Surat Keterangan Usaha (SKU), Bagaimana Cara Pendaftarannya?

Kalau Anda adalah seorang pengusaha atau berencana untuk membangun sebuah bisnis usaha, ada salah satu hal yang sangat penting untuk Anda miliki. Hal penting tersebut ialah sebuah Surat Keterangan Usaha. Mengapa Surat Keterangan Usaha ini sangat penting?

Hal ini dikarenakan Surat Keterangan Usaha biasanya dijadikan sebagai sebuah bukti legalnya suatu usaha yang sedang dikelola atau dijalankan oleh seseorang atau lembaga. Maka dari itu, kami menyarankan agar Anda mengetahui apa saja, sih, langkah-langkah atau proses pembuatan dari Surat Keterangan Usaha.

Seperti yang kita ketahui bahwa Surat Keterangan Usaha atau yang biasa disingkat SKU telah diatur dan dimasukkan ke dalam UU Nomor 3 Tahun 1982 yang membahas tentang Wajib Daftar Perusahaan. Masuknya Surat Keterangan Usaha dalam undang-undang membuktikan bahwa Surat Keterangan Usaha memiliki banyak manfaat bagi para pelaku usaha.

Namun sayangnya, tak banyak pengusaha-pengusaha baik pengusaha mikro maupun makro yang menyadari pentingnya Surat Keterangan Usaha dan malah bersikap tak acuh. Biasanya, Surat Keterangan Usaha akan dibuat oleh aparat yang berwenang, misalnya saja Kelurahan atau Kepala Desa.

Isi Surat Keterangan Usaha yang dibuat pun biasanya menyatakan bahwa benar seseorang yang namanya tertulis atau tertera di Surat Keterangan Usaha ialah penduduk di RT dan RW yang berada dalam lingkup Kelurahan/Desa tersebut dan juga benar bahwa seseorang tersebut tengah mengelola sebuah bisnis atau usaha sesuai yang disebutkan dalam Surat Keterangan Usaha.

Aplikasi e-Filing SPT dari Klikpajak untuk kemudahan pelaporan pajak penghasilan secara online. Terintegrasi dengan fitur perpajakan online lainnya.

Nah, berkaitan dengan sedikit pembahasan singkat mengenai Surat Keterangan Usaha, sekarang sudah jelas bukan bahwa Surat Keterangan Usaha itu bisa disebut sebagai ‘pelengkap bisnis’. Hal ini tidak luput dari kenyataan bahwa sebuah usaha yang baik adalah usaha yang memenuhi standar penunjang legalitas usaha. Dan salah satu penunjang legalitas usaha bisa didapatkan dari Surat Keterangan Usaha.

Pengertian Surat Keterangan Usaha (SKU)

Surat Keterangan Usaha merupakan bukti nyata legitimasi keberadaan suatu perusahaan. Dokumen ini akan membantu Anda mengajukan kredit bisnis dan mengubah tagihan listrik Anda. Tanpa Surat Keterangan Usaha, bisnis Anda akan sulit untuk dilanjutkan, terutama jika Anda baru memulai.

Bank biasanya ragu untuk menyetujui aplikasi kredit atau pinjaman non-surat Keterangan Usaha. Bahkan, perusahaan seringkali membutuhkan dana tambahan untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki Surat Keterangan Usaha bagi pelaku bisnis Anda.

Sertifikat perusahaan secara resmi dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan. Undang-undang tersebut menjelaskan tentang peraturan, kewajiban, fungsi, dan tata cara pendaftarannya.

Fungsi dari Surat Keterangan Usaha (SKU)

Banyak pengusaha yang baru memulai bisnis tidak terlalu memikirkan pentingnya Surat Keterangan Usaha. Memiliki Surat Keterangan Usaha sangat penting untuk menunjang kesejahteraan bisnis Anda. Fungsi Surat Keterangan Usaha adalah sebagai berikut: Mempromosikan penerapan modal dan kredit; Sebagai bukti legalitas usaha; Persyaratan pengajuan kredit dan pinjaman; Persyaratan pembuatan NPWP; Dokumen yang mengubah tagihan listrik rumah menjadi tagihan bisnis.

Pentingnya Memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU)

Ini karena sertifikat bisnis punya fungsi manajemen yang lebih penting. Surat Keterangan Usaha lebih berkualitas, berdaya saing, dan sangat membantu keberlangsungan dan perkembangan perusahaan yang diakui pemerintah. Sebagai pengusaha, bukti ini bisa Anda gunakan jika ingin ikut serta dalam program pengembangan usaha kecil (UMKM).

Dokumen Penting yang Diperlukan Untuk Membuat Surat Keterangan Usaha

Sebelum mengajukan Surat Keterangan Usaha dari pemerintah daerah Anda, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen pelengkap untuk memudahkan pengajuan Surat Keterangan Usaha Anda. Setelah persyaratan manajemen ini terpenuhi, pembuatan Surat Keterangan Usaha dapat segera diproses.

Dokumen yang diperlukan adalah sebagai berikut: Surat pengantar dari RT atau RW setempat, KTP asli dan yang fotokopi, kartu keluarga asli dan juga fotokopi, dan terakhir ialah surat pernyataan atau permintaan.

Pelaporan pajak online menjadi lebih mudah menggunakan aplikasi e-Filing dari Klikpajak. Terintegrasi dengan fitur perpajakan online lainnya.

Proses pembuatan Surat Keterangan Usaha relatif sederhana, namun beberapa daerah memiliki peraturan sendiri terkait pembuatan Surat Keterangan Usaha. Namun, secara umum, dokumen yang digunakan sebagai persyaratan tidak berbeda secara signifikan satu sama lain.

Urutan Langkah-Langkah Pengurusan Surat Keterangan Usaha

Sekarang setelah Anda memiliki dokumentasi yang Anda butuhkan, mari lihatlah tahap yang perlu Anda lakukan dalam pembuatan Surat Keterangan Usaha. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda kerjakan:

  • Siapkan Semua Dokumen Pribadi yang Dibutuhkan

Sebelum berangkat ke birokrasi, dokumen seperti KTP dan KK asli harus disiapkan dengan fotokopi dan surat permohonan, ya, sobat. Jangan sampai Anda lupa membawa berkas ini. Sebagai informasi, proses pembuatan Surat Keterangan Usaha itu gratis.

  • Minta Surat Pengantar dari RT atau RW Setempat

Langkah selanjutnya adalah meminta surat pengantar dari RT atau RW setempat. Ambil saja tanda terima dan berjalanlah puluhan atau ratusan langkah. Pengurus RT atau RW kemudian menyetujui surat tersebut atas permintaan. Setelah menandatangani surat lamaran, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yakni ke kantor Kelurahan.

  • Urus Permohonan Berkas ke Kantor Kelurahan

Harap beritahu staf desa tentang tujuan permohonan Anda. Petugas mengajukan permohonan Surat Keterangan Usaha. Informasi yang dicatat adalah catatan resmi negara dan Surat Keterangan Usaha, jadi harap isi formulir dengan benar. Setelah mengisi formulir, harap lampirkan dokumen yang Anda bawa dan berikan kepada petugas.

  • Segera Urus ke Kantor Kecamatan

Setelah berurusan dengan cara membuat Surat Keterangan Usaha di kantor Kelurahan, hal terakhir yang perlu dikhawatirkan adalah penyetujuan Surat Keterangan Usaha di kantor kecamatan. Konfirmasi Surat Keterangan Usaha dari kecamatan distempel. Apakah verifikasi membutuhkan waktu lama?

Sebaiknya tanyakan berapa lama Anda harus menunggu. Stempel kecamatan mengesahkan perusahaan dengan menambahkan nomor surat pada lembar Surat Keterangan Usaha. Izin usaha biasanya berlaku selama satu tahun sejak tanggal surat dikeluarkan.

Pengajuan izin usaha sebenarnya tidak sulit, namun terkadang prosesnya bisa memakan waktu yang sangat lama. Mengingat peran Surat Keterangan Usaha sebagai legitimasi bisnis, pedagang membutuhkan Surat Keterangan Usaha untuk memastikan legitimasi bisnis tetap terjaga.

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha Secara Online

Dengan perkembangan teknologi yang super cepat dan pesat, sekarang dimungkinkan untuk membuat sertifikat bisnis secara online. Pemerintah berencana melonggarkan aturan pengajuan surat ini untuk memudahkan pelaku usaha mendaftar. Nah, simaklah urutan tata cara untuk membuat Surat Keterangan Usaha online:

  • Pertama, bukalah alamat web https://oss.go.id/ kemudian selesaikan semua langkah pendaftaran untuk melakukan pendaftaran online. Nanti kolom hijau akan muncul di bagian atas web. Lalu klik saja opsi ‘Daftar’ atau ‘Masuk’ ya, sobat.
  • Jika Anda belum punya akun, silakan mendaftar terlebih dahulu. Isi kotak daftar dan masukkan semua informasi yang diminta atau dibutuhkan. Setelah Anda mengisi semua bidang, masukkan kode pengambilan yang diperlukan dan klik tombol di bawah.
  • Selanjutnya, tautan aktivasi biasanya dikirim melalui email yang terdaftar, sehingga Anda dapat memverifikasi akun email Anda untuk melihat apakah prosesnya sudah berhasil.
  • Sehabis aktivasi, Anda akan menerima nama pengguna dan kata sandi untuk mendaftarkan sertifikat perusahaan Anda
  • Setelah pendaftaran berhasil, masuk lagi ke akun pakai nama pengguna, kata sandi, dan kode tangkap yang ditentukan.
  • Setelah sukses masuk ke akun OSS Anda, pilihlah kualifikasi perdagangan di kolom Lisensi Perdagangan. Kemudian lanjutkan memasukkan data yang diminta dan tunggu halaman baru yang meminta Anda untuk memasukkan kembali data tersebut.
  • Pada langkah terakhir, Anda akan melihat iklan milik data pelamar, masukkan dengan benar, lalu klik opsi di bawah ini. Setelah itu, data hasil registrasi akhir ditampilkan dan dapat dicetak. Dengan demikian proses pendaftaran pun telah selesai. Data ini adalah sertifikat perusahaan atau dikenal dengan Surat Keterangan Usaha.

Manfaat yang Pelaku Bisnis Dapatkan Jika Punya Surat Keterangan Usaha

Inilah keuntungan bagi pengusaha yang punya Sertifikat Keterangan Usaha ini adalah:

  • Jadi Suatu Bukti yang Legal untuk Usaha yang Sedang Dikelola

Tentu ini sangat jelas bahwa Surat Keterangan Usaha begitu berguna dan dianggap sebagai dokumen asli untuk membuktikan bahwa bisnis yang Anda miliki dan operasikan saat ini adalah bisnis yang sah dari sudut pandang hukum.

  • Untuk Memenuhi Persyaratan Jika Ingin Mengajukan Pinjaman ke Bank

Seperti yang kita tahu bahwa modal sangat penting bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan sumber daya keuangan yang cukup, bukan tidak mungkin UKM tumbuh menjadi perusahaan yang sudah berdiri sendiri atau besar.

Banyak program pemerintah yang mendukung UKM membuka peluang pengembangan usaha. Sertifikat usaha seperti Surat Keterangan Usaha merupakan salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman kredit kepada bank.

  • Menjadi Suatu Syarat Wajib Ketika Ikuti Tender

Jika perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan ingin mengikuti tender atau lelang, selain untuk mengajukan kredit, Surat Keterangan Usaha juga menjadi syarat wajib. Surat Keterangan Usaha ini harus disertakan pada saat pendaftaran.

Fungsi lampiran surat tidak hanya untuk memastikan bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang sah, tetapi juga untuk memastikan bahwa program lelang atau penawaran yang Anda ikuti juga merupakan program yang sah.

  • Dijadikan Syarat Membuat Sebuah NPWP Pribadi Bagi Wirausahawan

Sebagai aturan umum, semua badan usaha seharusnya harus terdaftar sebagai Wajib Pajak (WP) jika perusahaan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Perusahaan maupun perorangan perlu mendaftar ke kantor pajak untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Salah satu syarat untuk membuat NPWP adalah melampirkan Surat Keterangan Usaha. Perlu diperhatikan juga, saat membuat NPWP perusahaan, Anda juga perlu menyiapkan beberapa persyaratan pendukung lainnya.

  • Melakukan Pengubahan Golongan Tarif Listrik yakni dari Rumahan Ke Tarif Bisnis

Terakhir, ada perbedaan antara harga listrik rumah tangga dan bisnis, dan fakta baiknya adalah harga listrik bisnis lebih murah. Biaya kelas daya khusus untuk usaha kecil dan menengah (UKM) juga dikenal sebagai biaya B1, dan biaya rumah tangga yang paling umum adalah biaya RI 1.

Syarat untuk Membuat Surat Keterangan Usaha

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan permohonan sertifikat bisnis atau Surat Keterangan Usaha. Ingatlah bahwa membuat Surat Keterangan Usaha memiliki persyaratan yang berbeda dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya. Biasanya persyaratan tersebut berupa dokumen administrasi yang harus diserahkan ke kelurahan untuk dapat memproses permohonan Surat Keterangan Usaha.

  • Syarat Umum untuk Buat Surat Keterangan Usaha

Beberapa dokumen harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum mengurus pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU) di Kantor Kelurahan dan Kecamatan, antara lain: Menunjukkan berkas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang asli dan fotokopinya, berkas Kartu Keluarga (KK) yang fotokopinya, berkas berupa surat pengantar RT dan RW, dan surat permohonan yang bermuatan materai Rp6.000.

Sekadar informasi, persyaratan pengelolaan ini dapat bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Beberapa pemerintah daerah perlu melampirkan akta RT/RW, sementara yang lain perlu melampirkan akta pendirian perusahaan yang diaktakan. Oleh karena itu, cari tahu dulu syarat apa yang harus dipenuhi dengan bertanya di desa atau kelurahan.

Pertanyaan-Pertanyaan yang Biasa Ditanyakan Terkait Surat Keterangan Usaha

Ada beberapa pertanyaan soal Surat Keterangan Usaha yang kerap kali masih menjadi pertanyaan bagi para pengusaha mikro maupun makro. Informasi berikut ini akan menjelaskan beberapa pertanyaan tersebut.

Di bawah ini merupakan beberapa pertanyaan seputar sertifikat usaha atau Surat Keterangan Usaha yang seringkali ditanyakan oleh pengusaha mikro ataupin makro. Berikut informasi yang menjelaskan jawaban dari beberapa pertanyaan tersebut:

Apakah Ada Pungutan Biaya yang Dikeluarkan untuk Membuat Surat Keterangan Usaha?

Sejatinya, pembuatan dan pengurusan Surat Keterangan Usaha dari RT/RW ke kelurahan tidak dipungut biaya apapun. Dan Surat Keterangan Usaha juga berlaku selama satu tahun sejak tanggal diterbitkan.

Di manakah Tempat untuk Mengurus Surat Keterangan Usaha?

Surat Keterangan Usaha diketahui merupakan surat penting yang dikeluarkan langsung oleh pihak yang berwenang di daerah tempat usaha tersebut berada. Pejabat yang berwenang yang bertanggung jawab untuk menerbitkan sertifikat usaha atau Surat Keterangan Usaha adalah Kepala Desa setempat seperti yang disinggung pada pembahasan sebelumnya. Oleh karena itu, Anda harus datang ke desa atau kuasi-distrik untuk mengajukan Sertifikat Keterangan Usaha.

Berapa Lamakah Pembuatan Suatu Surat Keterangan Usaha?

Proses pembuatan SKU menghabiskan waktu selama 10 – 30 menit, bahkan satu hari kerja. Semua tergantung pada kecepatan pelayanan yang diberikan pemerintah setempat. Setelah SKU dibuat, tinggal dibubuhkan tanda tangan lurah atau camat sebagai pihak yang berwenang serta pemberian cap atau stempel.

Proses dibuatnya Surat Keterangan Usaha dapat memakan waktu 10 hingga 30 menit, bahkan pada hari kerja. Itu semua tergantung pada kecepatan layanan yang diberikan oleh pemerintah setempat. Setelah Surat Keterangan Usaha dibuat, tinggal membubuhkan tanda tangan kuasi-kecamatan sebagai wakil resmi dan membubuhkan stempel.

Kategori : Tips Pajak

PUBLISHED28 May 2022
Pradana Vincentiar
Pradana Vincentiar

SHARE THIS ARTICLE: