Beranda › Blog › Kemudahan Membuat e-Faktur Keluaran di Mekari Klikpajak
5 min read

Kemudahan Membuat e-Faktur Keluaran di Mekari Klikpajak

Tayang
Ditulis oleh: Mekari Jurnal Fitriya
Kemudahan Membuat Faktur Pajak Keluaran di e-Faktur Mekari Klikpajak
Kemudahan Membuat e-Faktur Keluaran di Mekari Klikpajak

Bagi Anda yang sehari-hari mengurus administrasi pajak, pasti tahu bahwa mengelola pajak sekaligus keuangan perusahaan bukanlah hal yang mudah jika dilakukan dengan aplikasi yang terpisah. Melalui aplikasi pajak online Mekari Klikpajak yang terintegrasi dengan software akuntansi Mekari Jurnal ERP, membuat faktur pajak lebih mudah karena secara otomatisasi.


Aplikasi Pajak Online untuk Perusahaan

Pentingnya Kelola e-Faktur secara Otomatis

Mengelola e-Faktur, seperti mengirim Faktur Keluaran ke mitra bisnis dengan cepat dan tepat waktu sangat penting untuk menjaga kelangsungan kerja sama.

Bayangkan jika Anda terlambat mengirim Faktur Keluaran karena kewalahan membuatnya satu per satu mengambil data transaksi dari akuntansi perusahaan. Mitra bisnis bisa saja beralih ke perusahaan lain untuk bertransaksi barang/jasa kena pajak. Akibatnya, transaksi Anda bisa menurun dan berdampak pada kinerja bisnis secara kesuluruhan.

Oleh karena itu, proses pembuatan Faktur Pajak Keluaran yang mudah dan cepat sangat dibutuhkan agar Anda dapat menerbitkan faktur ke lawan transaksi tepat waktu. Semua ini bisa dilakukan dengan e-Faktur Coretax Mekari Klikpajak yang sudah terintegrasi dengan software akuntansi Mekari Jurnal ERP.

Sebelum membahas apa saja kemudahan mengelola dan membuat faktur pajak keluaran di Mekari Klikpajak, mari kita ingat kembali pentingnya pengelolaan pajak dan keuangan bisnis yang efisien.

Tantangan mengelola Faktur Pajak elektronik (e-Faktur):

  • Pertukaran Faktur secara Manual: Pembeli harus meminta faktur pajak yang telah diterbitkan dari penjual secara manual, sehingga menyebabkan keterlambatan.
  • Kurangnya Integrasi: Faktur keluaran yang diterbitkan tidak otomatis tercatat sebagai faktur masukan, sehingga perli di-input secara manual.
  • Proses Retur yang Tidak Efisien: Faktur retur (retur keluaran dan retus masukan) harus diproses terpisah dari faktur keluaran dan faktur masukan, yang sering menimbulkan ketidaksesuaian dan kesalahan.
  • Ketidakkonsistenan Data: Sistem yang tidak terhubung meningkatkan risiko perbedaan data antara faktur keluaran dan faktur masukan.
  • Rekonsiliasi yang Rumit: Perusahaan harus mencocokkan faktur secara manual, yang menambah beban administrasi dan meningkatkan risiko kesalahan.

Baca Juga: Fitur Lengkap Aplikasi Pajak Online untuk Urus Pajak Perusahaan

Keuntungan Kelola Faktur Pajak di Mekari Klikpajak

  • Otomatisasi e-Faktur secara Menyeluruh: Meastikan integrasi berjalan lancar antar faktur keluaran, faktur masukan, retur masukan, dan retur keluaran.
  • Meningkatkan Kepatuhan dan Transparansi: Semua faktur dipastikan tercatat dan terlacak secara sistematis.
  • Mengurangi Beban Administratif: Permudah proses pelaporan dan pelunasan pajak bagi bisnis.
  • Menghilangkan Rekonsiliasi Manual: Otomatisasi proses pencocokan faktur dan pembaruan statusnya.

Serahkan urusan pajak, keuangan, manajemen SDM ke sistem pajak terintegrasi, seperti Mekari Klikpajak, agar kinerja dan perkembangan bisnis berjalan optimal. Sebab selain terintegrasi dengan software akuntansi Mekari Jurnal, juga telah terintegrasi sistem payroll yakni software HCM Cloud Mekari Talenta, sehingga pembuatan bukti potong PPh 21/26 karyawan bisa dilakukan secara otomatis.

Fitur e-Faktur Mekari Klikpajak yang Permudah Kelola & Pembuatan Faktur Pajak

Aplikasi e-Faktur Coretax Mekari Klikpajak dilengkapi dengan fitur lengkap yang sudah terintegrasi dengan sistem keuangan online Mekari Jurnal ERP, sehingga pengelolaan faktur pajak elektronik jadi lebih praktis, efisien, dan hemat waktu. Berikut berbagai kemudahan yang bisa Anda manfaatkan:

1. Simpan & Upload Faktur Keluaran dengan Mudah

e-Faktur Coretax Mekari Klikpajak memudahkan Anda untuk menyimpan dan menunggah Faktur Keluaran tanpa ribet.

Biasanya, proses ini cukup rumit karena melibatkan banyak detail, mulai dari data lawan transaksi, item barang/jasa, hingga kode transaksi.

Dengan fitur dalam e-Faktur Coretax Mekari Klikpajak, semua bisa dilakukan dengan cepat dan praktis, tanpa takut salah input, karena data transaksi dalam laporan keuangan online dapat langsung otomatis dibuatkan faktur pajaknya.

2. Kirim Faktur Keluaran Otomatis ke Mitra Bisnis

Mengirim faktur keluaran secara tepat waktu sangat penting agar mitra bisnis bisa segera melaporkannya ke DJP sebagai bukti pemotongan PPN.

Dengan fitur kirim otomatis Faktur Keluaran, Anda tidak perlu mengirim satu per satu faktur pajaknya. e-Faktur Coretax Mekari Klikpajak akan mengirimkannya langsung ke lawan transaksi secara otomatis.

3. Duplikasi Faktur Keluaran dalam Sekejap

Jika Anda sering membuat faktur pajak dengan detail transaksi yang sama, gunakan fitur duplikat faktur keluaran. Fitur ini memungkinkan Anda menyalin format faktur sebelumnya sehingga tidak perlu membuat dari awal lagi, sehingga bisa menghemat waktu.

4. Unduh Ribuan Faktur Sekaligus (Bulk Download)

Selain menyimpan, mengunggah, dan mengirim otomatis, Anda juga bisa mengunduh banyak faktur keluaran sekaligus dengan fitur bulk download. Hanya dalam sekali klik, Anda bisa mengunduh ratusan hingga ribuat faktur pajak dalam waktu bersamaan.

Baca Juga: Cara Membuat Faktur Pajak Keluaran Melalui e-Faktur

Kesimpulan

Mengelola pajak dan keuangan perusahaan memang tidak mudah, terutama jika harus membuat dan mengirim Faktur Pajak keluaran secara rutin dari tingginya transaksi barang/jasa kena pajak. Namun, dengan e-Faktur Mekari Klikpajak, semua proses tersebut bisa dilakukan dengan lebih cepat, akurat, dan efisien berkat fitur otomatisasi yang sudah terintegrasi dengan sistem keuangan online Mekari Jurnal ERP.

Mulai dari penyimpanan, mengunggah, menduplikasi, hingga mengirim dan mengunduh Faktur Keluaran dalam jumlah besar, semuanya dapat dilakukan hanya dalam satu platform. Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga meminimalkan risiko kesalahan dalam administrasi perpajakan.

Dengan sistem yang terintegrasi, e-Faktur Coretax Mekari Klikpajak membantu Anda menjalankan kewajiban perpajakan dengan lebih mudah. Hasilnya, pebisnis bisa tetap fokus mengembangkan bisnis tanpa terganggu urusan administrasi pajak yang rumit.

Referensi

Mekari Klikpajak.id. “Integrasi Jurnal
Mekari Klikpajak.id. “Panduan Penggunaan Mekari Klikpajak

Kategori : e-Faktur

Aplikasi Pajak Online Mekari Klikpajak

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Aplikasi Pajak Online Mekari Klikpajak

WhatsApp Hubungi Kami