Daftar Isi
4 min read

Sistem Administrasi Pajak Modern Dorong Penerimaan Pajak

Tayang 12 Mar 2019
Sistem Administrasi Pajak Modern Dorong Penerimaan Pajak
Sistem Administrasi Pajak Modern Dorong Penerimaan Pajak

Pajak merupakan pungutan wajib pemerintah kepada rakyat untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat umum. Menanggapi penerimaan pajak di Indonesia yang dinilai masih kurang optimal, maka salah satu upaya yang perlu ditingkatkan oleh pemerintah adalah pelayanan pajak melalui administrasi pajak (tax administration) terhadap masyarakat wajib pajak. Administrasi pajak modern dan terancang baik merupakan salah satu faktor berpengaruh dalam keberhasilan menigkatkan pelayanan di sektor pajak.

Maksimalkan Penerimaan Pajak melalui Administrasi Perpajakan

Administrasi adalah proses penyelenggaraan bersama atau proses kerjasama antara individu dalam kelompok untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Administrasi, suatu jenis manajemen tertentu yang sistematis meliput input, pengolahan dan menghasilkan output tertentu dengan memerlukan kemampuan dan keterampilan.

Administrasi Pajak (Tax Administration) adalah pengaturan yang meliputi pencatatan, penggolongan, dan penyimpanan serta layanan terhadap kewajiban dan hak wajib pajak yang dilakukan di kantor pajak maupun di kantor wajib pajak. Tax administration merupakan kepentingan baik negara sebagai pemungut pajak dan wajib pajak sebagai pelaksana hak dan kewajiban pajak.

Proses pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) secara benar dan lengkap sesuai ketentuan perpajakan, merupakan tahap penting dalam administrasi perpajakan. Sebab, berawal dari pengisian SPT yang tidak lengkap dan tidak benar akan menimbulkan sanksi fiskal baik bersifat administratif maupun pidana. Apabila wajib pajak telat atau bahkan tidak lapor SPT, akan diancam sanksi administrasi berupa denda. Jika wajib pajak menyampaikan SPT namun tidak lengkap, juga akan diancam dengan sanksi administrasi hingga sanksi pidana.

Kriteria Administrasi Pajak yang Baik

  1. Harus dapat menjaga dan mengamankan segala penerimaan negara terutama pajak.
  2. Dilaksanakan berdasarkan aturan undang-undang pajak yang berlaku dan sah.
  3. Mampu menyelenggarakan sistem perpajakan yang efektif dan efisien.
  4. Pelaksanaan pengadministrasian sesuai dengan peraturan (ruled-based) dan mengedepankan transparansi.
  5. Merealisasikan perpajakan yang sah dan adil.
  6. Meningkatkan angka kepatuhan pajak setiap wajib pajak.
  7. Mencegah segala tindak penyalahgunaan perpajakan dan memberikan sanksi dan hukuman yang seimbang dan adil.

Sistem Administrasi Perpajakan Modern

Sistem administrasi pajak berbasis teknologi informasi yang canggih akan memudahkan pelayanan dan pengawasan kepada wajib pajak serta menambah produktivitas kinerja petugas pajak. Sistem termutakhir ini akan memungkinkan setiap proses perpajakan menjadi lebih terukur dan terkontrol. Sistem administrasi pajak modern dengan didukung Sumber daya Manusia (SDM) profesional dan berkualitas akan menciptakan pelayanan perpajakan yang berlandaskan transparansi, akuntabel, independen, responsif, dan adil.

Karakteristik Sistem Administrasi Perpajakan Modern

  1. Administrasi perpajakan dilaksanakan melalui sistem administrasi berbasis teknologi informasi.
  2. Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan wajib membayar pajak secara online.
  3. Wajib pajak Orang Pribadi maupun Badan wajib menyampaikan SPT Tahunan Pajak secara elektronik (e-SPT).
  4. Pemantauan kepatuhan wajib pajak secara intensif.
  5. Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya hanya melayani administrasi wajib pajak tertentu, yaitu sekitar 500 Wajib Pajak.

Reformasi Sistem untuk Kesinambungan Pajak

Reformasi sistem administrasi perpajakan modern sangat diperlukan Direktorat Jenderal Pajak dalam rangka semakin meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak serta mengawasi pelaksanaan perpajakan yang berlaku sesuai dengan prinsip good governance. Di sisi lain, dengan reformasi administrasi perpajakan, Wajib Pajak diharapkan dapat memperoleh pelayanan pajak yang lebih baik sehingga permasalahan perpajakan akan dapat diselesaikan lebih cepat dengan kepastian hukum yang lebih terjamin. Hak dan kewajiban wajib pajak pun akan dilaksanakan dengan lancar sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku.

Penerimaan Pajak Optimal dengan Sistem Administrasi Pajak

Prospek jauh kedepan, implementasi dari sistem administrasi perpajakan modern yang optimal akan semakin meningkatkan kepuasan terhadap wajib pajak. Pelayanan perpajakan yang baik akan memudahkan wajib pajak melaksanakan kewajiban perpajakannya sehingga menambah potensi besar penerimaan pajak di Indonesia.

Setelah memahami optimalisasi administrasi perpajakan dalam Pembayaran dan Pelaporan Pajak secara online, segera persiapkan dan lengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan sekarang juga. Perbarui segala informasi perpajakan Anda. Jangan tunda waktu pelaporan Anda hingga mendekati batas waktu pelaporan SPT.

Apabila Anda belum kesulitan menggunakan DJP Online, solusi lapor SPT Tahunan Pribadi melalui eFiling Klikpajak sangat mudah dan gratis selamanya. e Filing Klikpajak merupakan aplikasi resmi dari Dirjen Pajak yang digunakan untuk eFiling pajak online untuk semua jenis SPT tahunan Pajak. Klikpajak mengeluarkan bukti resmi selayaknya Anda lapor melalui DJP Online. Dengan Klikpajak, urusan perpajakan Anda beres tanpa repot. Daftar sekarang di sini!

Kategori : Tax Tools

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak