Membayar Pajak Lebih Mudah dengan Cara Online - Klikpajak

Membayar Pajak Lebih Mudah dengan Cara Online

Membayar pajak adalah salah satu kewajiban bagi masyarakat yang sudah berpenghasilan dalam ikut andil pembangunan bangsa. Mungkin beberapa dari Anda belum menyadari apa saja manfaat membayar pajak bagi Negara. Seperti kita ketahui bahwa membayar pajak adalah hal paling nyata yang  bisa lakukan dalam pembangunan Negara. Pajak-pajak yang Anda bayarkan akan digunakan lebih lanjut oleh Negara sebagai dana pembangunan infrastruktur, subsidi Negara, belanja modal Negara, dan sebagainya. Betapa besarnya manfaat pajak yang sudah kita bayarkan saat ini bukan?

Jika Anda merasa membayar pajak adalah hal yang merepotkan dan harus meluangkan waktu serta tenaga lebih karena harus pergi ke kantor pajak untuk mengikuti beberapa hal prosedurial yang cukup rumit. Sekarang Anda tidak perlu cemas lagi, karena Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sudah menyediakan fitur lain yang lebih praktis dan mudah, yaitu pembayaran pajak melalui online. Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar fitur baru ini? Mungkin sebagian dari Anda akan merasa cemas karena ini akan sulit dan rumit untuk di akses? Atau sebagian dari Anda yang sudah cukup modern dengan memnfaatkan kecanggihan teknologi Internet merasa optimis dan terbantu dengan keberadaan fitur baru ini? Mari kita ulas satu persatu!

Mengapa Bayar Pajak Online?

Pajak online adalah sistem elektronik yang disediakan oleh Direktoat Jederal Pajak (DJP) atau pihak lain yang ditunjuk oleh DJP yang digunakan oleh wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik. Definsi tersebut merupakan terminologi resmi sebagaimana tertulis dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pajak nomor SE–42/PJ/2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online.

Pembayaran pajak online ini salah satu cara pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran untuk membayar pajak. Pemerintah baru memperkenalkan sistem e-Billing dalam pembayaran pajak secara online setelah membuat sejumlah dasar hukum yakni :

  • PMK – 242/PMK.03/2014 tentang Tata Cara Pembayaran dan Penyetoran Pajak.
  • PMK – 32/ PMK.05 tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik.
  • Per – PJ/2014 tentang Sistem Pembayaran Pajak Secara Elektronik.

Dari peraturan ini sudah sangat meyakinkan bahwa fitur yang dibuat oleh pemerintah ini bertujuan untuk memudahkan para wajib pajak dan juga dilengkapi dengan dasar hukum yang akan menjamin legalitas dan keamanannya.

Manfaat Membayar Pajak Online

Melakukan pembayaran pajak online memberikan berbagai manfaat bagi anda, antara lain:

a. Lebih Mudah dan Murah

Bagi Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi dan disibukan oleh berbagai macam urusan perusahaan, membayar pajak online adalah solusi yang paling tepat. Anda tidak perlu lagi mengantri di loket teller untuk melakukan pembayaran. Anda hanya perlu melakukan transaksi melalui Internet banking atau ATM. Anda juga tidak perlu lagi mencetak lembaran SSP atau berkas lain ke bank atau kantor pos. Hanya perlu membawa catatan kecil yang berisi kode Billing untuk di tunjukkan ke teller atau dimasukkan ke mesin ATM. Anda juga tidak terbatasi dengan jam kantor Senin-Jumat. Namun anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja, ketika Anda memiliki waktu dan koneksi Internet.

b. Lebih Akurat dan Aman

Dalam system e-Billing ini akan memberikan tuntunan Anda dengan tepat dalam pengisian SSP elektronik sesuai dengan transaksi perpajakan Anda. Sehingga kesalahan data pembayaran seperti kode akun pajak, jenis setoran dapat dihindari. Selain itu, lewat sistem e-billing ini juga memungkinkan transparansi karena Anda dapat mengecek ulang rekam jejak sejarah pembayaran pajak yang Anda lakukan. Human error yang sering terjadi oleh teller dapat pula diminimalisir karena data yang akan muncul adalah data yang telah anda input sendiri sesuai dengan transaksi perpajakan anda yang benar.

c. Lebih Cepat

Bermodalkan koneksi Internet yang stabil dengan hitungan menit transaksi pembayaran pajak dapat dilakukan dari manapun Anda berada. Jika Anda memilih teller bank atau kantor pos sebagai sarana pembayaran, Anda tidak perlu lama menunggu lama teller memasukkan data pembayaran pajak Anda karena kode billing yang Anda tunjukkan akan memudahkan teller mendapatkan data pembayaran berdasarkan data yang telah anda input sebelumnya. Antrian panjang di teller juga akan sangat berkurang dengan kemudahan sistem ini.

Apa itu E – billing system?

E-billing pajak adalah sistem pembayaran pajak secara elektronik dengan membuat kode billing pada aplikasi SSE pajak online yang merupakan bagian dari sistem Penerimaan Negara. Sistem ini di administrasikan oleh Biller Direktorat Jenderal Pajak dan menerapkan Billing Sistem. Sementara, kode billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran yang akan dilakukan wajib pajak.

Berikut ini alamat url untuk mengakses Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak yang dapat anda akses ketika akan melakukan pembayaran pajak online.

  1. pajak.go.id : Situs e- billing pajak versi 1
  2. pajak.go.id : Situs e-billing pajak versi 2 yang terintegrasi dengan situs DJP Online
  3. pajak.go.id : Situs e-billing pajak versi 3 atau terbaru

Menurut DJP, ketiga alamat URL tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat kode billing untuk pembayaran pajak. Adapun perbedaan versi kedua dan ketiga dari versi pertama adalah adanya penambahan fitur. Di mana, Anda bisa membuat kode ID billing untuk pembayaran pajak atas NPWP pihak lain dan tanpa NPWP.

Berikut tadi pembahasan mengenai kemudahan dalam melakukan pembayaran pajak online. Sangat mudah dan sederhana bukan? Tunggu apalagi, Anda harus mencoba untuk memulai melakukan pembayaran pajak online agar lebih menghemat waktu dan tenaga Anda, serta tingkat keamanan yang lebih akurat.


PUBLISHED04 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: