Taat Bayar Pajak & Dapatkan 4 Manfaat Pajak Berikut Ini!

Taat Bayar Pajak & Dapatkan 4 Manfaat Pajak Berikut Ini!

Pajak merupakan iuran atau kontribusi wajib yang dibayarkan oleh masyarakat kepada pemerintah. Apabila pemasukan dari pajak menurun, maka pembangunan Negara juga akan tersendat. Namun, apabila pendapatan pajak negara selalu meningkat, maka pembangunan dapat berjalan lancar.

Pajak adalah sumber utama penerimaan negara. Namun, bagi Pengusaha Kena Pajak, melakukan pembayaran pajak merupakan beban yang harus ditanggung. Walaupun masih banyak pengusaha yang belum tertib pajak dengan bermacam alasan, sesungguhnya menyetorkan pajak kepada negara memberikan banyak manfaat. Berikut manfaat membayar pajak bagi pengusaha.

  1. Pengelolaan Keuangan Menjadi Lebih Baik

Alasan yang membuat pengusaha seringkali mengalami kerugian disebabkan akibat pengelolaan keuangan yang kurang baik dalam bisnisnya. Untuk pengusaha yang terjun pada Usaha Kecil Menengah (UKM), akan dibebankan pajak khusus UKM yang lebih ringan dibandingkan pajak usaha pada umumnya. Dengan memenuhi pembayaran pajak dengan melakukan budgeting dari omzet tiap bulan, maka secara tidak langsung Anda berupaya melakukan pengelolaan keuangan yang baik.

  1. Citra Bisnis Anda Tampak Lebih Profesional

Manfaat lain dari membayar pajak secara tidak berdampak pada citra bisnis Anda. Jika administrasi bisnis Anda rapi, maka distributor maupun konsumen akan menilai bisnis Anda profesional. Sebagai contoh, jika Anda bergerak dalam bisnis di bidang manufaktur, maka kepemilikan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) merupakan salah satu bagian paling penting dalam surat kerjasama kontrak dengan distributor atau konsumen. Apabila Anda tidak memiliki NPWP, otomatis Anda tidak melakukan pembayaran pajak sehingga maka perusahaan Anda bisa saja dipandang tidak profesional.

  1. Akses Mendapatkan Pinjaman Lebih Mudah

Manfaat membayar pajak yang lain yaitu memudahkan Anda mendapat pinjaman dari Bank untuk pengembangan bisnis Anda. Sebab kepemilikan NPWP menjadi salah satu persyaratan mengajukan pinjaman. Sehingga jika Anda telah memiliki NPWP dan memiliki reputasi yang tertib dalam membayar pajak, bisnis yang Anda jalankan dinilai profesional dan layak mendapatkan pinjaman.

  1. Menjaga Kestabilan Ekonomi Negara

Dana yang didapat dari pajak akan digunakan oleh pemerintah untuk mengatur menjaga stabilitas perekonomian negara. Pajak bisa berperan sebagai alat stabilitas ekonomi dalam berbagai kondisi yang dianggap mengancam keberlangsungan perekonomian Negara. Melalui pajak, pemerintah memiliki banyak pilihan dalam membuat dan menerapkan kebijakan karena adanya dukungan keuangan negara yang cukup.

Misalnya seperti barang-barang impor yang dikenai pajak tinggi oleh pemerintah, tidak lain untuk menjaga dan melindungi produksi dalam negeri agar mampu bersaing di pasar dunia. Selain itu, dalam upaya menjaga nilai tukar rupiah serta menjaga dari peluang terjadinya defisit yang terus melebar. Pemerintah juga menetapkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap produk-produk mewah impor. Sehingga nantinya kuantitas impor barang mewah yang berperan dalam kontribusi besar terhadap neraca perdagangan akan berkurang secara perlahan.

Melalui ilustrasi tersebut, sebetulnya pajak tidak semata-mata menjadi beban bagi pengusaha. Sebaliknya, para pengusaha dapat memperoleh keuntungan yang berlipat dari kebijakan yang ditetapkan dengan dana pajak. Pengusaha Indonesia dapat mengembangkan bisnisnya untuk terus bertumbuh dan bersaing dengan barang-barang produksi impor. Selain itu,  pengusaha juga berperan serta dalam menstabilkan perekonomian negara dan membantu pembangunan perekonomian nasional.

Melakukan pembayaran pajak merupakan keharusan bagi setiap pengusaha. Namun, terkadang pengusaha masih sering melupakan kewajiban memabayar pajak dengan berbagai alasan, salah satunya adalah tidak memiliki laporan keuangan. Padahal, laporan keuangan amat penting agar perusahaan dapat menentukan berapa besar jumlah pajak yang harus ditanggung.

Maka dari itu, Anda dapat mulai mengelola laporan keuangan Anda mulai dari sekarang. Selanjutnya menjalankan kewajiban pembayaran pajak atas usaha yang Anda miliki untuk mendukung pembangunan negara dan kemajuan untuk usaha itu sendiri. Sehingga, dengan menjadi tertib pajak reputasi bisnis Anda akan dinilai baik oleh konsumen, dan pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan. Anda juga bisa mengalokasikan waktu dan melakukan budgeting untuk melakukan pelaporan dan pembayaran pajak agar tidak terlupa. Karena jika lalai, Anda bisa terkena sanksi maupun denda yang merepotkan Anda sendiri di kemudian hari.


PUBLISHED04 Oct 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: