Memahami Pengaruh Rasio Pajak untuk Kinerja Perusahaan -

Memahami Pengaruh Rasio Pajak untuk Kinerja Perusahaan

Rasio pajak selama ini hanya dipahami sebagai sesuatu yang berdampak pada negara namun sebenarnya Badan Usaha atau perusahaan juga dapat terkena dampak dan pengaruhnya. Meskipun satu perusahaan bisa diumpamakan sebagai bagian kecil dari suatu negara sementara Pemerintah adalah gambaran besar dari negara namun sebenarnya, rasio perpajakan dapat mempengaruhi kinerja dan aspek-aspek lain dari perusahaan. Begini penjelasan lengkapnya.

Pengaruh Rasio Pajak untuk Kinerja Perusahaan

1. Minim Kepedulian Pajak, Minim Kebijakan dan Tanggung Jawab

Rasio pajak yang rendah menjadi indikator kepatuhan pajak yang juga rendah. Dengan kata lain, masih sedikit Wajib Pajak baik Badan atau Orang Pribadi yang membayar pajak. Bila sedikit yang membayar pajak berarti edukasi pajak di masyarakat masih belum menyeluruh dan bahkan bisa menjadi indikator kepedulian terhadap pajak masih sangat minim. Untuk perusahaan yang tidak membayar pajak dapat dikatakan bahwa tidak ada aturan atau tanggung jawab untuk berkontribusi pada negara. Minim kebijakan dan tanggung jawab ini bisa berarti perusahaan tersebut memiliki cara pengelolaan bisnis yang buruk.

2. Pertimbangan Pihak Luar Mempengaruhi Perusahaan

Menurut IMF, rasio perpajakan di Indonesia masih rendah. Sementara banyak negara maju yang rasio perpajakannya jauh lebih meningkat. Untuk suatu perusahaan terutama yang mendeklarasikan sebagai perusahaan internasional, fakta tentang rasio yang rendah ini bisa saja menjadi pertimbangan pihak luar untuk menjadi partner atau berinvestasi.

3. Menghambat Potensi Pendapatan Perusahaan

Dan yang terakhir, rasio perpajakan yang terus menukik rendah bisa saja menjadi risiko untuk negara dan tentunya perusahaan. Penerimaan pajak yang kecil akan menghambat pertumbuhan ekonomi negara dan pada akhirnya, menghambat potensi pendapatan perusahaan itu sendiri. Sementara bagi kinerja perusahaan, stabilitas ekonomi dan pendapatan menjadi kunci yang paling penting.

Bisa disimpulkan bahwa rasio pajak memegang peranan penting tidak hanya untuk masyarakat dan negara namun untuk bagian di dalamnya yaitu perusahaan. Dukung tercapainya target rasio pajak di tahun ini dan tahun yang akan datang dengan terus taat membayar pajak. Bangga Bayar Pajak!


PUBLISHED20 Nov 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: