Strategi Perusahaan Menghemat Pajak Penghasilan Akhir Tahun

Strategi Perusahaan Menghemat Pajak Penghasilan Akhir Tahun

Melakukan persiapan pajak jelang akhir tahun adalah hal yang wajib dilakukan perusahaan untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan seperti kelalaian menyusun laporan keuangan, sibuk menjelang batas waktu sehingga membuat pegawai menjadi lembur sampai berhari-hari. Padahal dengan melakukan persiapan lebih dini tidak hanya menguntungkan untuk efisiensi perusahaan tapi juga membuat penyusunan laporan keuangan menjadi lebih rapi. Salah satu hal lain terkait persiapan pajak akhir tahun adalah strategi-strategi tambahan untuk menghemat Pajak Penghasilan suatu perusahaan. Ada baiknya Anda melakukan kiat-kiat di bawah ini agar urusan perpajakan dan bisnis menjadi lebih mudah dari biasanya.

Strategi Perusahaan Menghemat Pajak Akhir Tahun 

1. Melakukan Penundaan Pengakuan Penghasilan

Melakukan penundaan pengakuan penghasilan ke tahun berikutnya dapat menjadi salah satu strategi perusahaan demi menghemat PPh Badan. Tidak hanya melakukan penundaan terkait penghasilan, Anda bisa juga melakukan penundaan pada aspek-aspek lain di usaha seperti penerimaan piutang dan atau pelunasan utang dalam valuta asing yang menghasilkan laba selisih kurs, penjualan aktiva tetap yang menghasilkan laba dan pengakuan sales.

2. Mempercepat Pengakuan Biaya 

Meningkatkan pengakuan biaya seperti misalnya biaya iklan dan promosi pada akhir tahun, menjual aktiva tetap dengan nilai jauh di atas harga pasar dalam tahun berjalan atau mempercepat rencana pembelian aktiva tetap baru dapat Anda terapkan. Tidak hanya itu, pengakuan biaya dari segi operasional dan employee experience juga bisa Anda lakukan seperti membuat program training untuk karyawan atau meningkatkan biaya riset dan pengembangan terkait perusahaan.

3. Menghindari Pajak Lebih Bayar Dan Rugi Fiskal

Hindari pajak lebih bayar dan kerugian fiskal sebagai kiat tepat menghemat Pajak Penghasilan bagi Perusahaan. Pajak lebih bayar memang merepotkan karena menghambat likuiditas finansial dan efisiensi Anda mengelola usaha. Selain itu, pengembalian kelebihan bayarnya pun harus melalui proses verifikasi atau pemeriksaan sehingga cukup menahan waktu Anda fokus berbisnis.

Demikian kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengurus pajak akhir tahun. Semoga saja urusan pajak dapat selesai tepat waktu sebelum Anda bersiap mengawali tahun 2019 nanti.


PUBLISHED17 Nov 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: