Penggunaan Layanan Perpajakan Terkait dengan Surat Setoran Elektronik

Penggunaan Layanan Perpajakan Terkait dengan Surat Setoran Elektronik

Dalam membayar, melapor, dan menyetor pajak, Anda wajib memiliki bukti bahwa Anda telah melakukan transaksi tersebut. Tujuannya sederhana, ketika di kemudian hari diperiksa oleh dinas terkait, Anda bisa dengan mudah menunjukkan bukti sah bahwa Anda telah melakukan kewajiban Anda. Awalnya bukti ini dikenal dengan Nomor Transaksi Penerimaan Negara atau NTPN. Pada era sekarang, bukti ini berupa Surat Setoran Elektronik atau SSE, yang bisa dibuat pada aplikasi atau layanan pembayaran pajak.

Surat Setoran Elektronik sendiri dinilai memudahkan proses pembayaran dan penyimpanan arsip yang ada karena semua berbasis online. Untuk pembuatan SSE, upayakan memilih layanan atau aplikasi yang memenuhi beberapa syarat berikut ini.

Layanan atau Aplikasi Berbasis Cloudstore atau Online

Aplikasi atau layanan yang berorientasi pada cloudstore tentu akan memudahkan proses pembayaran dan penyimpanan arsip SSE yang menjadi kewajiban Anda dan perusahaan. Kemudahan akses yang diberikan menjadi satu faktor utama mengapa Anda harus memastikan layanan tersebut berbasis cloudstore. Dengan demikian, selama Anda terhubung dengan internet, Anda bisa mengakses berkas dan melakukan pembayaran kapanpun dan dimanapun tanpa harus datang ke kantor pajak secara langsung. Beberapa layanan dan aplikasi kini telah banyak bermunculan dan menggunakan cloudstore sebagai basis penyimpanan datanya sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan poin pertama ini.

Pastikan Verifikasi dari Dirjen Pajak atau Dinas Terkait, Jadi Keamanan Data Terjamin

Periksa apakah layanan yang akan Anda gunakan untuk membuat SSE merupakan layanan mitra resmi dari dinas terkait seperti Dirjen Pajak. Hal ini penting untuk menghindari penyalahgunaan data yang Anda masukkan terkait perusahaan dan karyawan, yang tentu merupakan data penting dan sensitif. Biasanya aplikasi atau layanan perpajakan yang telah memiliki verifikasi resmi akan menunjukkannya pada halaman depan situsnya.

Selain menjamin keamanan, verifikasi dari Dirjen Pajak juga menjamin bahwa setiap proses yang Anda lakukan sesuai dengan regulasi yang berlaku sehingga tidak terjadi kesalahan pada proses pembayaran yang dilakukan. Proses pembayaran yang kerap kali jadi titik kesalahan adalah belum ter-update-nya sistem pada layanan dan sesuai dengan regulasi terbaru.

Layanan Terintegrasi dengan Berbagai Fitur Lain, Lebih Praktis

Layanan pembayaran pajak juga menyediakan berbagai fitur lain disamping pembuatan Surat Setoran Elektronik. Misalnya saja pembayaran pajak penghasilan, atau pajak pertambahan nilai. Pastikan dahulu fitur yang ditawarkan lengkap dan cukup banyak sehingga Anda tidak perlu menggunakan beberapa layanan untuk mengurus pajak perusahaan Anda. Dengan menggunakan satu layanan yang lengkap dan terintegrasi, Anda bisa sangat menghemat waktu pengurusan pajak dan SSE. Tentu, optimalnya penggunaan waktu bisa menjadi satu faktor besar meningkatnya produktivitas perusahaan Anda. Bayangkan dengan menggunakan satu layanan saja Anda bisa menyelesaikan semua urusan perpajakan mulai dari input data, proses pembayaran, hingga penyimpanan arsip penting seperti SSE.

Biaya yang Masuk Akal dan Layanan Berjangka Waktu Lama

Penggunaan layanan perpajakan online tentu harus pula mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk penggunaannya. Terlebih mungkin jika terdapat layanan yang gratis dan bisa digunakan selama diperlukan, tentu harus sangat dipertimbangkan penggunaannya.

Selain biaya yang masuk akal, pastikan juga layanan tersebut bisa menyimpan data Anda dengan aman dan dan mudah diakses. Kelebihan utama penggunaan aplikasi atau layanan perpajakan adalah penyimpanan arsipnya yang rapi, mudah diakses dan tidak perlu khawatir keamanannya. Pastikan layanan yang Anda pilih memenuhi tiga hal tersebut sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan di kemudian hari.

Jika keempat hal di atas bisa dipenuhi, maka selayaknya Anda memutuskan dengan bijak sesuai keperluan mengenai layanan apa yang Anda akan pakai. Pentingnya penyimpanan serta pembuatan Surat Setoran Elektronik menjadikan layanan perpajakan banyak dipilih untuk membantu memenuhi kewajiban perusahaan di bidang perpajakan. Salah satu layanan yang memiliki fitur lengkap, terverifikasi, dan mudah digunakan adalah Klikpajak. Berbagai fitur yang ada dalam Klikpajak memungkinkan Anda untuk menyelesaikan urusan perpajakan pada satu layanan ini saja. 


PUBLISHED27 Dec 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: