Daftar Isi
9 min read

Apa Itu Retur Barang dalam Transaksi Jual Beli?

Tayang 31 May 2022
return barang
Apa Itu Retur Barang dalam Transaksi Jual Beli?

Retur atau umumnya dikenal sebagai pengembalian adalah hal yang sudah umum di dunia pembelian dan penjualan produk. Arti Retur Barang dan retur pembelian adalah dua hal yang sering ditemukan dalam transaksi keuangan. Tentu saja, kemungkinan pengembalian dapat terjadi karena kegiatan penjualan dan pembelian tidak selalu berhasil tanpa masalah. Dalam kondisi tertentu, biasanya ada barang yang rusak atau tidak sesuai dengan apa yang sudah dipesan.

Saat mengembalikan barang, ada dokumen yang harus dilampirkan baik oleh penjual maupun pembeli. Dokumen tersebut sering disebut dengan nota pengembalian. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, apabila sejak semula ada kesengajaan penyerahan dari penjual dalam mengirimkan barang rusak kepada pembeli, maka penjual dapat dikenakan sanksi hukum.

 

Alasan Retur Barang

Pembeli dapat mengembalikan barang karena beberapa alasan, termasuk:

  • Kelebihan kuantitas: Pembeli mungkin telah menerima lebih banyak barang dari yang mereka pesan, atau penjual mungkin secara tidak sengaja mengirim produk tambahan.
  • Pengiriman yang terlambat: Pembeli mungkin akan mengembalikan sebuah produk jika mereka tidak lagi membutuhkannya. Misalnya, jika pembeli membutuhkan produk pada tanggal tertentu dan datang terlambat, pembeli dapat mengirim kembali produk tersebut.
  • Tidak sesuai harapan: Pembeli dapat memesan produk secara online melalui marketplace tanpa melihat produknya secara langsung. Namun kadang terjadi kemungkinan ukuran atau warna yang dipesan berbeda dari yang diharapkan pembeli, dan pembeli dapat mengembalikan barang tersebut.
  • Item yang dipesan secara tidak sengaja: Terkadang pembeli memesan item yang salah saat berbelanja, terutama di marketplace online.
  • Produk rusak atau cacat: Beberapa produk kadang tiba dalam keadaan rusak atau cacat karena proses pengemasan atau pengiriman. Pembeli bisa mengirim barang-barang ini kembali ke penjual untuk meminta ganti.

Penjual dapat menetapkan kebijakan pengembalian mereka sendiri. Pilihannya termasuk menerima pengembalian gratis dalam jangka waktu tertentu atau yang sering disebut garansi, membebankan biaya ganti barang, atau hanya menerima pengembalian dengan tanda pembelian seperti nota.

Akuntan biasanya menggabungkan retur dan potongan penjualan bisnis ke dalam satu akun. Total akun ini dikurangkan dari penjualan kotor bisnis untuk mencapai angka penjualan bersih. Pelacakan transaksi ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menilai jumlah retur dan pengurangan penjualan dalam kaitannya dengan total penjualan.

Persentase pengembalian dan pengurangan yang tinggi menunjukkan kemungkinan kesulitan dengan pengiriman produk atau kualitas persediaan. Meskipun jarang, pelacakan retur dan potongan penjualan dalam akun terpisah memungkinkan pemilik bisnis membedakan antara jumlah pelanggan yang tidak ingin menyimpan pembelian mereka dan pelanggan yang melakukannya.

Beberapa kesimpulan dapat diperoleh dari perbedaan ini. Tingkat tunjangan yang tinggi mungkin menunjukkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan, karena pelanggan memilih untuk menyimpan barang tersebut. Namun, karena diskon diberikan untuk kekurangan, masalah kontrol kualitas dalam manufaktur mungkin perlu ditangani.

Analisis penyisihan dan pengembalian juga mencakup pada waktu staf yang dipakai untuk menangani barang dagangan yang rusak. Akun penyisihan yang relatif besar menunjukkan ketersediaan pelanggan dalam membeli barang dagangan yang kurang sempurna. Contohnya adalah membuat bagian diskon untuk barang cacat daripada mengirimnya kembali ke pemasok dapat memperoleh pendapatan tambahan.

Jenis Pengembalian Barang

Return Pembelian

Retur pembelian adalah barang dari pembeli kepada penjual karena barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan atau barang yang dikirim rusak. Dengan adanya retur pembelian maka hutang pembeli kepada penjual akan berkurang. Retur pembelian dicatat di bagian kredit jurnal keuangan, sedangkan utang usaha dicatat di bagian debit. Dengan kata lain, retur pembelian akan berpengaruh pada pencatatan laporan arus kas.

Retur Pembelian terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

Retur Pembelian Kredit

Pengembalian barang dagangan yang diperjualbelikan antara penjual dan pembeli secara kredit dengan perkiraan waktu dan bulan sesuai dengan jatuh tempo yang disepakati antara pembeli dan penjual.

Retur Pembelian Tunai

Pengembalian barang dagangan yang telah dibeli oleh pembeli secara tunai kepada penjual dan dicatat dalam arus kas dengan catatan bahwa barang tersebut dapat dikembalikan atau jika rusak.

Retur Penjualan

Retur penjualan adalah penerimaan barang oleh penjual yang dikembalikan dari pembeli. Pengembalian ini biasanya terjadi jika barang yang dikirim oleh penjual tidak sesuai dengan keinginan pembeli atau rusak.

Retur penjualan menyebabkan piutang atau tagihan dari penjual kepada pembeli berkurang. Pada saat pencatatan retur penjualan dalam jurnal, kolom debet akan diisi dengan piutang retur penjualan dan akan dicatat pada sisi kredit.

Dalam transaksi jual beli, penjual biasanya membagi retur penjualan menjadi 3 jenis:

  • Retur penjualan yang mengembalikan uang pembeli.
  • Retur penjualan yang mengurangi piutang pembeli.
  • Retur penjualan untuk mengganti barang rusak dari pembeli dengan barang baru.

Untuk mengurangi jumlah barang yang dikembalikan, penjual harus lebih memperhatikan jenis dan spesifikasi barang sebelum mengirimkannya kepada pembeli.

Pentingnya Mencatat Retur Penjualan

Akuntan keuangan akan mencatat pengembalian penjualan untuk membantu mereka menyimpan data yang akurat dan membuat keputusan bisnis yang penting. Melacak pengembalian dapat membantu beberapa faktor berikut:

  • Memahami keuntungan: Pengembalian dapat mempengaruhi penjualan dan keuntungan perusahaan. Jika pelanggan mengembalikan barang, perusahaan dapat mengganti atau mengembalikan uang pembelian, yang mengubah total keuntungan mereka. Sangat penting untuk melacak pengembalian untuk memastikan keakuratan neraca.
  • Menganalisis tren: Perusahaan dapat menggunakan retur penjualan untuk mengevaluasi kinerja lokasi atau kategori tertentu setiap periode. Misalnya, jika satu lokasi ritel memiliki pengembalian lebih banyak daripada yang lain, akuntan dapat mengeksplorasi penyebabnya dan membuat prediksi atau penyesuaian untuk membantu bisnis tersebut kedepannya.
  • Membuat perubahan: Perusahaan dapat menggunakan akun retur penjualannya untuk melakukan perbaikan. Misalnya, jika pemilik bisnis melihat beberapa pelanggan mengembalikan barang yang mereka beli secara online karena lebih besar dari yang mereka harapkan, bisnis dapat mengubah spesifikasi online agar lebih akurat. Merevisi deskripsi dan tabel ukuran di marketplace dapat mengurangi pengembalian di periode berikutnya.

Cara Mencatat Retur Penjualan

Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini untuk membantu mencatat transaksi retur penjualan:

  • Buat daftar pengembalian dan catat jenis pengembaliannya

Pertama, tentukan bagaimana pelanggan pada awalnya membayar dan bagaimana perusahaan mengembalikan dana. Catat apakah pelanggan membayar tunai atau kredit toko. Kredit toko berarti pelanggan membeli barang dan memiliki jangka waktu tertentu sebelum mereka membayarnya. Mengetahui bagaimana pelanggan membayar pengembalian akan membantu Anda mencatat dan menyeimbangkan transaksi ini.

  • Verifikasi pengembalian

Selanjutnya, verifikasi pengembalian mengikuti kebijakan pengembalian perusahaan yang disetujui. Banyak perusahaan memiliki jangka waktu pengembalian yang dapat diterima, yang berarti batas waktu kapan mereka dapat menerima pengembalian produk.

  • Mencatat transaksi retur penjualan

Selanjutnya, anda dapat menggunakan informasi retur untuk mencatat retur penjualan di rekening perusahaan. Untuk penjualan tunai dan kredit, anda dapat mencatat uang tersebut di akun retur dan potongan penjualan. Anda juga dapat mencatat dari mana uang ini berasal untuk menyeimbangkan pembukuan.

  • Perbarui inventaris

Terkadang item yang dikembalikan kembali ke inventaris perusahaan. Misalnya, jika pelanggan mengembalikan sepotong pakaian yang dapat digunakan dan tidak rusak, toko eceran dapat menjual kembali barang tersebut. Item ini sekarang menjadi bagian dari inventaris mereka. Anda dapat menambahkan item ini ke catatan akun persediaan dan mengurangi jumlah yang sama dari harga pokok penjualan.

Cara Menghitung Retur Penjualan Pada Laporan Buku Besar

Buku besar adalah tempat perusahaan menyimpan semua akun atau datanya. Dalam buku besar, akan tercatat data debit, pengurangan dana, dan kredit, penambahan dana. Ketika penjualan dilakukan, barang dagangan di debit dari akun yang menangani persediaan. Uang tunai yang dihasilkan dari penjualan kemudian dikreditkan ke akun penjualan.

Karena retur penjualan pada dasarnya membalikkan proses ini, dana akan dikreditkan kembali ke akun barang dagangan dan didebit dari penjualan. Akun ketiga mungkin juga terlibat yang menangani biaya penyetokan ulang. Menyimpan akun-akun ini dengan benar dalam buku besar akan membantu pemilik usaha kecil menjaga pembukuan tetap seimbang dan mencatat data laba rugi dengan akurat.

Berikut adalah cara untuk menghitung Retur penjualan pada buku besar:

  • Catat jumlah debit untuk retur dalam akun penjualan. Dalam akuntansi, cara yang sering dilakukan adalah mencatat debit di kolom kiri dalam buku besar, sedangkan kredit dicatat di sebelah kanan. Karena pengembalian mengambil dana dari akun penjualan, catat jumlah debit di kolom kiri.
  • Catat kredit dalam akun yang menangani barang dagangan atau persediaan, jumlahnya akan dicatat di kolom sisi kanan.
  • Catat debit di akun penyetokan ulang jika ada biaya yang terkait dengan penyetokan ulang barang dagangan. Sekali lagi, karena ini menghilangkan jumlah untuk akun ini, itu akan dicatat di kolom kiri. Catat biaya restocking yang dibebankan kepada pelanggan sebagai kredit, jika ada.
  • Tentukan apakah ada akun lain yang terpengaruh oleh retur penjualan dan buat entri yang benar dalam buku besar. Sebagai contoh, sebuah perusahaan mencatat debit di akun penjualan dan akun penyetokan ulang serta mengkredit akun barang dagangan. Namun, akun kas juga terpengaruh karena tingkat kas telah menurun. Jadi akun kas juga mencatat debit sejumlah uang tunai yang dikurangi dengan retur penjualan, kemudian dikreditkan karena pelanggan dikenakan biaya penyetokan ulang.

Contoh Entri Retur Penjualan

Entri pengembalian penjualan dapat terlihat berbeda tergantung pada perusahaan dan jenis transaksi. Berikut adalah entri untuk dua jenis pengembalian yang umum:

Contoh 1

Seorang pelanggan mengembalikan topi ke perusahaan satu minggu setelah membelinya. Pelanggan telah membayar tunai, namu ketika mereka kembali ke rumah, mereka melihat bahwa mereka telah menerima barang yang sama sebagai hadiah. Mereka menginginkan pengembalian uang tunai daripada pertukaran atau kredit toko. Akuntan perusahaan mencatat hal-hal berikut dalam pembukuan perusahaan:

Tanggal: 03/01/2021

*Pengembalian dan tunjangan penjualan: +Rp. 500.000

Tunai: -Rp. 500.000*

Contoh 2

Seorang klien membeli 20 komputer baru dari perusahaan. Setiap komputer berharga Rp. 10.000.000, dan klien membelinya secara kredit. Klien mengembalikan 5 komputer ketika mereka menyadari bahwa mereka membeli lebih dari yang mereka butuhkan. Akuntan perusahaan mencatat transaksi ini dengan menambahkan Rp. 50.000.000 ke akun retur penjualan, Rp. 10.000.000 untuk setiap komputer yang dikembalikan. Entri dari data tersebut akan terlihat seperti ini:

Tanggal: 02/15/2021

*Pengembalian dan tunjangan penjualan: + Rp. 50.000.000

Piutang: – Rp. 50.000.000 *

Tips Mengatur Retur Barang

Deskripsi produk yang dibuat dengan baik dan kebijakan pengembalian yang jelas dapat sangat membantu dalam membatasi pengembalian. Memiliki kebijakan pengembalian yang dirancang dengan cermat juga menyiratkan bahwa anda membantu membangun kepercayaan pada pelanggan Anda.

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi tingkat pengembalian pada produk anda:

  • Gunakan deskripsi produk terperinci
  • Tingkatkan kualitas gambar produk anda
  • Gunakan panduan ukuran untuk pakaian dan barang lain yang membutuhkan ukuran yang pas
  • Tunjukkan spesifikasi dan kompatibilitas untuk produk teknologi dan item lain yang digunakan sebagai komponen atau dengan produk lain
  • Berikan kasus penggunaan atau studi kasus untuk menunjukkan cara menggunakan produk Anda dengan paling efektif
  • Sertakan ulasan produk
  • Jujurlah, terutama tentang variasi kualitas produk yang diketahui
  • Tawarkan opsi layanan pelanggan
  • Buat FAQ berdasarkan pertanyaan umum yang anda terima tentang produk Anda

Secara keseluruhan, tujuan anda adalah menyampaikan informasi tentang produk Anda dengan jelas serta detail yang relevan, memberikan kesempatan kepada pembeli untuk mengajukan pertanyaan, dan menemukan jawaban yang mereka butuhkan sebelum membeli.

Kelola pajak perusahaan jadi lebih mudah menggunakan aplikasi pajak dari Klikpajak. Lapor hingga bayar pajak hanya di satu aplikasi saja.

Tentu saja kebijakan pengembalian anda sendiri berdampak besar pada pengembalian. Ini juga merupakan peluang bagus untuk membedakan diri anda dari pesaing Anda. Pertimbangkan kebijakan pengembalian sebagai bagian dari upaya untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan yang terbaik.

Kesimpulan

Semua bisnis harus berusaha untuk meminimalkan retur penjualan karena memberikan dampak pendapatan yang menurun jika retur penjualan kebetulan melewati periode akuntansi berikutnya. Dalam situasi seperti itu, periode akuntansi sebelumnya akan memiliki pendapatan yang lebih tinggi dan periode akuntansi yang terakhir akan mengurangi pendapatan.

Kategori : Edukasi

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak