Panduan Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Bagi Karyawan Perusahaan - Klikpajak

Panduan Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Bagi Karyawan Perusahaan

Sebagai seorang pengusaha yang taat terhadap urusan perpajakan, tentu sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk membayar pajak tepat waktu termasuk bayar kendaraan bermotor. Untuk memudahkan para karyawan yang bekerja di Perusahaan Anda, berikut ini panduan bayar pajak kendaraan bermotor yang perlu diketahui. Ternyata proses bayar pajak kendaraan tidaklah sulit dan tidak memakan waktu yang lama. Sehingga, setiap karyawan tidak perlu kerepotan untuk meninggalkan pekerjaan di kantor hanya untuk mengurus bayar pajak kendaraan. Simak langkah mudah bayar pajak kendaraan di Samsat berikut ini.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

  • Fotokopi KTP beserta aslinya
  • Fotokopi STNK beserta aslinya
  • Bukti pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) yang terakhir.
  • Fotokopi BPKB (hanya lembar pertama)

Panduan Bayar Pajak Mobil Tahunan

1. Mengambil Formulir Perpanjangan STNK

Formulir perpanjangan STNK tersebut dapat Anda peroleh dari petugas yang berada di samping loket. Isilah formulir tersebut, kemudian ambil nomor antrian dan siapkan dokumen-dokumen. Sebaiknya Anda membawa pulpen dari rumah agar proses pengisian formulir lebih cepat.

2. Menyiapkan Dokumen-Dokumen yang Dibutuhkan

Sementara Anda menunggu nomor antrian Anda dipanggil, sebaiknya Anda menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, kemudian gabungkan ke dalam satu map. Dengan begitu, Anda hanya perlu menyerahkan map beserta formulir ketika nomor antrian Anda dipanggil. Setelah menyerahkan dokumen-dokumen tersebut, selanjutnya Anda akan mendapatkan slip pembayaran STNK.

3. Membayar Pajak Mobil di Kasir

Selanjutnya, Anda harus membayar sejumlah uang di loket sebelahnya, yaitu di kasir. Sebaiknya Anda membawa uang tunai dengan nominal yang sama dengan yang tertera pada slip pembayaran. Setelah selesai melakukan pembayaran di kasir, maka Anda akan menerima bukti pelunasan pajak mobil. Anda harus menyimpan bukti pelunasan tersebut dan jangan sampai buktinya hilang. Setelah itu, Anda masih perlu menunggu di depan loket hingga dipanggil untuk pengambilan STNK.

4. Pengambilan STNK

Karena proses pengambilan STNK ini bersifat tidak urut, maka Anda harus benar-benar mendengarkan setiap nama yang dipanggil agar Anda tidak terlewat. Ketika nama Anda dipanggil, serahkan bukti pembayaran, kemudian STNK dan KTP Anda akan diberikan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kwitansi pembayarannya.

Panduan Perpanjangan Pajak Lima Tahunan

  1. Melakukan cek fisik kendaraan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika sampai di Samsat adalah mencari lokasi untuk cek fisik kendaraan. Proses cek fisik kendaraan ini tidak dipungut biaya alias gratis.
  2. Proses selanjutnya sama seperti proses perpanjangan STNK tahunan. Bedanya, STNK yang Anda terima berlaku untuk lima tahun ke depan. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengambil plat nomor baru. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke loket pengambilan plat nomor.
  3. Pengambilan plat nomor baru. Penting untuk Anda ketahui bahwa lokasi pengambilan plat nomor terpisah dengan lokasi perpanjangan STNK. Setelah Anda menerima plat nomor yang baru, maka proses perpanjangan pajak lima tahunan telah selesai.

Denda Tidak Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Apabila Anda telat membayar pajak, maka Anda akan dikenakan sanksi berupa denda sesuai dengan lama keterlambatan. Denda tersebut sebesar 25% dari pajak Anda, dan akan bertambah sebesar 2% untuk setiap bulan yang dilewatkan. Namun perlu diingat, denda tersebut memiliki batas maksimal yaitu sebesar 48% atau setara dengan 2 tahun menunggak. Sebagai contoh, apabila Anda menunggak selama 3 tahun, 4 tahun atau 5 tahun maka dendanya tetap sama yaitu sebesar 48%. Penting untuk Anda ketahui, bahwa Anda memiliki masa toleransi keterlambatan yaitu selama 1 hari. Artinya, apabila pembayaran pajak Anda jatuh tempo pada hari Senin tetapi Anda membayar pada hari Selasa, maka Anda tidak dikenakan denda. Cara menghitung denda keterlambatan untuk pajak mobil adalah Denda PKB + Denda SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan). Sedangkan denda PKB dihitung dengan rumus Denda PKB = Biaya PKB x 25% x jumlah bulan terlambat ÷ 12.

Pembayaran pajak kendaraan baik tahunan  atau lima tahunan di Samsat sangat mudah. Jika Anda datang lebih awal, maka Anda dapat menyelesaikan pembayaran pajak mobil dalam waktu kurang lebih 1 (satu) jam saja. Kini, tidak ada lagi alasan untuk tidak bayar pajak, bukan? Tunaikan kewajiban perpajakan Anda tepat waktu untuk menghindari sanksi berupa denda. Jangan lupa untuk menambah pengetahuan Anda tentang perpajakan, lewat Klikpajak.


PUBLISHED29 Jan 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: