Lapor SPT Masa PPh 23 Online lewat Klikpajak - Klikpajak

Lapor SPT Masa PPh 23 Online lewat Klikpajak

Melakukan pelaporan SPT Masa PPh 23 merupakan hal yang wajib dilakukan jika SPT Masa tidak bernilai nihil. Mungkin banyak dari Anda yang hanya mengetahui satu kanal pelaporan online, yaitu dari kanal e-Filing milik DJP. Tapi tahukah Anda terdapat kanal lain yang juga dapat digunakan untuk melaporkan SPT Masa PPh 23 online secara legal, lebih cepat dan praktis?

PPh Pasal 23

Sebelum membahas kanal untuk melaporkan pajak secara online, akan sedikit disinggung terlebih dahulu mengenai apa itu Pajak Penghasilan Pasal 23. PPh Pasal 23 adalah satu jenis pajak yang dikenakan atas penghasilan berupa modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan selain yang telah dipotong PPh Pasal 21. Biasanya beban dikenakan ketika terjadi transaksi antara dua pihak yang melibatkan nilai ekonomi tertentu.

Baca Juga : Perusahaan Wajib Memahami Pelaporan SPT Masa PPh Pasal 23/26 beserta Bukti Pemotongan

 

Cara Pelaporan dengan Mitra Resmi DJP

Mitra resmi DJP untuk pelaporan pajak adalah Klikpajak. Klikpajak sendiri tidak hanya dapat membantu Anda melaporkan SPT saja, namun juga dapat membantu Anda menghitung hingga membayar pajak. Namun khusus kali ini, akan dibahas mengenai cara dan langkah praktis untuk melaporkan SPT Masa PPh 23 online melalui kanal Klikpajak. Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun dan mendaftar di Klikpajak. Buka situs klikpajak.id, lalu ikuti langkah pendaftaran.
  • Setelah selesai, daftarkan e-Filing Anda pada layanan Klikpajak.
  • Ketiga, setelah membuat akun dan mendaftarkannya, Anda akan diantarkan menuju dashboard akun milik Anda.
  • Pilih menu ‘Prepare Tax’.
  • Pilih ‘Lapor Pajak’, lalu pilih ‘SPT Normal’ untuk pelaporan SPT Anda.
  • Setelah selesai, klik kolom kosong di bagian bawah dan pilih untuk ‘Masa PPh 23/26’.
  • Lanjutkan dengan memilih bulan atau masa pajak yang ingin Anda laporkan, klik ‘Lanjutkan’.
  • Halaman berikutnya akan berisi pertanyaan, apakah Anda akan melakukan penghitungan terlebih dahulu atau langsung melaporkan SPT Anda. Pada contoh ini, dimisalkan Anda sudah memiliki file CSV dan PDF dari SPT Masa PPh 23 yang Anda akan laporkan. Tandai pilihan kedua, dan klik ‘Lanjutkan’.
  • Pada halaman selanjutnya Anda akan ditawarkan bantuan untuk pelaporan. Untuk mempermudah, tandai pilihan pertama dan klik ‘Lanjutkan’.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda tinggal melakukan upload pada file SPT Masa PPh 23. Masukkan file CSV pada bagian kanan dan file PDF pada bagian kiri. Setelah selesai, klik ‘Lanjutkan’.
  • Akan muncul pemberitahuan ‘Upload SPT Berhasil’, lalu Anda akan menerima email konfirmasi tanda selesainya proses ini.
  • Bukti lapor juga akan dikirimkan dalam waktu singkat setelah proses tersebut selesai, langsung ke email yang didaftarkan.
  • Untuk memeriksa status pelaporan pajak, Anda bisa memilih menu ‘Status Pajak’ pada bagian dashboard awal Anda. Anda akan menemukan semua transaksi yang telah dilakukan.
  • Untuk mengunduh NTTE, Anda bisa langsung klik pada tautan yang tersedia di tabel tersebut.

Demikianlah cara lapor SPT Masa PPh 23 online dari kanal Klikpajak.

Baca Juga : 4 Kategori Pembetulan SPT Masa PPN Lebih Bayar

 

Keunggulan Klikpajak

Karena merupakan mitra resmi DJP Online, maka setiap transaksi yang dilakukan pada kanal Klikpajak akan bersifat valid dan sah. Anda tidak perlu khawatir mengenai kesesuaian prosedur dengan aturan yang berlaku. Karena secara rutin layanan ini akan selalu melakukan update menyesuaikan regulasi terbaru yang berlaku di Indonesia.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh layanan Klikpajak adalah interface yang modern dan mudah digunakan. Sehingga dapat membuat transaksi administrasi perpajakan lebih menyenangkan. Dengan username dan password unik, akun Anda akan terjamin keamanannya dan data penting dalam arsip tersebut tidak akan bocor. Ini tentu penting untuk wajib pajak yang memiliki laporan atau transaksi pajak yang bersifat rahasia.

Pembayaran pajak yang tepat waktu dan tepat hitung bisa diwujudkan dengan penggunaan Klikpajak. Segera manfaatkan Klikpajak untuk pengadministrasian pajak Anda, dan jadilah wajib pajak yang taat pajak!


PUBLISHED18 Sep 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: