Tips Mempersiapkan Perencanaan Pajak untuk Perusahaan Anda

Tips Mempersiapkan Perencanaan Pajak untuk Perusahaan Anda

Persiapkan mulai sekarang perencanaan pajak perusahaan Anda mulai sekarang untuk menghadapi musim pajak tahun depan. Seringkali perusahaan kewalahan menghadapi musim pajak karena masalah pencatatan keuangan yang tidak rapi. Rencanakan dan cicil persiapan dari sekarang untuk menghadapi musim pajak yang sedikit menguras tenaga dan pikiran.

Pengertian Perencanaan Pajak (Tax Planning)

Tax planning adalah meminimalisasi beban pajak dengan tidak melanggar undang-undang perpajakan yang berlaku. Pada umumnya, perencanaan pajak merujuk kepada proses pekerjaan usaha dan transaksi wajib pajak supaya hutang pajak yang ditanggung berada dalam jumlah minimal dan tidak melanggar peraturan perpajakan.

Sebenarnya dalam perencanaan pajak ini terdapat perbedaan kepentingan antara wajib pajak dan pemerintah. Wajib pajak berusaha untuk membayar pajak seminar mungkin. Membayar pajak berarti mengurangi kemampuan ekonomi wajib pajak. Di sisi lain, pemerintah membutuhkan pajak sebagai dana membiayai pengeluaran dalam rangka pembangunan. Oleh karena itu, wajib pajak diharapkan untuk mengurangi beban pajaknya secara legal.

Tujuan Perencanaan Pajak

Tax planning merupakan langkah awal dalam sebuah manajemen pajak. Pada tahap ini, diawali dengan peninjauan terhadap peraturan perpajakan untuk mengambil langkah tindakan penghematan pajak yang akan dilakukan. Lalu, apa tujuan diselenggarakan tax planning?

Tujuan utamanya adalah merekayasa beban pajak (tax burden) serendah mungkin dengan tetap merujuk pada undang-undang namun berbeda. Secara ekonomis berusaha untuk memaksimalkan penghasilan setelah pajak (after tax return). Pajak merupakan unsur pengurang laba yang tersedia dan dibagikan kepada pemegang saham maupun untuk diinvestasikan kembali.

Tips Mempersiapkan Tax Planning

Siapkan diri dengan baik rencana untuk menghadapi musim pajak tahun depan. Berikut tipsnya:

  1. Memisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Dalam perencanaan pajak secara profesional, pisahkan antara keuangan bisnis dan pribadi. Akun bisnis dan pribadi yang terpisah otomatis juga memisahkan aliran kas, sehingga pencatatan akan mudah dan perhitungan pajak menjadi jelas.

Apabila memiliki akun bersama bisnis dan pribadi akan mempersulit Anda saat membuat laporan keuangan dan akan mempengaruhi hasil akhir pajak yang harus Anda bayarkan secara tidak langsung.

  1. Belajar dari Pengalaman Pajak Sebelumnya

Belajar dari pengalaman pembayaran pajak tahun lalu membantu Anda mengoptimalkan pendekatan terhadap musim pajak tahun-tahun selanjutnya. Kumpulkan dan evaluasi setiap pemasukan dan pengeluaran Anda selama 6 bulan terakhir. Kemudian bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Antisipasi segala kendala yang pernah Anda hadapi pada pembayaran pajak tahun lalu.

      3.  Update Pembukuan Anda

 

Apabila Anda menghendaki perencanaan pajak sempurna tahun depan, mulailah menilai arus kas dan kelola pembukuan secara teratur. Kerjakan pembukuan sesegera mungkin. Jangan menunda, karena hal ini mungkin akan melewatkan banyak detil yang seharusnya terlibat.

Lakukan pembukuan secara berkala, baik itu secara mingguan maupun bulanan. Hal ini akan membantu meringankan Anda daripada mengerjakan mendekati waktu pembayaran. Tetap jaga keakuratan dan kevalidan pembukuan Anda.

  1. Tidak Melewatkan Potongan Pajak

Potongan pajak sangat berarti untuk mengurangi beban pajak yang harus ditanggung oleh perusahaan. Cara untuk mendapatkan pemotongan pajak adalah kumpulkan dan catat seluruh pengeluaran Anda selama 16 bulan terakhir hingga waktu pembayaran berikutnya. Simpan segala bukti transaksi terutama pembelian yang dikenakan pajak.

  1. Mencicil Pembukuan Mulai Sekarang

Arsip seluruh riwayat pendapatan dan pengeluaran Anda ke dalam jurnal secara teratur. Pengarsipan yang rapi akan membantu Anda menyusun laporan dengan baik dan tertata. Hal ini akan menghindari Anda dari audit atas pengajuan perencanaan pajak perusahaan.

Ikutilah beberapa tips di atas untuk perusahaan Anda dalam menghadapi musim pajak tahun depan. Catatan penting yang perlu Anda ingat untuk perencanaan pajak Anda: tidak melanggar ketentuan perpajakan, masuk akal secara bisnis, dan bukti pendukung memadai. Dengan perencanaan pajak, bisnis Anda akan semakin tertata dan semakin sukses.


PUBLISHED04 Dec 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: