e-Registration Pajak dan Kemudahan Dalam Pelaporan Pajak Anda

Kenali e-Registration Pajak dan Dapatkan Kemudahan dalam Pelaporan Pajak Anda

E-Registration pajak merupakan sistem pendaftaran maupun perubahan data Wajib Pajak atau pengukuhan dan pencabutan pengukuhan Pengusaha Kena Pajak lewat fasilitas sistem online yang terhubung langsung dengan Direktorat Jenderal Pajak. Sistem layanan e-Registration yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pendaftaran Wajib Pajak baru untuk mendapatkan Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP).

Sejak tahun 2005, sistem e-registration mulai efektif digunakan, yang dibarengi dengan terbitnya Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor: KEP-173/PJ/2004 pada tanggal 7 Desember 2004 tentang Cara Pendaftaran dan Penghapusan Nomor Pajak Wajib Pajak serta Pengukuhan dan Pencabutan Pengusaha Kena Pajak. Kemudian, sistem e-registration diperbarui dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor: PER-24/PJ/2009 pada tanggal 16 Maret 2009 tentang Tata Cara Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak atau Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak dan Perubahan Data Wajib Pajak atau Pengusaha Kena Pajak melalui sistem e-Registration.

Dengan adanya pembaruan peraturan dari KEP-173//PJ/2004 menjadi PER-24/PJ/2009 menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup berbeda mengenai tata cara pendaftaran melalui sistem e-Registration. Misalnya, dengan adanya perubahan tersebut petugas di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tidak perlu lagi menunggu berkas pendaftaran dari Wajib Pajak untuk melakukan proses validasi NPWP, serta perubahan-perubahan administrative lainnya yang menjadi lebih baik.

Keunggualan e-Registration Pajak

Melalui layanan sistem e-Registration masyarakat dapat meningkatkan efisiensi serta efektifitas dalam proses pendaftaran NPWP secara keseluruhan baik bagi Wajib Pajak maupun petugas pelayanan pajak. Misalnya, penyimpanan data Wajib Pajak menjadi terpusat, memberikan kemudahan prosedur pendaftaran dan pengubahan data bagi Wajib Pajak, melindungi keamanan data Wajib Pajak, dan sebagainya.

Pemaparan tersebut sesuai dengan tujuan pengembangan sistem e-Registration yang meliputi penyediaan kemudahan layanan bagi Wajib Pajak untuk mendaftar, update, maupun menghapus atas informasi apapun serta dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Kemudian meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus menciptakan efisiensi operasional dan administrasi Direktorat Jenderal Pajak, menyediakan fasilitas terkini bagi Wajib Pajak melalui akses digital sehingga dapat mendaftarkan diri secara online, meringankan pekerjaan petugas pajak dalam melayani dan melakukan pemrosesan pendaftaran Wajib Pajak.

Kemudahan Pelaporan Pajak Masa Kini

Berdasarkan ketetapan Direktorat Jenderal Pajak siklus Hak dan Kewajiban tentang pelaporan pajak, telah disinggung tentang hadirnya fasilitas penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak (SPT) Pajak penghasilan (PPh) Wajib Pajak orang pribadi secara online melalui aplikasi e-Filing.

Prosedur penggunaan e-Filing untuk pelaporan dapat dimulai dengan membuka situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada laman pajak.go.id yang merupakan sistem pelaporan SPT melalui internet tanpa lewat pihak lain dan tanpa pungutan biaya apapun. Layanan ini dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak guna memudahkan Wajib Pajak dalam pembuatan dan pelaporan SPT kepada Direktorat Jenderal Pajak secara lebih mudah, cepat dan murah. Dengan adanya e-Filing, Wajib ajak tidak harus lagi menunggu antrean panjang baik di lokasi Dropbox maupun di Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Fasilitas ini merupakan satu terobosan baru dalam sistem pelaporan SPT yang digulirkan oleh Direktorat Jenderal Pajak sehingga Wajib Pajak semakin mudah dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Sampai saat ini, pemanfaatan e-Registration pajak dan pelaporan SPT melalui e-Filing telah banyak diminati masyarakat. Lalu, apakah Anda juga asudah mencobanya?


PUBLISHED17 Jul 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: