Aplikasi Pajak Terbaru 2019, Klikpajak Juaranya - Klikpajak

Aplikasi Pajak Terbaru 2019, Klikpajak Juaranya

Dalam rangka memfasilitasi wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya, pihak Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia membuka kanal kerjasama dengan pihak swasta. Tujuannya sederhana, untuk menyediakan kanal sebanyak-banyaknya demi tercapainya wajib pajak yang taat pajak. Aplikasi pajak terbaru 2019 kemudian bermunculan dan menjadi alternatif lain disamping kanal DJP Online dan beberapa kanal lain yang secara resmi disediakan oleh dinas tersebut.

Pada dasarnya, penggunaan berbagai kanal yang berbeda memiliki prosedur yang serupa. Baik untuk proses penghitungan, pembayaran hingga pelaporan. Kanal-kanal ini memiliki prosedur serupa dengan apa yang dilaksanakan DJP. Pasalnya, kanal ini harus melalui seleksi ketat untuk mendapatkan sertifikasi dari DJP sebagai kanal atau aplikasi penyedia jasa perpajakan di Indonesia.

Kanal utama yang digunakan untuk melakukan administrasi perpajakan adalah situs resmi DJP Online. Di samping kanal resmi dari pemerintah tersebut, ada beberapa kanal lain yang bisa digunakan. Ada kanal yang disediakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (pada https://eform.bri.co.id), kemudian ada yang disediakan PT. Sarana Prima Telematika (pada www.spt.co.id), PT. Mitra Pajakku (pada www.pajakku.com) dan tentu situs yang tengah Anda akses saat ini, Klikpajak.id. Berikut penjelasan singkat masing-masing kanal tersebut.

1. DJP Online

Merupakan kanal resmi yang diluncurkan dan dikelola oleh pemerintah untuk bidang perpajakan di Indonesia. Situs ini memiliki beberapa fitur lain untuk pengadministrasian pajak, mulai dari pembayaran pajak hingga pelaporan pajak. Masing-masing situs digunakan sesuai peruntukannya dan tidak dikenakan biaya karena merupakan layanan publik.

Cara menggunakannya cukup mudah dan cenderung menjadi template untuk semua kanal lain. Anda tinggal mengakses situs DJP Online, memasukkan NPWP dan kata sandi yang Anda miliki, klik bagian e-Filing, lakukan pengisian secara online atau dengan mengunduh formulirnya, lanjutkan dengan klik ‘Lapor’.

Baca juga: Cara Mengisi SPT Online Anda melalui E-Filing

2. BRI

Bank ini sendiri menjadi satu-satunya bank yang memiliki layanan e-Filing. Dikembangkan sejak tahun 2014 dan pertama digunakan untuk karyawan internal BRI. Karena berbasis online, situs ini dapat digunakan selama 24 jam penuh.

Cara menggunakannya juga sederhana. Pertama-tama, harus melakukan registrasi dan pembuatan akun, kemudian login ke aplikasi yang disediakan. Daftar dan simpan digital certificate yang Anda dapat, lalu untuk file CSV dapatkan referensi pembayaran biaya. Bayar biaya yang tercantum, ajukan data pelaporan pajak. Selanjutnya Bukti Penerimaan Elektronik dan Nomor Tanda Transaksi Elektronik akan dikirimkan langsung ke email Anda.

3. Pajakku

Fitur e-Filing yang dimiliki kanal ini merupakan fitur berbayar yang bersifat premium. Sedikit berbeda dengan penyedia jasa lainnya, kanal ini cenderung digunakan untuk wajib pajak yang memerlukan akses dan layanan sesuai dengan harganya.

Cara penggunaan e-Filing layanan ini adalah dengan membuka e-Filing milik Pajakku, kemudian pilih daftar atau login dengan akun yang sudah Anda miliki, masuk ke halaman dashboard perusahaan, dan lanjutkan dengan menu e-Filing dan pengisian formulir yang tersedia.

4. SPT

PT. Sarana Prima Telematika melalui  www.spt.co.id, menyediakan beberapa fitur seperti lapor pajak online, konsultasi pajak dan layanan data info online. Penggunaannya sebenarnya hampir sama, dengan melakukan pendaftaran akun. Kemudian pilih layanan yang Anda perlukan. Setelah itu bayar biaya keanggotaan, pilih metode pembayaran dan unduh aplikasi dan lakukan pengisian e-Filing.

5. Klikpajak.id

Klikpajak sendiri berada pada pengelolaan Mekari yang juga dapat diintegrasikan dengan layanan lain seperti Sleekr dan Talenta serta Jurnal. Keempat layanan ini dapat dihubungkan sehingga pengelolaan gaji karyawan dapat sekaligus diintegrasikan dengan pengelolaan pajak yang harus ditanggungnya. Tidak hanya itu, Klikpajak juga dapat digunakan wajib pajak badan maupun pribadi untuk keperluan pelaksanaan kewajiban perpajakannya.

Penggunaannya sangat mudah dan bersahabat dengan pengguna baru. Lakukan pendaftaran dan pembuatan akun, kemudian login dengan akun tersebut. Setelah itu, Anda tinggal memilih layanan apa yang ingin Anda gunakan. Jika perlu bantuan dalam menghitung besaran tanggungan pajak, Anda bisa menggunakan layanan hitung pajak. Begitu pula untuk layanan bayar pajak dan lapor pajak yang juga tersedia dengan lengkap.

Prosedur yang dilakukan cukup mudah dan bisa langsung Anda praktikkan setelah Anda selesai membaca artikel ini. Satu hal yang pasti, Klikpajak merupakan mitra layanan resmiDJP dan dapat digunakan secara gratis seumur hidup. Kelebihan yang dimiliki adalah pada sistem pengarsipan yang sangat rapih yang disediakan untuk masing-masing akun yang terdaftar. Sistem ini memungkinkan Anda melihat riwayat transaksi yang Anda lakukan selama menggunakan Klikpajak.

Karena memiliki banyak kelebihan, Klikpajak menjadi rekomendasi aplikasi pajak terbaru 2019 yang dapat diandalkan. Klikpajak kini memiliki tampilan yang lebih segar dan ramah pada pengguna. Sehingga sangat direkomendasikan untuk wajib pajak, baik pemula maupun senior. Segera gunakan Klikpajak, dan laksanakan kewajiban perpajakan Anda dengan mudah!


PUBLISHED29 Aug 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: