Daftar Isi
5 min read

Mekari Conference 2024: Pengelolaan Pajak Bisnis dengan Ekosistem Digital Holistik

Tayang 10 Jun 2024
Mekari Conference 2024
Mekari Conference 2024: Pengelolaan Pajak Bisnis dengan Ekosistem Digital Holistik

Hasil studi Deloitte pada 2022 menyebutkan, perusahaan yang mengadopsi sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dengan integrasi digital holistik mengalami peningkatan efisiensi operasional hingga 35%.

Bukan hanya itu, McKinsey juga melaporkan bahwa digitalisasi proses perpajakan dapat mengurangi waktu pelaporan hingga 40% dan mengurangi biaya terkait kepatuhan hingga 30%.


Wujudkan Pengelolaan Pajak Bisnis dengan Ekosistem Digital Holistik

Dari data tersebut menunjukkan pentingnya peran digital holistik untuk dapat mempersingkat proses bisnis dan menekan biaya operasional.

Mengingat proses pengelolaan administrasi pajak bisnis relatif cukup kompleks seiring berbagai macam aktivitas perpajakan yang dilakukan perusahaan.

Apabila tidak dibarengi dengan sistem yang memadai, akan ada banyak permasalahan yang timbul. Salah satunya proses panjang dan lama dalam pencocokan data bagian Finance, Accounting, Tax Officer, dan lainnya.

Belum lagi, proses internal pengelolaan administrasi perpajakan pada bagian Tax Officer itu sendiri, yang membutuhkan simplifikasi dan sistem terotomasi untuk menghindari kesalahan pengelolaan pajak.

Mengingat, kondisi tersebut dapat berdampak pada timbulnya biaya tambahan yang harus ditanggung perusahaan akibat sanksi atau denda administrasi perpajakan dan kebocoran-kebocoran lainnya akibat kurangnya transparansi proses bisnis yang diterapkan perusahaan.

Padahal, laporan dari PwC (PricewaterhouseCoopers) menunjukkan, perusahaan yang mengimplementasikan sistem akuntansi berbasis cloud, seperti ekosistem digital holistik, mengalami peningkatan transparansi dan akurasi data keuangan sebesar 35%.

Oleh karena itu, pentingnya ekosistem digital holistik dalam pengelolaan pajak bisnis sangat diperlukan dan krusial untuk diterapkan setiap perusahaan.

Apa Saja Manfaat Ekosistem Digital Holistik?

  • Efisiensi dan Akurasi

Dengan ekosistem digital holistik, data dapat diintegrasikan secara real-time antara berbagai departemen dalam perusahaan. Misal, data penjualan yang tercatat langsung masuk ke dalam sistem akuntansi dan perpajakan. Hal ini mengurangi human error dan mempercepat proses pelaporan.

  • Kepatuhan Pajak yang Lebih Baik

Platform digital membantu perusahaan dalam memastikan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan yang berlaku. Sistem ini dapat secara otomatis memperbarui perubahan regulasi, menghitung kewajiban pajak, dan mengirimkan pengingat untuk pembayaran pajak tepat waktu.

  • Transparansi dan Aksesibilitas Data

Data yang tersimpan secara digital dan terintegrasi memudahkan akses dan pemantauan oleh manajemen. Transparansi ini penting untuk audit internal dan eksternal, serta membantu dalam pengambilan keputusan berbasis data.

  • Penghematan Biaya dan Waktu

Otomasi proses bisnis mengurangi kebutuhan akan pekerjaan manual yang memakan waktu dan biaya. Selain itu, pengurangan kesalahan juga berarti mengurangi potensi denda dan sanksi yang mungkin timbul akibat kesalahan pelaporan.

  • Peningkatan Keamanan Data

Sistem digital modern dilengkapi dengan fitur keamanan terakreditasi yang melindungi data dari ancaman siber. Hal ini penting untuk menjaga kerahasiaan dan integritas data perusahaan.

Temukan Cara Memanfaatkan Ekosistem Digital Holistik dalam Mekari Conference 2024

Mekari Conference kembali menyapa Anda setelah sukses pada event serupa sebelumnya yang diikuti lebih dari 2500+ leader, profesional, dan pemangku kepentingan lainnya, dengan tingkat kepuasan peserta mencapai 8,6/10.

Mekari Conference 2024 mempertemukan para ahli di berbagai bidang untuk berbagi wawasan dan pengalaman guna menciptakan jaringan yang memfasilitasi para pendiri atau pengelola perusahaan saling terhubung, berbagi, dan mengambil tren industri terkemuka dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Anda dapat menemukan panduan lebih lanjut bagaimana memanfaatkan ekosistem digital holistik untuk pengelolaan keuangan dan perpajakan perusahaan serta tips-tipsnya dalam panel diskusi pada Mekari Conference 2024 yang bertajuk “Sustainable Growth through Limitless Digital Innovation” bersama para pakar dan profesional di bidangnya, antara lain:

  • Shinta Kamdani – Chairman APINDO
  • Danu Wicaksana – CEO Good Doctor Technology
  • Setiaji – Chief Digital Transformation Office, Minister of Health of the Republic of Indonesia
  • Noudhy Valdryno – Director of Public Policy Ant Group
  • Azalea Ayuningtyas – Co-Founder Du Anyam
  • Wing Antariksa – Chief Human Resources Office Blue Bird Group
  • Irawan Harahap – CEO Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land
  • Adam Armansyah – Senior Principal Korn Ferry
  • dan masih banyak lagi pembicara lainnya

Bergabung bersama mereka dalam Mekari Conference 2024 untuk menciptakan bisnis yang lebih gesit, efisien dan inovatif, secara offline bertempat di Nusantara Hall, ICE BSD City; Pada Selasa, 10 September 2024, Pukul 10.00 WIB – 18.00 WIB dengan menghadirkan 50+ experts dan 20+ insightful sessions yang terbagi dalam:

Conference

Dapatkan wawasan industri terbaru dan tren inovasi digital melalui presentasi serta diskusi langsung dari inspirational speakers.

Power Your Growth Class

Pelajari keterampilan praktis yang dapat Anda terapkan di tempat kerja dari para praktisi ahli di bidang bisnis, manajemen tenaga kerja, sistem pajak digital dan customer relations.

Mekari Experience

Eksplor beragam tools dan solusi komprehensif untuk kebutuhan bisnis di perusahaan berkembang hingga established.

Tunggu apalagi! Segera amankan kursi Anda sekarang juga untuk memperoleh insight dan pengalaman bersama pakar serta profesional untuk dapat memanfaatkan pengelolaan pajak ekosistem digital yang holistik.

Dapatkan diskon 60% untuk pembelian tiket early bird Mekari Conference 2024 pada bulan Juni!

Early birs mekari conference 2024

BOOK YOUR EARLY BIRD TICKET HERE!

Anda juga dapat mengeksplor Mekari Conference 2024 pada laman berikut: mekariconference.com

Saksikan teaser acara Mekari Conference berikut:

YouTube video

Kesimpulan

Ekosistem digital holistik adalah penyediaan teknologi terintegrasi dan berkesinambungan yang memberikan banyak manfaat bagi perusahaan.

Seperti halnya integrasi sistem pengelolaan pajak dengan akuntansi online yang dapat dimanfaatkan untuk penyusunan laporan keuangan hingga pengelolaan administrasi perpajakan mulai dari pelaporan hingga pembayaran pajak.

Dengan mengadopsi teknologi ini, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, menghemat waktu, serta meningkatkan keamanan dan transparansi data.

Oleh karena itu, investasi dalam ekosistem digital holistik merupakan langkah strategis untuk mencapai keberlanjutan dan kesuksesan jangka panjang sebuah bisnis yang dijalankan.

Referensi

Deloitte. Digital Maturity Index Survey 2022

PwC. Cloud Computing

Kategori : Event

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak