Daftar Isi
5 min read

Mengenal Surat Keterangan Usaha (SKU)

Tayang 28 May 2022
surat keterangan usaha
Mengenal Surat Keterangan Usaha (SKU)

Kalau Anda adalah seorang pengusaha atau berencana untuk membangun sebuah bisnis usaha, ada salah satu hal yang sangat penting untuk Anda miliki. Hal penting tersebut ialah sebuah Surat Keterangan Usaha. Mengapa Surat Keterangan Usaha ini sangat penting?

Hal ini dikarenakan Surat Keterangan Usaha biasanya dijadikan sebagai sebuah bukti legalnya suatu usaha yang sedang dikelola atau dijalankan oleh seseorang atau lembaga. Maka dari itu, kami menyarankan agar Anda mengetahui apa saja, sih, langkah-langkah atau proses pembuatan dari Surat Keterangan Usaha.

Seperti yang kita ketahui bahwa Surat Keterangan Usaha atau yang biasa disingkat SKU telah diatur dan dimasukkan ke dalam UU Nomor 3 Tahun 1982 yang membahas tentang Wajib Daftar Perusahaan. Masuknya Surat Keterangan Usaha dalam undang-undang membuktikan bahwa Surat Keterangan Usaha memiliki banyak manfaat bagi para pelaku usaha.

Namun sayangnya, tak banyak pengusaha-pengusaha baik pengusaha mikro maupun makro yang menyadari pentingnya Surat Keterangan Usaha dan malah bersikap tak acuh. Biasanya, Surat Keterangan Usaha akan dibuat oleh aparat yang berwenang, misalnya saja Kelurahan atau Kepala Desa.

Isi Surat Keterangan Usaha yang dibuat pun biasanya menyatakan bahwa benar seseorang yang namanya tertulis atau tertera di Surat Keterangan Usaha ialah penduduk di RT dan RW yang berada dalam lingkup Kelurahan/Desa tersebut dan juga benar bahwa seseorang tersebut tengah mengelola sebuah bisnis atau usaha sesuai yang disebutkan dalam Surat Keterangan Usaha.

Nah, berkaitan dengan sedikit pembahasan singkat mengenai Surat Keterangan Usaha, sekarang sudah jelas bukan bahwa Surat Keterangan Usaha itu bisa disebut sebagai ‘pelengkap bisnis’. Hal ini tidak luput dari kenyataan bahwa sebuah usaha yang baik adalah usaha yang memenuhi standar penunjang legalitas usaha. Dan salah satu penunjang legalitas usaha bisa didapatkan dari Surat Keterangan Usaha.

Pengertian Surat Keterangan Usaha (SKU)

Surat Keterangan Usaha merupakan bukti nyata legitimasi keberadaan suatu perusahaan. Dokumen ini akan membantu Anda mengajukan kredit bisnis dan mengubah tagihan listrik Anda. Tanpa Surat Keterangan Usaha, bisnis Anda akan sulit untuk dilanjutkan, terutama jika Anda baru memulai.

Bank biasanya ragu untuk menyetujui aplikasi kredit atau pinjaman non-surat Keterangan Usaha. Bahkan, perusahaan seringkali membutuhkan dana tambahan untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki Surat Keterangan Usaha bagi pelaku bisnis Anda.

Sertifikat perusahaan secara resmi dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan. Undang-undang tersebut menjelaskan tentang peraturan, kewajiban, fungsi, dan tata cara pendaftarannya.

Fungsi dari Surat Keterangan Usaha (SKU)

Banyak pengusaha yang baru memulai bisnis tidak terlalu memikirkan pentingnya Surat Keterangan Usaha. Memiliki Surat Keterangan Usaha sangat penting untuk menunjang kesejahteraan bisnis Anda. Fungsi Surat Keterangan Usaha adalah sebagai berikut: Mempromosikan penerapan modal dan kredit; Sebagai bukti legalitas usaha; Persyaratan pengajuan kredit dan pinjaman; Persyaratan pembuatan NPWP; Dokumen yang mengubah tagihan listrik rumah menjadi tagihan bisnis.

Langkah-Langkah Pengurusan Surat Keterangan Usaha

Sekarang setelah Anda memiliki dokumentasi yang Anda butuhkan, mari lihatlah tahap yang perlu Anda lakukan dalam pembuatan Surat Keterangan Usaha. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda kerjakan:

  • Siapkan Semua Dokumen Pribadi yang Dibutuhkan

Sebelum berangkat ke birokrasi, dokumen seperti KTP dan KK asli harus disiapkan dengan fotokopi dan surat permohonan, ya, sobat. Jangan sampai Anda lupa membawa berkas ini. Sebagai informasi, proses pembuatan Surat Keterangan Usaha itu gratis.

  • Minta Surat Pengantar dari RT atau RW Setempat

Langkah selanjutnya adalah meminta surat pengantar dari RT atau RW setempat. Ambil saja tanda terima dan berjalanlah puluhan atau ratusan langkah. Pengurus RT atau RW kemudian menyetujui surat tersebut atas permintaan. Setelah menandatangani surat lamaran, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yakni ke kantor Kelurahan.

  • Urus Permohonan Berkas ke Kantor Kelurahan

Harap beritahu staf desa tentang tujuan permohonan Anda. Petugas mengajukan permohonan Surat Keterangan Usaha. Informasi yang dicatat adalah catatan resmi negara dan Surat Keterangan Usaha, jadi harap isi formulir dengan benar. Setelah mengisi formulir, harap lampirkan dokumen yang Anda bawa dan berikan kepada petugas.

  • Segera Urus ke Kantor Kecamatan

Setelah berurusan dengan cara membuat Surat Keterangan Usaha di kantor Kelurahan, hal terakhir yang perlu dikhawatirkan adalah penyetujuan Surat Keterangan Usaha di kantor kecamatan. Konfirmasi Surat Keterangan Usaha dari kecamatan distempel. Apakah verifikasi membutuhkan waktu lama?

Sebaiknya tanyakan berapa lama Anda harus menunggu. Stempel kecamatan mengesahkan perusahaan dengan menambahkan nomor surat pada lembar Surat Keterangan Usaha. Izin usaha biasanya berlaku selama satu tahun sejak tanggal surat dikeluarkan.

Pengajuan izin usaha sebenarnya tidak sulit, namun terkadang prosesnya bisa memakan waktu yang sangat lama. Mengingat peran Surat Keterangan Usaha sebagai legitimasi bisnis, pedagang membutuhkan Surat Keterangan Usaha untuk memastikan legitimasi bisnis tetap terjaga.

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha Secara Online

Dengan perkembangan teknologi yang super cepat dan pesat, sekarang dimungkinkan untuk membuat sertifikat bisnis secara online. Pemerintah berencana melonggarkan aturan pengajuan surat ini untuk memudahkan pelaku usaha mendaftar. Nah, simaklah urutan tata cara untuk membuat Surat Keterangan Usaha online:

  • Pertama, bukalah alamat web https://oss.go.id/ kemudian selesaikan semua langkah pendaftaran untuk melakukan pendaftaran online. Nanti kolom hijau akan muncul di bagian atas web. Lalu klik saja opsi ‘Daftar’ atau ‘Masuk’ ya, sobat.
  • Jika Anda belum punya akun, silakan mendaftar terlebih dahulu. Isi kotak daftar dan masukkan semua informasi yang diminta atau dibutuhkan. Setelah Anda mengisi semua bidang, masukkan kode pengambilan yang diperlukan dan klik tombol di bawah.
  • Selanjutnya, tautan aktivasi biasanya dikirim melalui email yang terdaftar, sehingga Anda dapat memverifikasi akun email Anda untuk melihat apakah prosesnya sudah berhasil.
  • Sehabis aktivasi, Anda akan menerima nama pengguna dan kata sandi untuk mendaftarkan sertifikat perusahaan Anda
  • Setelah pendaftaran berhasil, masuk lagi ke akun pakai nama pengguna, kata sandi, dan kode tangkap yang ditentukan.
  • Setelah sukses masuk ke akun OSS Anda, pilihlah kualifikasi perdagangan di kolom Lisensi Perdagangan. Kemudian lanjutkan memasukkan data yang diminta dan tunggu halaman baru yang meminta Anda untuk memasukkan kembali data tersebut.
  • Pada langkah terakhir, Anda akan melihat iklan milik data pelamar, masukkan dengan benar, lalu klik opsi di bawah ini. Setelah itu, data hasil registrasi akhir ditampilkan dan dapat dicetak. Dengan demikian proses pendaftaran pun telah selesai. Data ini adalah sertifikat perusahaan atau dikenal dengan Surat Keterangan Usaha.
Kategori : AdministrasiEdukasi

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak