Pembetulan SPT Masa PPN sebelum E-Faktur, Bagaimana? - Klikpajak

Pembetulan SPT Masa PPN sebelum E-Faktur, Bagaimana?

Hingga kini masih dijumpai Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang mengalami trial and error dalam penggunaan aplikasi e-Faktur. Lalu, bagaimana cara melakukan pembetulan SPT Masa PPN 2019 sebelum adanya aplikasi e-Faktur pajak? Simak artikel berikut ini dengan baik.

 

Apa itu SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai?

SPT Masa PPN merupakan bentuk laporan Pajak Pertambahan Nilai yang wajib diisi dan dilaporkan oleh Pengusaha Kena Pajak setiap bulannya. Form pelaporan ini digunakan untuk melaporkan penghitungan jumlah pajak, baik untuk Pajak Pertambahan Nilai maupun Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang terutang. Artikel ini akan membahas mengenai cara melaporkan SPT Masa PPN menggunakan aplikasi e-Faktur. E-Faktur merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat dan menerbitkan Faktur Pajak Elektronik atau Bukti Pungutan PPN secara elektronik. Pengisian faktur pajak elektronik ini dilakukan secara online melalui aplikasi atau website.

Apabila dalam SPT Masa PPN yang telah Anda siap laporkan terdapat perubahan atau pembatalan transaksi, Anda wajib melakukan pembetulan. Pembetulan wajib dilakukan wajib pajak sebagai wujud tanggung jawab atas setiap detail informasi yang tertuang dalam SPT Masa PPN. Termasuk nomor seri yang akan digunakan untuk menerbitkan faktur pajak dalam proses pelaporan masa.

SPT PPN seringkali masih dianggap rumit dan ribet oleh sebagian wajib pajak. Faktor penyebabnya mungkin karena persyaratan dokumen yang wajib dipersiapkan dalam mengurus penerbitan e-Faktur. Selain itu, direktur perusahaan bersangkutan juga diharuskan mendatangi kantor pajak untuk membuat passphrase dan password e-Nofa hingga verifikasi sertifikat elektronik. Lalu bagaimana melakukan pembetulan SPT Masa -PPN sebelum diterbitkannya aplikasei e-Faktur?

 

Dasar Hukum Pembetulan SPT Masa PPN sebelum E-Faktur

Ketika Anda akan melakukan pembetulan SPT Masa PPN sebelum e-Faktur, Anda dapat memahami terlebih dahulu peraturan perpajakan berikut ini.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-29/ PJ/2015

Bunyi Pasal 5 Ayat 1: “PKP yang diwajibkan membuat  e-Faktur sebagaimana ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak wajib membuat SPT Masa PPN 1111 dengan menggunakan aplikasi e-Faktur yang telah ditentukan dan/ atau disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak.”

Bunyi Pasal 15: “Dalam hal PKP adalah PKP yang diwajibkan membuat e-Faktur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 melakukan pembetulan SPT Masa PPN untuk Masa Pajak sebelum Masa Pajak dimulainya kewajiban membuat e-Faktur, pembetulan dilakukan dengan menggunakan formulir SPT Masa PPN yang sama dengan formulir SPT Masa PPN yang dibetulkan.”

Sesuai dengan bunyi pasal di atas, Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER – 29/ PJ/2015 dapat ditarik kesimpulan. Kesimpulannya, jika Anda akan melakukan pembetulan -SPT Masa PPN sebelum e-Faktur atau sebelumnya Anda menggunakan aplikasi e SPT PPN 1111, maka Pembetulan dapat Anda lakukan menggunakan aplikasi e-SPT PPN 1111. Nah, apabilan pembetulan SPT Masa PPN 2019 telah Anda selesaikan, silahkan lakukan pembetulan SPT dengan aplikasi e-SPT PPN 1111.

 

Cara Install E-SPT PPN 1111: Pembetulan SPT Masa PPN 2019 sebelum E-Faktur

Anda masih diperbolehkan menggunakan aplikasi e-SPT PPN 1111 ketika akan melakukan pembetulan SPT Masa PPN 2019 sebelum adanya aplikasi e-Faktur.

Aplikasi E-SPT PPN 1111 Versi 1.5

Aplikasi e-SPT PPN 1111 versi 1.5 adalah update dari aplikasi e-SPT PPN 1111 versi 1.4. E-SPT PPN 1111 merupakan versi terakhir yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Aplikasi ini adalah aplikasi perpajakan yang digunakan untuk membantu wajib pajak dalam pembuatan SPT PPN sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Patch E-SPT PPN 1111 versi 1.5 berupa perbaikan penjumlahan pada lampiran AB dan induk SPT dapat dilakukan secara otomatis tanpa harus posting ulang. Pastikan E-SPT PPN 1111 versi 1.4 telah ter-install terlebih dahulu sebelum menjalankan patch update ini.

Selengkapnya baca di sini

 

Segera penuhi segala kewajiban perpajakan Anda. Hindari sanksi administrasi karena terlambat lapor. Daftar Klikpajak sekarang juga agar Anda bisa lapor pajak GRATIS selamanya tanpa dipungut biaya tambahan dan Anda akan memperoleh Bukti Lapor resmi karena Klikpajak merupakan mitra resmi DJP. Daftar sekarang juga di sini!

 


PUBLISHED18 Oct 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: