ENOFA sebagai Solusi Persoalan Pemerintah dan PKP

Keberadaan ENOFA sebagai Win-Win Solution antara Negara dan Pengusaha

Pengusaha Kena Pajak, atau PKP, merupakan salah satu golongan pengusaha dengan pendapatan diatas 4,8 miliar rupiah pertahun. PKP kemudian harus menerbitkan faktur pajak atas setiap transaksi yang dilakukannya, sehubungan dengan Pajak Pertambahan Nilai. Faktur tersebut memiliki nomor tertentu sebagai ‘identitas’ dan bukti sah bahwa kewajiban pajak telah dilaksanakan. Faktur Pajak ini memiliki apa yang disebut Nomor Seri Faktur Pajak, yang diterbitkan oleh DJP. NSFP inilah yang harus didapatkan, baik dengan cara manual, atau dengan cara online melalui ENOFA.

ENOFA, merupakan aplikasi resmi dari DJP yang disediakan sebagai perangkat untuk mengajukan permohonan NSFP dari Pengusaha Kena Pajak guna membuat faktur pajak. Sebelum diberlakukan pada tahun 2013 lalu, nomor seri faktur pajak ditentukan sendiri oleh PKP. Hal ini ternyata membawa kerugian yang cukup besar, sehingga DJP selaku dinas berwenang mengupayakan perbaikan sistem dengan meluncurkan ENOFA.

Penggunaan aplikasi ini terbukti mampu menurunkan kerugian negara akibat penyalahgunaan faktur pajak oleh PKP tidak bertanggung jawab dengan mengontrol terbitnya NFSP yang sah dan legal. Pengajuan NSFP melalui ENOFA memungkinkan DJP untuk melakukan kontrol dan pengawasan pada PKP yang akan membuat faktur pajak. Dengan demikian, data dari PKP akan terekam dan diarsipkan dengan baik, sehingga mudah untuk melakukan pengecekan ulang.

Manfaat ENOFA

Semenjak diluncurkannya ENOFA pada tahun 2013, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, baik dari sisi wajib pajak atau PKP yang memiliki tanggung jawab membuat faktur pajak, maupun dari sisi negara dan penerimaan pajak dari PKP.

Manfaat yang bisa dirasakan oleh PKP diantaranya.

  1. Kemudahan pengajuan permohonan NSFP yang sah kepada DJP karena menggunakan aplikasi berbasis jaringan internet.
  2. Hemat waktu, karena dengan menggunakan ENOFA, PKP tidak perlu menghabiskan seharian penuh untuk mengurus berkas serta administrasi di KPP.
  3. Penomoran faktur yang lebih rapi akan membuat proses pembukuan dan pengarsipan menjadi lebih baik.
  4. Jika terjadi kesalahan dalam pembuatan faktur pajak, PKP bisa melakukan perbaikan secara online sehingga akan banyak menghemat waktu.

Di sisi lain, manfaat keberadaan ENOFA untuk negara adalah sebagai berikut.

  1. Dengan tertibnya penomoran faktur pajak, maka meminimalisir terjadinya penyalahgunaan.
  2. Penerimaan negara dari sektor pajak, terutama pajak pertambahan nilai bisa lebih tinggi karena PKP dituntut untuk tertib dalam melakukan pelaporan faktur pajak yang dibuat.
  3. Pengawasan dan pengendalian PKP bisa dilakukan dengan meninjau permohonan NSFP yang masuk. Negara bisa melihat apakah PKP yang mengajukan permohonan NSFP memiliki rekam jejak yang baik atau tidak.
  4. Jika terjadi penyelewengan, negara bisa dengan mudah melacaknya, karena penerbitan NSFP hanya bisa dengan persetujuan dari DJP saja.
  5. Meningkatkan ketertiban aktivitas perpajakan dari pengusaha kena pajak, yang secara langsung diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak.

Syarat Pengajuan NSFP Lewat ENOFA

Setelah mengetahui manfaat, Anda sebagai PKP juga perlu mengetahui tentang syarat yang diperlukan untuk mengajukan NSFP melalui ENOFA. Berikut syarat-syarat yang perlu Anda penuhi jika ingin mengajukan NSFP lewat ENOFA

  1. Pemohon merupakan wajib pajak yang dikukuhkan sebagai PKP dan memiliki akun PKP.
  2. Pemohon memiliki kode aktivasi dan password yang diberikan oleh DJP.
  3. Pemohon memiliki sertifikat elektronik yang sebelumnya telah diajukan ke KPP tempat pemohon terdaftar dan disetujui oleh DJP. Masa berlaku sertifikat elektronik ini adalah dua tahun setelah diberikan.

Untuk langkah permohonan NSFP, Anda bisa mengetahuinya lebih lanjut di sini.

Keberadaan ENOFA sebagai kanal permohonan terbitnya NSFP merupakan solusi yang diluncurkan oleh DJP untuk ketertiban perpajakan di Indonesia. Selain ditujukan untuk meningkatkan kontrol terhadap pajak yang dibayarkan PKP, ENOFA juga memberikan kemudahan untuk PKP dalam melakukan permohonan terbitnya NSFP. Keberadaan aplikasi ini bisa jadi win-win solution untuk pengusaha dan negara, demi tercapainya iklim bisnis dan perpajakan yang sehat. Selain ENOFA, terdapat pula aplikasi perpajakan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi wajib pajak melaksanakan kewajibannya. Klikpajak hadir sebagai satu solusi perpajakan di Indonesia, mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan berbagai kewajiban pajak. Klikpajak merupakan mitra resmi DJP, sehingga setiap proses yang dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum dan sah.


PUBLISHED31 Jan 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: