riil bagi aset perusahaan. Sehingga memungkinkan nilai aset tetap dalam laporan keuangan menunjukkan nilai yang wajar atau fair value. Bagi perusahaan yang telah atau menghendaki untuk go public, revaluasi aset akan sangat menguntungkan untuk mencatat nilai aset ke harga yang relatif lebih realistis.

  1. Peluang Mendapatkan Investor

Revaluasi aset bisa meningkatkan performa keuangan perusahaan Anda. Sehingga keuntungan tersebut memungkinkan menarik minat investor kepada perusahaan Anda. Perusahaan Anda dapat memperoleh dana dari penawaran saham atau penerbitan obligasi, dengan bekal modal yang kuat. Dampak baik beberapa rasio keuangan perusahaan, berdasarkan debt-to-assets ratio dan debt-to-equity ratio membuat kepercayaan kreditur meningkat.

  1. Memberikan Keuntungan Perusahaan yang Berencana Merger

Bagi perusahaan yang menghendaki untuk merger, revaluasi aset dapat membantu memudahkan Anda mewujudkan rencana merger tersebut. Karena, melalui penilaian kembali aset tetap pada tiap perusahaan yang akan melakukan merger, dapat mengetahui nilai aset yang sebenarnya atau nilai wajar bagi perusahaan bentukan baru setelah merger dijalankan.

Demikian keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan Anda melalui revaluasi aset tetap yang dilakukan.

 


PUBLISHED12 Oct 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: