Solusi Gagal Melakukan Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-NOFA - Klikpajak

Solusi Gagal Melakukan Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-NOFA

Apakah Anda termasuk salah satu Wajib Pajak yang gagal saat melakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) melalui e-Nofa? Penggunaan e-Nofa memang lebih disukai oleh sebagian besar Wajib Pajak karena lebih mudah dan dapat menghemat waktu. Namun ternyata penggunaan e-Nofa rawan gagal. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena gagal melakukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak ada solusinya.

Penyebab Gagal Melakukan Permintaan NSFP

Solusi Gagal Melakukan Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-NOFA

Meskipun Anda telah menginstal sertifikat e-Faktur dengan benar, mungkin Anda pernah mengalami masalah dalam meminta NSFP dari e-Nofa. Masalah umum yang biasanya terjadi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada layar perangkat, baik komputer/laptop yang digunakan terdapat pemberitahuan “There is a problem with this website’s security certificate“.
  2. Username dan password yang dimasukkan salah atau tidak sesuai.
  3. Munculnya pemberitahuan “Your connections is not secure“.
  4. Atau adanya pemberitahuan “This connections is untrusted”.

Solusi Saat Gagal Melakukan Permintaan NSFP

Solusi Gagal Melakukan Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-NOFA

Apabila saat melakukan permintaan nomor seri faktur pajak, Anda mendapati kendala atau terjadi kegagalan seperti di atas, maka berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Apabila terdapat keterangan bahwa username dan password yang Anda masukkan salah atau tidak sesuai, maka Anda hanya perlu memastikan bahwa username (NPWP) dan password yang Anda masukkan sudah benar.
  2. Sedangkan apabila Anda mengakses e-Nofa menggunakan Mozilla Firefox, biasanya kendala yang sering terjadi adalah “Your Connections is Not Secure“. Hal yang perlu Anda lakukan adalah klik tombol “Advanced”, maka akan muncul tombol “Add Exception”. Setelah muncul “Add Security Exception”, maka pastikan pada kolom location diisi dengan http://efaktur.pajak.go.id lalu klik “Confirm Security Exception”.
  3. Untuk kendala “Secure Connection Failed, The connection was interrupted while the page was loading“, solusinya adalah buka browser Mozilla Firefox. Lalu ketik alamat “about:config“. Kemudian akan muncul pesan “This might void your warranty“, lalu klik “I’ll be careful, I Promise!”. Maka akan muncul beberapa preference name, silahkan cari “security.insecure_field_warning.contextual.enable”. kemudian klik dua kali dan ubah value yang awalnya “True” menjadi “False”. Jika telah selesai, tutup pengaturan dan coba buka kembali permintaan NSFP di e-Nofa online.

Pengajuan NSFP Tidak Dapat Diproses

Solusi Gagal Melakukan Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-NOFA

Ada beberapa alasan kenapa pengajuan Nomor Seri Faktur Pajak yang Anda ajukan tidak dapat diproses. Alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sertifikat Elektronik Belum Ter-install Pada Browser

Apabila hal ini terjadi, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah masuk ke menu “options” pada browser yang Anda gunakan, lalu pilih “advance” kemudian “tab certificates”, dan “view certificate”. Setelah muncul “form certificate manager”, pilih “tab your certificates” dan tekan tombol “import”. Masukan file sertifikat elektronik Anda dan tekan tombol “open”. Masukan “passphrase” yang sama dengan surat elektronik pajak Anda. Dan proses penginstalan sertifikat elektronik pada browser Anda telah selesai.

2. Sertifikat Elektronik Bermasalah atau Tidak Valid

Jika permohonan pengajuan Nomor Seri Faktur Pajak Anda tidak dapat diproses karena sertifikat elektronik tidak valid, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah mengecek kembali masa kadaluarsa sertifikat elektronik Anda. Apabila memang sudah kadaluarsa, maka segera ajukan pembaharuan sertifikat elektronik ke KPP terdaftar. Namun apabila sertifikat elektronik Anda tidak kadaluarsa dan permohonan pengajuan NSFP Anda tetap tidak dapat diproses, maka Anda harus mengganti sertifikat elektronik di browser Anda dengan sertifikat elektronik baru di e-Nofa.

3. Belum Melaporkan Laporan SPT Masa PPN Selama 3 Bulan

Ketika NSFP Anda sudah terpakai, maka Anda harus kembali mengajukan permintaan NSFP. Namun ketika dalam pelaporan muncul peringatan “Laporan SPT Masa PPN untuk 3 Bulan Terakhir Tidak Lengkap” saat membuat permohonan pengajuan NSFP, maka Anda harus melaporkan SPT Masa PPN 1111 Anda ke KPP terdaftar terlebih dahulu.

Mengubah Password e-Nofa

Solusi Gagal Melakukan Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-NOFA

Password dan email e-Nofa harus diadministrasikan sebaik mungkin. Apalagi password standar atau default dari DJP terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Hal ini menjadi salah satu alasan terbesar kenapa Wajib Pajak gagal melakukan login. Oleh karena itu, ada beberapa Wajib Pajak yang inisiatif untuk merubah password e-Nofa. Caranya cukup mudah, ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Untuk dapat merubah password e-Nofa, Anda harus login terlebih dahulu.
  2. Masukkan NPWP (tanpa tanda baca) dan Password default dari DJP (kombinasi huruf dan angka), pastikan jangan sampai salah.
  3. Setelah berhasil login, lalu pilih “Profil User”.
  4. Selanjutnya pilih dan klik “Ganti Password” untuk merubah password e-Nofa. Anda akan diminta memasukkan password saat ini dan password yang baru. Usahakan password baru Anda adalah password yang mudah Anda hafal.
  5. Apabila Anda merubah email e-Nofa, maka klik “Ubah Email”. Anda akan diminta memasukkan email utama dan email alternatif (email yang baru).
  6. Lalu klik “Update”.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda tempuh apabila Anda mengalami kendala seperti yang disebutkan di atas. Dengan memahami solusi di atas, maka diharapkan Anda tidak lagi merasa kesulitan untuk mendapatkan Nomor Seri Faktur Pajak melalui e-Nofa. Dapatkan tips seputar perpajakan lainnya di Klikpajak. Selain menyediakan berbagai informasi penting yang update setiap harinya, Anda bisa menggunakan layanan dari klikpajak untuk lapor pajak secara gratis! Nikmati kemudahan lapor pajak secara gratis di sini!


PUBLISHED22 Feb 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: