Bayar Pajak Online Jadi Mudah dan Praktis dengan e-Billing - Klikpajak

Bayar Pajak Online Jadi Mudah dan Praktis dengan e-Billing

Apakah Anda tahu dari mana asal dana yang digunakan negara untuk menjalankan pembangunan? Bila pertanyaan tersebut dijawab dengan kata “pajak”, selamat Anda telah menjawabnya dengan benar. Pajak untuk pembangunan negara dipungut dari penduduknya. Pembangunan nasional dilaksanakan dengan memanfaatkan pendapatan utama berupa pajak. Agar pembangunan nasional dapat berjalan lancar, maka pajak yang diambil negara dari rakyat harus sesuai dengan target. Terhambatnya pembangunan nasional berarti melambatnya pertumbuhan kesejahteraan rakyat, karena itu aliran pajak harus dijaga agar selalu sesuai dengan target.

Bentuk pajak bisa berwujud macam-macam. Anda bisa melihat di lingkungan sekitar atau kehidupan sehari-hari. Misalnya saja pajak kendaraan bermotor, pajak penghasilan, pajak bumi dan pembangunan, pajak pendapatan negara, dan lain sebagainya. Berbagai jenis pajak tersebut akan diatur alokasinya sehingga dapat digunakan untuk membiayai program pembangunan secara tepat-guna. Bila negara sudah mengatur dengan seksama, maka tugas selanjutnya adalah ajakan kepada masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu.

Manfaat Pajak

Apakah kehadiran pajak hanya digunakan untuk membiayai pembangunan nasional? Ternyata tidak hanya itu saja. Ada berbagai manfaat lain yang diperoleh dengan penerapan sistem pajak. Misalnya saja sebagai berikut ini:

  • Penerimaan pajak digunakan untuk biaya pengeluaran non-produktif dan non-self liquidating, asalkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Biasanya seperti agenda pembangunan media pembelajaran akan sejarah seperti monumen atau destinasi wisata.
  • Penerimaan pajak digunakan untuk pengeluaran produktif. Contohnya yang bisa diliha dengan mudah adalah pembangunan infrastruktur, mengisi anggaran pendidikan, kesehatan, pertanian, dan lain sebagainya.
  • Pajak pada intinya digunakan negara membiayai semua bentuk pengeluaran yang sifatnya self-liquidating dan pengeluaran-pengeluaran lainnya. Contoh gampang yang mudah ditemui adalah pembangunan sarana dan prasarana, serta mendongkrak produksi barang juga jasa untuk tujuan ekspor.
  • Ada juga alokasi pajak yang sengaja dikhususkan untuk pembiayaan non-produktif, namun diperlukan keberadaannya agar negara dapat berdaulat. Misalnya saja pengadaan senjata, sarana militer, penguatan ketahanan negara, serta aktivitas sosial untuk menunjang kehidupan warga miskin atau membutuhkan.

Itu adalah empat manfaat yang dijumpai dari penerapan pajak. Mungkin Anda tidak dapat melihat dan menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut secara langsung. Sebabnya karena fasilitas-fasilitas negara tersebut dibangun dengan mempertimbangkan skala prioritas kebutuhan masyarakat di berbagai daerah. Misalnya wilayah Indonesia Timur membutuhkan pembangunan jalur-jalur transportasi, maka wilayah tersebut akan didahulukan daripada wilayah-wilayah lain. Contoh lainnya adalah fasilitas-fasilitas umum, infrastruktur, dana dan jaringan sosial, militer, subsidi bahan bakar minyak, juga masih banyak lagi lainnya.

Ikut membangun negara dengan menjentikkan jari, bayar pajak lewat online

Pajak memang penting karena berpengaruh pada hajat hidup orang banyak. Tak ayal negara selalu berupaya melakukan ajakan kepada masyarakat agar peduli dan taat pajak. Berbagai kemudahan pembayaran juga ditawarkan, salah satunya dengan cara pembayaran pajak online bernama e-Billing. Anda tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor pajak dan ikut mengantri di antrian yang menghabiskan waktu. Jauh lebih mudah menggunakan jari untuk mengetuk layar smartphone. Direktorat Jenderal Pajak menjelaskan bahwa e-Billing adalah metode pembayaran pajak dengan alat elektronik melalui pemanfaatan kode billing atau ID billing sebagai akun untuk pencatatan dan membayar pajak.

Billing system atau sistem penagihan ialah sistem yang mengeluarkan kode billing sebagai pembayaran atau penyampaian pendapatan negara dengan alat elektronik. Masyarakat tidak perlu lagi membuat surat setoran seperti SSP, SSBP, atau SSPB secara manual. Direktorat Jenderal Pajak membuat terobosan ini sebagai upaya pelayanan kepada masyarakat yang menyumbang pembangunan negara. Terlebih sistem yang digunakan telah teruji mampu memberikan manfaat pembayaran pajak dengan lebih mudah, cepat, akurat, serta aman. e-Billing memanfaatkan sistem dengan basis MPN-G2 untuk memfasilitasi fitur-fitur pembayaran pajak online.

Kegunaan e-Billing sebagai metode pembayaran pajak online

Ada banyak kegunaan e-Billing sebagai metode pembayaran pajak online. Kegunaan yang paling terasa sebagai berikut ini.

  • Transaksi terjadi secara real-time sehingga data, log, dan hasil transaksi akan tersimpan rapi di sistem DJP. Risiko kehilangan data akibat kesalahan manusia (human error) dapat diminimalisir.
  • Kesalahan pencatatan transaksi dan berbagai data lain dapat dikurangi karena sistem online yang bersifat terpadu. Data serta catatan dari berbagai wilayah dapat dicek dari berbagai tempat sehingga memudahkan pemantauan.
  • Masyarakat dapat membayar pajak dari mana saja dan kapan saja. Tidak perlu lagi kelimpungan karena harus menyesuaikan jadwal. Manfaat ini akan sangat terasa untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Kalau sudah yakin dengan manfaat e-Billing, lalu bagaimana cara menggunakannya?

Jawabannya sangat mudah dan sederhana. Anda hanya memerlukan dua langkah utama yang perlu dilaksanakan. Pertama, para wajib pajak harus memiliki identitas digital mereka di e-Billing, yaitu dengan membuat kode billing atau ID billing. Setelah Anda memperoleh kode billing atau ID billing, Anda baru bisa melakukan pembayaran pajak online.

Cara mendapatkan kode billing atau ID billing

Kode billing atau ID billing bisa diperoleh melalui tujuh langkah berikut ini.

  • Manfaatkan aplikasi resmi dari Direktorat Jenderal Pajak, misalnya KlikPajak. Aplikasi tersebut merupakan mitra resmi yang terdaftar telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak. KlikPajak juga sering disebut sebagai Application Services Provider atau agen pajak yang bidang kerjanya telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. KlikPajak mendapat izin membuat ID Billing dengan surat resmi dari Direktorat Jenderal Pajak.
  • Anda juga bisa menggunakan jasa perbankan lewat teller resmi yang telah ditunjuk. Bank-bank yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak tersebut antara lain BNI, Mandiri, Citibank, BCA, dan BNI. Kantor Pos Indonesia pun termasuk di dalamnya meskipun bidang usahanya bukan perbankan.
  • Situs resmi Direktorat Jenderal Pajak di laman “https://www.sse.pajak.go.id”.
  • Khusus bagi pengguna provider Telkomsel, dapat memanfaatkan ponsel mereka untuk mendapatkan ID billing dengan menekan “*141*500#”.
  • Layanan billing juga bisa dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Selain itu, layanan ini juga bisa Anda akses di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).
  • Beberapa bank juga menyediakan layanan billing lewat internet banking.

Setelah kode billing ada di tangan, Anda baru dapat membayar pajak online

Ketika Anda telah selesai melaksanakan salah satu dari tujuh cara untuk mendapatkan billing pada poin ke empat, Anda bisa melangkah ke tahap pembayaran pajak. Pastikan dulu Anda mencatat kode billing Anda dengan benar agar tidak terjadi masalah di kemudian waktu. Pembayaran bisa dilakukan melalui:

  • Internet banking
  • Mobile banking (baru bisa dimanfaatkan oleh sebagian nasabah perbankan seperti BPD Bali karena tidak semua bank menyediakannya).
  • Agen branchless banking.
  • Aplikasi resmi seperti KlikPajak dengan memanfaatkan fitur bayar pajak online (nasabah BNI serta CIMB Niaga).
  • Teller atau ATM bank yang resmi bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak.
  • Kantor pos terdekat di kota Anda.

Itulah informasi mengenai pembayaran pajak online yang memiliki banyak kemudahan. Selamat berpartisipasi untuk pembangunan negara dengan membayar pajak secara tepat waktu. Tidak ada lagi alasan repot berkat teknologi online. Anda juga bisa menyerahkan berbagai urusan pajak pada aplikasi Klikpajak. Klikpajak merupakan mitra resmi Dirjen Pajak untuk menghitung, bayar, serta lapor pajak. Segera bergabung dan coba registrasi gratis sekarang!


PUBLISHED29 Jan 2020
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: