Lapor Pajak dengan Sistem Online? Berikut 5 Manfaatnya!

Lapor Pajak dengan Sistem Online? Berikut 5 Manfaatnya!

Menjalankan kewajiban sebagai seorang wajib pajak adalah satu keharusan untuk orang yang memiliki penghasilan atau aktivitas bisnis di Indonesia. Terdapat dua kewajiban utama, yakni membayar pajak dan melaporkan pembayaran pajak. Kedua kewajiban ini dijalankan beriringan sebagai bentuk sistem perpajakan untuk wajib pajak, baik pengusaha maupun orang pribadi.

Pembayaran pajak sendiri harus dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Misalnya terkait pajak penghasilan, maka diterapkan penggunaan Pajak Penghasilan Pasal 21 untuk orang pribadi. Contoh lain adalah pajak terkait transaksi barang mewah, kemudian akan dikenai pajak dengan regulasi Pajak Penjualan Barang Mewah. Besaran dan periode pembayarannya berbeda tergantung pajak apa yang dibayarkan.

Untuk lapor pajak sendiri, mungkin secara logika terkesan aneh. Penghasilan sudah dipotong pajak oleh kantor, mengapa masih harus dilaporkan? Ternyata pelaporan ini merupakan bentuk tanggung jawab seorang wajib pajak pada negara, bilamana terdapat penghasilan di luar penghasilan utama yang seharusnya dikenai pajak. Tentu lapor pajak sekarang ini tidak lagi perlu mengantre dengan mendatangi KPP, namun cukup dengan lapor pajak online. Terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pengusaha dengan melaporkan pajak melalui sistem online, penjelasannya adalah sebagai berikut.

Efisien dari Segi Waktu & Biaya

Tentu saja hal ini yang paling utama ketika Anda sebagai pengusaha melaporkan pajak dengan cara online. Lapor pajak dengan cara ini banyak digunakan karena wajib pajak tidak lagi perlu meluangkan waktunya untuk datang ke KPP dengan berbagai berkas namun cukup dengan membuka situs resmi DJP atau melalui layanan pembayaran pajak yang jadi mitra resmi DJP. Prosesnya yang ringkas dan hemat biaya juga jadi salah satu manfaat utama untuk perusahaan Anda.

Mudah Digunakan & Dilengkapi Panduan

Pelaporan pajak bukan perkara mudah bagi semua orang karena tidak semua wajib pajak mengetahui perihal perpajakan. Dengan menggunakan layanan online, wajib pajak dimudahkan dengan tersedianya berbagai informasi sekaligus panduan mengenai apa yang harus dilakukan. Panduan ini lengkap dengan ilustrasi gambar dan bahkan video sehingga wajib pajak sekaligus bisa belajar. Pada beberapa layanan atau aplikasi, juga tersedia banyak pilihan pembayaran dan pelaporan pajak. Wajib pajak bisa memanfaatkan ini untuk semakin menghemat waktu dan mempercepat proses urusan perpajakan.

Ketelitian Tinggi dalam Perhitungan

Mengingat pajak yang terkait dengan pengusaha juga cukup banyak, maka terkadang besaran pajak dan periode pembayarannya membuat bingung. Dengan menggunakan layanan dan aplikasi perpajakan, lapor pajak tidak lagi jadi aktivitas rumit dan membingungkan. Setiap pajak yang jadi kewajiban wajib pajak sudah memiliki panel dan laman khusus sehingga wajib pajak bisa melakukan pembayaran dan pelaporan dengan tepat.

Selain itu, terdapat pula fitur pada aplikasi jika terdapat kolom yang belum diisi atau terjadi salah pengisian, maka berkas tidak dapat diproses. Ini baik untuk meningkatkan ketepatan berkas sehingga wajib pajak tidak perlu mengurus kelebihan pembayaran atau memiliki utang pajak karena tidak terbayarkan.

Penyimpanan Berkas yang Rapi & Aman

Penyimpanan berkas lapor pajak yang telah dilakukan juga sangat rapi dan aman, mengingat setiap transaksi dilakukan secara digital dan penyimpanannya juga dengan layanan cloudstore. Data yang tersimpan bisa diakses kapan saja tanpa takut terkena masalah klasik seperti berkas hilang atau kertas laporan rusak karena satu dan lain hal. Kelebihan ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan perpajakan dengan basis web.

Profesionalisme Bisnis

Tentu dengan melakukan lapor pajak tepat waktu akan meningkatkan kredibilitas perusahaan Anda di mata karyawan, konsumen, bahkan hingga partner dan pesaing. Pembayaran dan pelaporan pajak tepat waktu menandakan bahwa perusahaan Anda berkomitmen pada setiap kewajibannya sehingga akan memiliki nilai tinggi di mata publik.

Beberapa manfaat tersebut bisa didapatkan jika aktivitas lapor pajak dilakukan secara online. Penggunaan layanan pajak berbasis web juga akan memastikan ketepatan waktu lapor pajak perusahaan Anda. Salah satu layanan dan sangat direkomendasikan adalah Klikpajak. Layanan ini sangat mudah digunakan, memiliki banyak fitur pembayaran dan pelaporan pajak, serta yang pasti merupakan mitra resmi dari DJP sehingga semua transaksi yang dilakukan melalui Klikpajak adalah sah di mata hukum. Segera lapor pajak Anda sekarang juga di Klikpajak kapan dan di mana saja!


PUBLISHED28 Dec 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: