Lapor Pajak

Lapor SPT Pajak Online Dengan Mudah Melalui Klikpajak

Lapor Pajak Tahunan atau Masa Lebih Cepat dan Mudah Pakai eFiling Klikpajak

SPT Tahunan Badan

Lapor SPT tahunan badan bisa melalui eFiling Klikpajak. Upload CSV formulir SPT 1771 dan PDF yang dibutuhkan untuk pelaporan pajak online melalui eFiling Klikpajak.

SPT Masa (Bulanan)

Lapor SPT Masa Anda setiap bulannya untuk seluruh jenis pajak yang dapat dilaporkan dengan menggunakan eFiling, Anda hanya perlu melampirkan CSV dan PDF dari perusahaan Anda.

SPT Tahunan Pribadi

Bagi WP Pribadi, lapor pajak tahunan dan SPT Pribadi Anda untuk formulir 1770 dan 1770S melalui Klikpajak. Simpan riwayat pelaporan Anda setiap tahunnya dengan aman di Klikpajak.


aplikasi lapor pajak tahunan

Aplikasi Lapor Pajak Online Gratis Selamanya

Kemudahan pelaporan pajak melalui eFiling Klikpajak, mitra resmi Ditjen Pajak Indonesia. Lakukan pembetulan jika dibutuhkan dan simpan seluruh arsip pelaporan pajak Anda di Arsip Klikpajak.


Pelaporan Pajak Online

Lapor Pajak Secara Online dan Tepat Waktu

Aplikasi eFiling Klikpajak dapat digunakan untuk melaporkan semua jenis SPT, mulai dari SPT Masa/Tahunan Pribadi maupun SPT Masa/Tahunan Badan.

Lapor pajak online di Klikpajak dapat mencegah Anda terkena denda saksi terlambat bayar atau terlambat lapor. Anda tidak perlu pindah platform untuk melakukan pembayaran dan pelaporan pajak sehingga prosesnya lebih mudah dan cepat.


spt pajak online

Posting SPT Pajak Online Dengan Mudah

Membuat SPT Pajak di Klikpajak by Mekari lebih mudah dengan langkah-langkah yang sistematis, mulai dari pengisian Laporan Keuangan, membuat dokumen Lampiran SPT hingga menambahkan Surat Setoran Pajak (SSP). Lapor SPT Tahunan Badan jadi lebih cepat dan aman secara online.


bukti lapor spt

Download Bukti Lapor SPT Tahunan

Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) yang diterbitkan Klikpajak merupakan bukti lapor resmi dari Ditjen Pajak Indonesia. Anda bisa men-download BPE kapan pun. Riwayat pajak serta BPE juga bisa diakses dengan mudah melalui smartphone.

Apa itu lapor pajak online?

Lapor pajak online adalah cara penyampaian SPT Masa atau SPT Tahunan yang dilakukan secara online dan realtime melalui website e-Filing. Wajib pajak dapat menggunakan layanan e-Filing dari DJP Online atau Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP).

Klikpajak sebagai mitra resmi DJP menyediakan berbagai layanan aplikasi pajak online. Anda dapat melakukan pembayaran dan pelaporan pajak hanya di aplikasi Klikpajak saja.

  • Cepat dan Mudah
    Dengan melakukan pelaporan pajak secara online, wajib pajak dapat menghemat waktu dalam melakukan pelaporan SPT Masa atau SPT Tahunan. Selain itu, layanan pelaporan pajak online dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Hal ini memudahkan wajib pajak dalam melakukan aktivitas perpajakan secara online.
  • Akurat dan Aman
    Pelaporan pajak secara online dapat meningkatkan akurasi pelaporan pajak. Hal ini dikarenakan adanya validasi data yang dilakukan oleh sistem. Sehingga, wajib pajak tidak perlu khawatir jika ada keliru dalam pengisian pajak. Selain itu, data pajak disampaikan langsung tanpa perantara. Hal tersebut dapat menjamin kerahasiaan data.
  • Murah dan Ramah Lingkungan
    Wajib pajak tidak perlu datang ke kantor pajak untuk melakukan pelaporan pajak. Anda hanya perlu mengakses layanan perpajakan secara online. Selain itu, menggunakan layanan online dapat meminimalisir penggunaan kertas. Sehingga, secara tidak langsung anda mendukung gerakan go green dengan meminimalisir penggunaan kertas.

Pelaporan pajak secara online dapat dilakukan melalui layanan e-Filing. Untuk menggunakan layanan tersebut, wajib pajak memerlukan EFIN, NPWP valid, dokumen yang sesuai dengan formulir SPT yang akan dilaporkan.

Jika persyaratan tersebut telah terpenuhi, maka anda bisa melakukan pelaporan pajak secara online. Berikut langkah-langkah nya :

  • Login di website e-Filing
  • Setelah itu, pilih menu “Buat SPT”
  • Anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa pertanyaan agar sistem dapat menentukan jenis formulir SPT yang sesuai
  • Isi formulir yang telah disediakan
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui e-mail
  • Klik tombol “Kirim SPT”, maka proses pelaporan pajak pribadi telah selesai

 

Pelaporan pajak secara online pun dapat dilakukan melalui layanan e-Filing dari Klikpajak. Anda bisa melihat tutorial nya melalui video kami disini.

Batas waktu pelaporan SPT pajak untuk orang pribadi yaitu 3 bulan setelah berakhirnya tahun pajak, pada 31 Maret. Sedangkan, batas waktu pelaporan SPT pajak untuk badan yaitu 4 bulan setelah berakhirnya tahun pajak, pada 30 April.

Pelaporan SPT tahunan untuk orang pribadi terbagi menjadi dua formulir SPT. Pertama formulir SPT 1770 SS, jika wajib pajak pribadi memiliki penghasilan bruto tidak lebih dari 60 juta per tahun. Kedua, formulir SPT 1770 S untuk wajib pajak pribadi dengan penghasilan diatas 60 juta per tahun.

Secara umum yang membedakan formulir SPT tersebut yaitu kolom data yang harus diisi. Cara untuk pelaporan SPT Tahunan via e-Filing, relatif sama. Berikut langkah-langkahnya :

  • Login di website e-Filing
  • Setelah itu, pilih menu “Buat SPT”
  • Anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa pertanyaan agar sistem dapat menentukan jenis formulir SPT yang sesuai
  • Isi formulir yang telah disediakan
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui e-mail
  • Klik tombol “Kirim SPT”, maka proses pelaporan pajak pribadi telah selesai

 

Pelaporan pajak pribadi pun dapat dilakukan melalui layanan e-Filing dari Klikpajak. Anda bisa melihat tutorialnya, melalui video kami disini.

Untuk melakukan pelaporan SPT badan secara online, wajib pajak harus memiliki EFIN terlebih dahulu. Selain itu, anda harus menyiapkan dokumen untuk pengisian formulir SPT 1771.

Apabila semua dokumen telah siap, maka pelaporan pajak badan dapat dilakukan. Berikut cara pelaporan pajak badan melalui e-Filing :

  • Login di website e-Filing
  • Setelah itu, pilih menu “Buat SPT”
  • Anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa pertanyaan agar sistem dapat menentukan jenis formulir SPT yang sesuai
  • Lengkapi formulir yang telah disediakan
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan melalui e-mail
  • Klik tombol “Kirim SPT”, maka proses pelaporan pajak badan telah selesai

 

Pelaporan SPT Tahunan badan pun dapat dilakukan melalui Klikpajak. Anda dapat melihat informasi lengkapnya disini.

Pelaporan SPT Tahunan dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut penjelasannya :

  • Secara Langsung
    Wajib pajak dapat melakukan pelaporan SPT Tahunan secara langsung di Kantor Pelayanan Pajak (KPP), pojok pajak, atau tempat khusus penerimaan SPT Tahunan.
  • Layanan Daring
    Pelaporan SPT Tahunan dapat dilakukan secara daring (online) melalui layanan elektronik DJP, berupa e-Filing, e-Form, atau pun e-SPT.
  • Aplikasi Perpajakan (PJAP)
    Pelaporan SPT Tahunan pun dapat dilakukan melalui Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan yang telah ditunjuk oleh DJP. Klikpajak sebagai mitra resmi DJP, menyediakan aplikasi untuk berbagai aktivitas perpajakan termasuk pembayaran dan pelaporan pajak secara online.

 

Informasi lengkap mengenai pelaporan spt tahunan melalui Klikpajak, dapat anda lihat pada halaman ini.

Bagi wajib pajak yang belum melaporkan SPT Tahunan hingga batas waktu yang telah ditetapkan, maka akan menerima surat pemberitahuan. Surat pemberitahuan ini berisi teguran dan kewajiban untuk mengurus pajak, termasuk ketentuan denda yang dikenakan.

Ketentuan mengenai sanksi keterlambatan lapor SPT Tahunan diatur dalam Pasal 7 ayat 1 UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Bagi wajib pajak pribadi yang tidak melaporkan SPT Tahunan, maka akan dikenakan denda sebesar Rp 100.000. Sedangkan wajib pajak badan, dikenakan denda sebesar Rp 1.000.000.

Bergabunglah dengan puluhan ribu pengguna Klikpajak

Klikpajak menghadirkan solusi terbaik untuk menjadikan urusan perpajakan Anda lebih mudah, aman dan terintegrasi.

“Terima kasih Klikpajak sudah memermudah pelaporan SPT pajak baik masa dan tahunan. Klikpajak sangat membantu sekali untuk WP dalam melaporkan pajaknya. Dan yang paling asyik lagi semua Team Klikpajak sangat suport dan cepat respon apabila ada kendala. Kami dari RS Pertamina Jaya - PT. Pertamina Bina Medika IHC sangat terbantu.
 
“Dengan Klikpajak saya jadi lebih mudah untuk melakukan pelaporan pajak tanpa menghabiskan waktu banyak untuk lapor manual ke KPP sehingga mempermudah perkerjaan menjadi lebih singkat”
“Pelaporan pajak jadi lebih praktis dengan penggunaan yang mudah, terlebih lagi sudah terintegrasi dengan DJP, sangat membantu urusan perpajakan bisnis kami.”
“Saya terbantu dengan adanya e-filling melalui klikpajak karena sudah terintegrasi dengan DJP sehingga bukti lapor resmi dan riwayat lapor juga terekam, bisa menghemat waktu pekerjaan perpajakan saya.”