Daftar Isi
4 min read

Mengenal Laporan Keuangan Konsolidasi

Tayang 24 May 2022
laporan keuangan konsolidasi
Mengenal Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi merupakan salah satu jenis laporan keuangan. Laporan ini memberikan informasi kinerja keuangan dari suatu grup perusahaan. Laporan keuangan konsolidasi dibuat dengan mendata seluruh transaksi dari anak perusahaan dan induk perusahaan. Artikel ini akan membahas lengkap mengenai laporan keuangan konsolidasi.

Pengertian Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi adalah dokumen yang merinci aktivitas keuangan suatu bisnis dengan anak perusahaan atau perusahaan induk. Perusahaan induk adalah bisnis yang mengawasi kegiatan bisnis lain dan sering kali memiliki saham dalam kepemilikan bisnis itu.

Misalnya, beberapa merek makanan memiliki perusahaan yang berbeda dengan nama yang sama untuk membedakan produknya.

Sederhananya, akun dari perusahaan yang berbeda milik manajemen atau pemilik yang sama dikonsolidasikan untuk menyajikan posisi keuangan grup secara keseluruhan.

Laporan ini membutuhkan upaya yang cukup besar untuk membangun, karena laporan ini harus mengecualikan dampak dari setiap transaksi antara entitas yang dilaporkan.

Dengan demikian, jika terjadi penjualan barang antar anak perusahaan dengan induk perusahaan, maka penjualan antar perusahaan ini harus dieliminasi dari laporan keuangan konsolidasian.

Penghapusan antar perusahaan lain yang umum adalah ketika perusahaan induk membayar pendapatan bunga kepada anak perusahaan yang kasnya digunakan untuk melakukan investasi; pendapatan bunga ini harus dieliminasi dari laporan keuangan konsolidasian.

Fungsi Laporan Keuangan Konsolidasi

fungsi laporan konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi berfungsi untuk mengetahui sejumlah efek entitas dari anak perusahaan terhadap sejumlah perkembangan induk dari perusahaan dalam jangka panjang. Apalagi untuk laporan konsolidasi adalah akan lebih efisien untuk berbagai perusahaan yang sudah memiliki beberapa anak perusahaan. Karena dari hasil laporan keuangan pada jenis ini, akan cenderung lebih memudahkan perusahaan di dalam membaca serta meninjau kinerja bisnis secara keseluruhan.

Manfaat Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi diperlukan bagi perusahaan yang memiliki anak usaha. Berikut manfaat dibuatnya laporan keuangan konsolidasi:

1. Memberikan Gambaran Umum

Laporan konsolidasi adalah laporan yang akan memungkinkan sejumlah investor, analis keuangan, pemilik bisnis serta beberapa pihak lain yang berkepentingan untuk mendapatkan berbagai gambaran lengkap terkait perusahaan induk. Sekilas, beberapa perusahaan sendiri bisa melihat terkait Kesehatan dan keseluruhan bisnis. Bahkan dapat melihat terkait beberapa anak perusahaan yang akan saling berdampak pada perusahaan induknya.

2. Membantu dalam Mengurangi Dokumen

Membuat laporan konsolidasi juga akan membantu dalam pembuatan laporan keuangan yang ada di dalam sebuah perusahaan sendiri. Jika nantinya perusahaan induk memiliki kurang lebih 9 anak perusahaan, maka ada 40 laporan keuangan mandiri secara terpisah yang harus dibuat. 4 laporan keuangan dasar untuk setiap anak perusahaan nantinya harus ditambahkan dengan perusahaan induknya. Hanya dengan menggunakan laporan keuangan saja, maka akan terasa sulit untuk melacak berbagai pencatatan dan mengecek beberapa catatan keuangan perusahaan.

Bahkan menentukan aktivitas dalam jangka panjang sendiri bagaimana kinerja perusahaan di dalam periode tertentu. Laporan konsolidasi adalah laporan yang nantinya akan membantu untuk memangkas sejumlah tumpukan atas laporan hanya menjadi 4 laporan saja. Tentunya hal ini akan menghasilkan lebih sedikit dokumen bahkan lebih sedikit usaha yang akan dikeluarkan untuk menilai kesehatan dalam keuangan perusahaan induk.

3. Membantu dalam Proses Penyederhanaan

Pembuatan akun laporan konsolidasi ini juga akan membantu dalam mempersingkat proses transaksi yang akan terjadi baik pada perusahaan utama atau perusahaan induk dengan anak-anak perusahaannya. Beberapa transaksi ini tidak dihilangkan hanya saja diproses dengan sedemikian rupa dan prosesnya disederhanakan agar nantinya bisa dibaca dengan mudah.

Langkah-Langkah Menyusun Laporan Konsolidasi

Nantinya Anda bisa Menyusun sejumlah laporan konsolidasi adalah dengan memanfaatkan berbagai software Microsoft Excel atau beberapa aplikasi akuntansi yang lainnya. Untuk beberapa cara atau Langkah-langkah yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut ini:

  • Periksa laporan keuangan milik entitas induk atau melalui entitas dari anak perusahaan itu sendiri secara menyeluruh. Pada tahapan ini, para pembuat laporan konsolidasi wajib untuk teliti agar bisa membantu dalam proses identifikasi kesalahan maupun kelalaian di dalam proses pencatatan. Identifikasi ini akan berguna untuk mengoreksi penyesuaian.
  • Anda juga harus berhasil dalam menyesuaikan sejumlah laporan untuk mengeliminasi beberapa laporan laba rugi dari sejumlah perusahaan.
  • Anda bisa melakukan eliminasi penghasilan serta dividen dari anak perusahaan serta mengembalikan saldo akun investasi anak perusahaan ke saldo pada saat awal-awal periode.
  • Anda harus melakukan penyesuaian untuk membuat catatan dari bagian kepentingan non pengendali atas laba serta dividen dari anak perusahaan.
  • Di dalam laporan entitas untuk anak perusahaan, proses eliminasi saldo resiprokal investment yang awalnya dilaporkan pada laporan keuangan entitas induk. Sedangkan Anda juga harus melakukan eliminasi pada ekuitas yang sebelumnya dilaporkan pada keuangan entitas anak perusahaan.
  • Apabila nantinya dalam pembuatan laporan konsolidasi adalah terdapat nilai selisih wajar, maka disarankan untuk melakukan alokasi dan juga amortisasi.
  • Jangan lupa juga untuk melakukan eliminasi pada beberapa saldo resiprokal yang lainnya baik itu hutang piutang, pendapatan, beban dan lainnya.
Kategori : Edukasi

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak