Petunjuk Pengisian SPT 1770 dan Pelaporannya melalui Klikpajak

Petunjuk Pengisian SPT 1770 dan Pelaporannya ke Dirjen Pajak secara Online

Sebagai Wajib Pajak, kewajiban Anda tidak berhenti pada selesainya proses pembayaran pajak. Anda juga memiliki kewajiban lain, yakni pelaporan pajak dengan menggunakan Surat Pemberitahuan, atau SPT. Kini pelaporan bisa dilakukan secara online. Jika Anda belum mengetahui prosedurmya, artikel ini akan membahas petunjuk pengisian SPT 1770 hingga pelaporannya.

Kecanggihan teknologi mendorong Dirjen Pajak untuk memunculkan inovasi baru. Proses perpajakan kini bisa diselesaikan secara online, tanpa harus mendatangi KPP tempat Anda terdaftar. Sebelum menikmati fitur ini, Anda harus membuat akun terlebih dahulu pada sistem DJP Online yang disediakan dengan syarat utama memiliki EFIN.

[adrotate banner=”4″]

Gunakan Formulir SPT Sesuai Kategori yang Ditentukan

Selanjutnya, Anda harus menentukan formulir mana yang akan Anda gunakan, apakah 1770, atau 1770S atau 1770SS. Pada artikel ini akan dibahas lebih jauh mengenai formulir 1770. Formulir ini digunakan untuk Anda yang memiliki penghasilan bersumber dari pekerjaan bebas, dalam artian kegiatan produktif yang perlu keterampilan khusus.

Pajak yang dibayarkan kemudian, jika penghasilan melebihi PTKP yang berlaku saat ini, kemudian harus dilaporkan menggunakan formulir ini. Selain pekerja bebas, Anda yang belum memiliki pekerjaan atau pemasukan juga dapat menggunakan formulir ini untuk melaporkan SPT Nihil yang berfungsi menyatakan bahwa Anda belum memiliki penghasilan.

Untuk teknis penggunaannya, formulir 1770 bisa dibuat melalui aplikasi e-SPT yang disediakan Dirjen Pajak. Petunjuk pengisian SPT 1770 dapat dilihat lebih jauh melalui tautan berikut ini, yang secara lengkap menjelaskan langkah-langkah pengisian dan pembuatan file CSV yang nantinya digunakan untuk pelaporan SPT 1770.

Setelah Diisi, SPT Harus Dilaporkan

Setelah Anda mengikuti petunjuk pengisian SPT 1770 dan memiliki file CSV, proses selanjutnya adalah melaporkan SPT tersebut ke Dirjen Pajak. Anda bisa memilih penyampaian melalui DJP Online, yang merupakan situs resmi yang disediakan DJP, atau melalui mitra resmi DJP seperti Klikpajak.

Klikpajak sendiri telah menjadi mitra resmi dan terverifikasi oleh DJP melalui surat putusan. Selain dapat membantu Anda untuk melaporkan pajak yang telah dibayarkan, situs ini juga mampu membantu untuk menghitung dan membayarkan pajak yang menjadi kewajiban Anda, mulai dari pajak penghasilan dan berbagai pajak lainnya.

Untuk lebih jelasnya, langkah pelaporan melalui Klikpajak adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan Anda telah memiliki akun Klikpajak, yang bisa didaftarkan pada situs
    resmi di Klikpajak.id
  2. Setelah memiliki akunnya, Anda kemudian melakukan login pada my.klikpajak.id
  3. Selanjutnya akan masuk pada dashboard utama dari Klikpajak. Jangan lupa untuk mendaftarkan identitas pada sistem e-Filing.
  4. Klik menu ‘Prepare Tax’, dan pilih ‘Lapor Pajak’. Selanjutnya klik bagian ‘SPT
    Normal’ untuk melaporkan SPT pajak.
  5. Pilih jenis pajak yang ingin dilaporkan pada menu yang tersedia, misal SPT Tahunan
    1770, lalu klik ‘Lanjutkan’.
  6. Pada laman selanjutnya, akan ditemui pertanyaan mengenai keberadaan laporan pajak di
    bulan sebelumya. Jika belum pernah dilakukan, maka tandai pilihan pertama,
    yakni untuk menghitung dan membayar terlebih dahulu. Untuk Anda yang pernah
    melaporkan pajaknya, tandai pilihan kedua, yakni ‘Saya ingin langsung
    melaporkan SPT saya’. Klik ‘Lanjutkan’.
  7. Laman selanjutnya akan berisi pertanyaan apakah Anda bersedia dibantu dalam
    melaporkan SPT. Tandai pilihan pertama untuk melaporkan atau pilihan kedua
    untuk mengarsipkan. Misal tandai pilihan pertama, kemudian klik ‘Lanjutkan’.
  8. Pada laman berikutnya, Anda tinggal mengunggah file CSV dan PDF untuk laporan pajak
    yang sama pada panel yang tersedia. Setelah selesai, klik ‘Lanjutkan’.
  9. Anda akan mendapat kiriman email yang melaporkan bahwa pelaporan SPT telah berhasil
    dilakukan. Bukti lapor juga akan dikirimkan pada email tersebut beberapa menit
    selanjutnya.

Dengan demikian, pelaporan SPT 1770 Anda telah berhasil dilakukan dan masuk ke dalam database Dirjen Pajak. Kewajiban perpajakan telah terlaksana, mulai dari pembayaran dan pelaporan ke DJP melalui Klikpajak.

 

Sebenarnya sistem pelaporan pajak secara online telah dirintis sejak 2016 lalu oleh Dirjen Pajak dengan peluncuran DJP Online yang sekarang jadi situs utama pelaporan pajak. Kemudian, pihak swasta yang telah melewati syarat dan ketentuan bisa turut berpartisipasi membantu proses pelaporan dan pembayaran pajak yang diperlukan.

Pastikan dahulu sebelum mengisi untuk mengetahui kategori SPT mana yang harus Anda gunakan. Mengingat terdapat tiga SPT berbeda untuk melaporkan pajak pribadi yang memiliki syarat masing-masing.

Seperti diungkapkan sebelumnya, pelaporan pajak melalui SPT harus terlebih dahulu diawali dengan pembuatan SPT. Petunjuk pengisian SPT 1770 secara jelas dapat dibaca dan langsung dipraktekkan agar tidak ada kesalahan dalam proses pengisian SPT 1770. Klikpajak, selain membantu pelaporan juga dapat digunakan untuk menyimpan arsip pembayaran pajak yang telah dilakukan, agar dapat digunakan di kemudian hari.

[adrotate banner=”8″]


PUBLISHED09 Mar 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: