Miliki DJPOnline e Billing Sebelum Bayar Pajak - Klikpajak

Miliki DJPOnline e Billing Sebelum Bayar Pajak

Selain menghitung dan melaporkan pajak terutang, wajib pajak juga memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran atas pajak yang terutang tersebut. Pembayaran dapat dilakukan secara manual di bank atau di kantor pos dengan menggunakan formulir Surat Setoran Pajak (SSP). Lebih praktisnya, DJP Online telah menawarkan kemudahan untuk Anda agar bisa melakukan pembayaran pajak secara online menggunakan Surat Setoran Elektronik (SSE) atau e-Billing pajak.

Pengertian e-Billing

Menurut Direktorat Jenderal Pajak, e-Billing merupakan sistem pembayaran pajak elektronik dengan cara pembuatan ID Billing atau kode Billing terlebih dahulu. Kode billing sendiri merupakan kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem Billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran pajak yang akan dilakukan oleh Wajib Pajak.

Sistem ini mengakomodasi seluruh penerimaan negara secara elektronik dalam mata uang rupiah dan mata uang asing. Adapun jenis pajak yang diadministrasikan oleh DJP melalui e-Billing adalah pajak pusat berupa Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Bumi dan Bangunan sektor P3 (Pertambangan, Perhutanan, dan Perkebunan). Dengan sistem e-Billing ini, Anda tidak perlu repot-repot mengisi formulir Surat Setoran Pajak (SSP), Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP), dan Surat Setoran Pengembalian Belanja (SSPB) secara manual. Cukup dengan menggunakan Surat Setoran Elektronik (SSE), Anda dapat menyelesaikan segala urusan pembayaran pajak Anda secara online.

e-Billing adalah sistem pembayaran pajak elektronik milik DJP Online dengan cara pembuatan ID Billing atau kode Billing terlebih dahulu. Kode billing sendiri adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem Billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran pajak yang akan dilakukan Wajib Pajak. Jika Anda belum memiliki kode DJPOnline e Billing, simak penjelasan penggunaan e-Billing dan cara membuat kode billing berikut ini.

3 Tahap Menggunakan e-Billing Pajak

  1. Daftarkan e-Billing terlebih dahulu melalui laman sse3.pajak.go.id
  2. Buat ID Billing atau Kode Billing Anda.
  3. Gunakan ID Billing untuk membayar pajak di bank persepsi yang telah ditunjuk dan pastikan telah mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) untuk bukti pembayaran pajaknya.

Manfaat DJPOnline e Billing Pajak

Beberapa manfaat dari pembuatan ID billing, yaitu:

  1. Buat ID billing dan bayar pajak kapan dan di mana saja. Wajib Pajak tidak perlu repot antri berjam-jam di bank dan KPP.
  2. Menghindari kesalahan pencatatan transaksi, e-Billing dapat meminimalisasi kesalahan pencatatan transaksi yang dilakukan secara manual.
  3. Transaksi real time. Data transaksi yang diisikan oleh Wajib Pajak akan langsung terekam di DJP (Direktorat Jenderal Pajak).

Buat Kode Billing Tanpa Akun DJP Online

Lalu, bagaimana cara membuat kode DJPOnline e billing tanpa harus memiliki akun DJP Online? Mari simak dan aplikasikan langkah-langkah mudah membuatnya berikut ini.

1. Buka laman website sse3.pajak.go.id dan setelah muncul tampilan di halaman komputer/ laptop/ handphone milik Anda, langsung klik “Belum Punya Akun?” yang terletak di bagian bawah layar.

2. Masukkan data-data Anda untuk melakukan registrasi akun. Data-data yang harus diisi adalah:

  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda sebanyak 15 digit (tanpa tanda titik atau tanda hubung). Setelah NPWP terisi dengan lengkap dan benar, maka Nama Wajib Pajak akan muncul secara otomatis.
  • Isi alamat email aktif Anda.
  • Buatlah PIN (Personal Identification Number) Anda sebanyak 6 (enam) digit.
  • Isi Kode Keamanan yang muncul.
  • Klik “Daftar”.

3. Setelah klik Daftar, akan muncul kotak dialog ‘Link Aktivasi telah dikirimkan ke email Anda’. Cek notifikasi email Anda, kemudian klik link aktivasi. Anda akan menerima email dengan judul (sse3.pajak.go.id) Link Aktivasi dari ebilling@pajak.go.id.

4. Buka Kembali laman sse3.pajak.go.id kemudian login. Pertama, isilah 15 digit Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda tanpa tanda titik atau tanda hubung. Kedua, masukkan PIN Anda (6 digit) yang telah Anda buat di awal tahapan. Ketiga, Isilah Kode Keamanan yang muncul. Terakhir, klik login.

5. Anda akan diarahkan kepada aplikasi e-Billing, kemudian Pilih Isi Surat Setoran Elektronik (SSE). Klik Isi SSE (Create Electronic Tax Payment Slip) pada kotak berwarna hijau.

6. Isi Formulir Surat Setoran Elektronik (SSE) secara lengkap dan benar, meliputi:

  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Nama Lengkap Wajib Pajak (muncul otomatis setelah mengisi NPWP)
  • Alamat lengkap domisili Anda
  • Pilih Jenis Pajak yang akan dibayarkan
  • Pilih Jenis Setoran
  • Pilih Masa Pajak
  • Isi Tahun Pajak
  • Isi Jumlah Setor
  • Isi Uraian (jika dibutuhkan)
  • Klik “Simpan”

7. Pilih “Kode Billing” (tombol berwarna ungu) untuk melanjutkan tahapan. Kemudian akan muncul kotak dialog. Pilih OK.

8. Kode DJPOnline e Billing telah berhasil dibuat. Gunakan kode billing untuk melakukan pembayaran, dimana tertera berupa Nomor Kode Billing dan Tanggal Masa Aktif Kode Billing. Cetak kode billing jika memang diperlukan sebagai arsip.

Bayar dan Lapor Pajak Anda Sekarang Juga!

Jika Anda sudah paham bagaimana cara membuat kode billing tanpa akun DJP Online, segera Bayar dan laporkan SPT Tahunan Anda melalui DJP Online atau Penyedia Jasa Aplikasi (ASP) resmi dari Ditjen Pajak sebelum batas waktu pelaporan pajak berakhir. Lapor lebih awal akan menghindarkan Anda dari pengenaan denda akibat terlambat bayar atau tidak lapor SPT. Klikpajak hadir sebagai solusi lapor pajak online melalui e-Filing Pajak resmi dari Ditjen Pajak. Lapor SPT Tahunan Pribadi dan Badan Anda secara mudah, cepat, dan GRATIS melalui e-Filing Klikpajak. Registrasi akun Anda sekarang juga di sini untuk menikmati layanan lapor pajak dari klikpajak! 


PUBLISHED08 May 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: