Bagaimana Cara Mendapatkan EFIN Pajak Pribadi dan Badan?

Cara Mendapatkan EFIN Pajak Pribadi dan Badan

EFIN atau Electronic Filing Identification Number merupakan nomor identitas bagi Wajib Pajak Orang Pribadi maupun Badan yang digunakan pada saat registrasi pendaftaran akun DJP online atau akun ASP resmi Dirjen Pajak, KlikpajakEFIN pajak Badan merupakan e-FIN yang dibuat dan diperuntukkan bagi Wajib Pajak Badan Usaha atau perusahaan. EFIN pajak Badan ini berbeda dengan EFIN pajak Pribadi. Akan tetapi, dalam mengajukan permohonannya hamper sama dan tidak ada perbedaan. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan EFIN.

Cara Mendapatkan EFIN Pajak

Ketahui Syarat EFIN Badan 2019 sebelum Mendaftar

Tata cara pengajuan Kode Electronic Filing Identification Number Badan tidak berbeda jauh dengan pengajuan E-FIN Pribadi. Anda dapat dengan mudah dan cepat mendapatkannya dalam satu hari kerja. Berikut ini tata cara pengajuannya:

a. Isi Formulir Permohonan

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengisi, menandatangani, dan menyampaikan formulir  permohonan aktivasi EFIN. Permohonan dilakukan secara langsung dengan mendatangi Kantor Pelayanan Pajak tempat Anda terdaftar. Permohonan aktivasi EFIN ke KPP tidak dapat diwakilkan oleh orang lain. Kecuali bagi karyawan, permohonan dapat dilakukan secara kolektif. Sebelum datang ke KPP, Anda dapat mengisi formulir sesuai format formulir E-FIN. Pengajuan E-Fin juga dapat Anda lakukan melalui aplikasi Klikpajak dan secara otomatis Anda akan terdaftar pada sistem e-filing DJP Online.

b. Siapkan Dokumen Persyaratan Permohonan EFIN

Wajib pajak harus menyiapkan sesegera mungkin beberapa dokumen untuk permohonan EFIN. Berikut ini adalah beberapa dokumen asli yang wajib dibawa dan ditunjukkan oleh pengurus perusahaan serta menyerahkan fotokopi:

Wajib Pajak Pribadi

  1. Formulir aktivasi EFIN Pajak yang telah lengkap.
  2. Alamat email aktif
  3. KTP asli dan fotokopi bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA.
  4. Kartu NPWP asli dan fotokopi.

Wajib Pajak Badan (Kantor Pusat)

  1. Surat Penunjukan atau surat kuasa pengurus yang bersangkutan untuk mewakili badan/perusahaan dalam rangka memenuhi dan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
  2. Menyiapkan identitas diri, berupa KTP bagi pengurus Warga Negara Indonesia, dan KITAS atau KITAP dalam hal pengurus merupakan Warga Negara Asing.
  3. Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar atas nama pengurus.
  4. Kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar atas nama Wajib Pajak Badan.

Wajib Pajak Kantor Cabang

  1. Kartu NPWP atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar) wajib pajak kantor cabang.
  2. Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.
  3. Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi Warga Negara Indonesia dan KITAS atau KITAP bagi Warga Negara Asing).
  4. Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang.
  5. Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari WP badan.

 c. Pengurus Menyampaikan Alamat Email Aktif

Pengurus sebagai wakil badan atau perusahaan juga harus menyampaikan alamat email yang aktif sebagai sarana komunikasi dua arah dengan pihak Kantor Pelayanan Pajak.

 d. Registrasi EFIN Pajak Anda

Setelah Anda mendapat kertas e-FIN, maka segeralah lakukan aktivasi dengan mengakses djponline.pajak.go.id atau pada website Klikpajak. ikuti tahapan atau prosedur registrasi yang tertera dengan benar dan lengkap.

e. Lakukan Efiling SPT Tahunan Pribadi dan Badan Anda di Klikpajak

Tahap terakhir, lakukan pelaporan SPT Tahunan Pajak Pribadi dan Badan Anda secara onine melalui efiling Klikpajak. Buatlah akun efiling Anda dan daftarkan EFIN Anda di Klikpajak. Ikuti panduan melaporkan SPT Tahunan Badan dan panduan melaporkan SPT Tahunan Pribadi.

Bagaimana Cara Mendapatkan EFIN yang Hilang?

Perlu Anda ketahui, terdapat cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencari dan mendapatkan kembali E-FiN yang hilang.

  1. Bongkar berkas perpajakan Anda. Carilah dengan teliti, mungkin saja kertas yang memuat informasi EFIN Anda terselip.
  2. Cek kembali Inbox notifikasi email Anda, ketik “EFIN” pada kolom Search.
  3. Bagi Anda Wajib Pajak Orang Pribadi, segera telepon Kring Pajak 1500200. Siapkan juga Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan konfirmasi data diri Anda.
  4. Namun, apabila Anda tidak mendapatkan E-FiN Anda dengan cara-cara di atas, silahkan datang kembali ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat bagi Wajib Pajak Orang Pribadi dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdaftar bagi Wajib Pajak Badan atau Bendahara. Jangan lupa membawa fotokopi KTP dan NPWP beserta dokumen aslinya untuk meminta cetak ulang Electronic Filing Identification Penuhi segala persyaratan Aktivasi E-FIN sebagaimana telah diatur dalam PER-06/PJ/2018. Selamat mencoba!

 


PUBLISHED13 Sep 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: