Daftar Isi
7 min read

Jenis Jenis Laporan Keuangan Perusahaan untuk Administrasi Perpajakan

Tayang 17 Jan 2021
Jenis Jenis Laporan Keuangan Perusahaan untuk Administrasi Perpajakan

Setiap perusahaan, baik besar maupun kecil pasti memiliki laporan keuangan. Namun, tahukah Anda bahwa laporan keuangan perusahaan itu ada beragam jenisnya. Pahami contoh jenis jenis laporan keuangan perusahaan dan penjelasannya untuk administrasi perpajakan Anda.

Dalam sebuah perusahaan, laporan keuangan berfungsi untuk mengukur kinerja perusahaan tersebut, apakah berjalan mulus atau mengalami penurunan. Macam laporan keuangan ini pun terdiri dari beberapa jenis jenis laporan keuangan perusahaan.

Pentingnya Laporan Keuangan untuk Kelangsungan Bisnis

Laporan keuangan perusahaan banyak dijadikan referensi oleh investor karena informasi yang tercantum menunjukkan kondisi keuangan perusahaan tersebut.

Dengan begitu, apabila dalam laporan keuangan terlihat finansial perusahaan itu terus menurun dari periode-periode sebelumnya atau keuntungan yang dihasilkan mentok, maka investor mungkin akan berpikir apakah akan tetap menanamkan uangnya di sana atau angkat kaki.

Sebab jika investor itu tidak mengambil keputusan, uang yang telah ditanam pada perusahaan tersebut akan ikut tergerus lantaran kinerja bisnisnya kurang optimal.

Berdasarkan hal tersebut, maka para investor atau penanam modal harus bisa membaca laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan.

Agar lebih memahami apa saja jenis jenis laporan keuangan perusahaan dan penjelasan agar memudahkan urusan pajak Anda, berikut ulasan dari Klikpajak.id.

Jenis-jenis Laporan Keuangan Perusahaan untuk Administrasi Perpajakan

Ada beberapa jenis-jenis laporan keuangan perusahaan, yang mana dari masing-masing jenis laporan keuangan tersebut terdiri dari beberapa macam yang harus dipahami pembuat laporan keuangan.

Berikut jenis-jenis laporan keuangan yang biasanya menjadi bahan rujukan investor akan kinerja sebuah perusahaan:

A. Laporan Keuangan Laba dan Rugi (Income Statement)

Laporan keuangan ini adalah berisi informasi kondisi laba dan rugi sebuah perusahaan.

Boleh dibilang, laporan keuangan ini yang paling akrab di telinga masyarakat.

Dalam laporan laba rugi, termuat informasi apakah perusahaan dalam suatu periode tertentu berhasil mendapat keuntungan dari usaha yang dijalankan, atau malah merugi.

Laporan laba rugi berfungsi untuk menginformasikan pemasukan serta pengeluaran perusahaan dalam suatu periode tertentu.

Dengan membaca laporan ini, pemegang saham (stakeholder) atau pihak terkait dapat menilai bagaimana kinerja bisnis berjalan.

Laporan keuangan jenis ini, terdapat pula beberapa informasi yang harus dijelaskan oleh perusahaan.

Contohnya, informasi mengenai penjualan atau revenue, Harga Pokok Penjualan (HPP), beban biaya operasi, termasuk pula pendapatan atau beban lain-lain perusahaan.

Baca juga: Klikpajak, Aplikasi Pajak ‘Online’ yang Terintegrasi dengan Laporan Keuangan

Jenis Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Rugi-Laba

Laporan laba rugi, ada dua macamnya, yakni single step dan multiple step.

Detail penjelasannya seperti berikut:

1. Single Step

Untuk laporan keuangan laba rugi berbentuk single step, maka income statement memiliki alur serta pengelompokkan yang mudah untuk dimengerti karena informasi laba dijelaskan di bagian awal laporan tersebut.

Sebab penjelasan terkait semua pengeluaran perusahaan akan dijelaskan di bagian selanjutnya.

Pada bagian terakhir laporan, akan terlihat selisih antara jumlah pemasukan dan pengeluaran perusahaan yang menjadi informasi apakah perusahaan tersebut untung atau merugi.

2. Multiple Step

Laporan keuangan laba rugi yang berbentuk multiple step, disusun dengan cara membedakan transaksi operasional dengan yang non-operasional.

Income statement bentuk ini juga mengharuskan perusahaan membandingkan pengeluaran dengan pemasukan yang saling berhubungan.

Bedanya dengan laporan laba rugi single step, multiple step lebih lebih menunjukkan informasi mengenai laba operasional perusahaan.

Laba operasional tersebut kemudian dapat menunjukkan selisih antara aktivitas insidentil perusahaan dengan aktivitas biasa.

Dengan mengetahui isi laporan laba rugi tersebut, maka investor bisa mendapatkan referensi informasi keuangan perusahaan.

Referensi tersebut selanjutnya dapat dijadikan bahan evaluasi terkait prospek bisnis perusahaan, apakah masih akan menghasilkan profit atau merugi.

B. Laporan Keuangan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal bisa dikatakan jenis laporan keuangan yang harus dipahami para penanam modal atau investor.

Sebab, jumlah modal yang dimiliki oleh perusahaan menjadi indikator yang penting bagi perkembangan perusahaan selama beroperasi.

Dengan membaca laporan keuangan jenis ini, maka investor bisa mengetahui apakah jumlah modal yang dimiliki perusahaan bertambah atau tidak.

Informasi yang tercantum pada laporan perubahan modal ini seringkali berkaitan dengan jumlah keuntungan atau kerugian yang didapat pada laporan laba rugi.

Ketika sebuah perusahaan mengalami keuntungan, maka biasanya modal yang dimiliki juga akan bertambah.

Baca juga: Jangan Terlewat, Ini Jenis Insentif Pajak untuk Perusahaan Tbk

Sebaliknya, besaran cadangan dana modal bisa saja berkurang ketika perusahaan mengalami kerugian atau tidak mendapatkan keuntungan dalam suatu periode akuntansi.

Dengan membaca laporan perubahan modal, maka investor bisa mengetahui perubahan atau pergerakan modal yang terjadi dalam perusahaan.

Sumber dari bertambahnya atau berkurangnya jumlah modal perusahaan, juga bisa terlihat dari laporan ini.

Biasanya informasi yang dicantumkan dalam laporan perubahan modal seperti jumlah modal awal, pengambilan modal oleh pemilik perusahaan, serta jumlah laba dan rugi bersih di perusahaan tersebut dalam periode tertentu.

Jumlah dividen yang bisa diterima oleh investor juga terkadang dicantumkan di laporan ini.

Untuk itu, jenis laporan keuangan ini bisa dikatakan cukup penting untuk dipahami oleh pemegang saham atau investor.

Jenis Jenis Laporan Keuangan Perusahaan dan PenjelasannyaIlustrasi investor dan kaitannya dengan pemahaman pebisnis dengan jenis-jenis laporan keuangan perusahaan

C. Jenis Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Berupa Neraca

Laporan neraca atau balance sheet berfungsi untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Dalam laporan keuangan jenis ini, dapat diketahui pula posisi serta informasi keuangan perusahaan.

Ketika membuat laporan neraca, perusahaan harus memuat informasi soal aset aktiva dan pasiva yang dimiliki, serta ekuitas.

Modal saham perusahaan juga dapat dilihat di jenis laporan keuangan ini, seperti, modal awal, modal yang ditempatkan, serta agio dan disagio saham.

Laporan neraca terdiri dari tiga elemen akuntansi, yakni, aset, ekuitas, dan liabilitas atau account payable.

Laporan keuangan jenis ini, bisa dibilang terkait erat dengan bidang keilmuan akuntansi. Untuk itulah mengapa laporan keuangan ini penting untuk dipahami oleh investor.

Baca juga: Kenapa Laporan Keuangan Penting Saat Lapor SPT Tahunan Badan?

D. Jenis Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Berupa Arus Kas

Jenis laporan keuangan arus kas berfungsi menginformasikan lalu-lintas keluar masuk kas pada suatu perusahaan dalam satu periode tertentu.

Arus kas biasanya menitikberatkan pada aspek operasional, investasi, serta aktivitas keuangan perusahaan.

Laporan arus kas atau cash flow statement dalam suatu periode tertentu, juga terkadang digunakan sebagai indikator pada jumlah cash flow di periode selanjutnya.

Pertanggungjawaban perusahaan mengenai pergerakan kas yang dimiliki juga dapat diajukan dengan menggunakan laporan ini.

Dengan begitu, investor dapat menjadikan laporan keuangan arus kas ini sebagai alat untuk membantu mengetahui keputusan keuangan yang dilakukan perusahaan.

E. Catatan Laporan Keuangan

Catatan laporan keuangan mungkin terdengar asing bagi orang awam atau bahkan stakeholder.

Sebab umumnya investor hanya fokus pada keempat jenis laporan keuangan sebelumnya.

Padahal, catatan laporan keuangan ini sama pentingnya dengan empat jenis laporan keuangan lainnya dan bisa membuat investor memahami isi laporan keuangan secara menyeluruh dengan lebih mudah.

Catatan laporan keuangan memiliki jenis laporan finansial atau penjelasan yang lebih rinci sama seperti laporan keuangan jenis yang lainnya.

Catatan laporan keuangan juga memuat alasan atau isi dari laporan keuangan yang diterbitkan sehingga investor bisa mengetahui hal yang sebenarnya terjadi dalam suatu perusahaan.

Baca juga: Benefit Perusahaan Korporasi Menggunakan Klikpajak

Total kelima jenis laporan keuangan yang dijelaskan tersebut diatas, sama-sama memuat informasi penting terkait potensi keuntungan suatu perusahaan.

Dengan memahami isi masing-masing jenis laporan keuangan tersebut, investasi saham atau modal yang ditanamkan investor di suatu perusahaan bisa diproyeksikan bakal berjalan lancar seperti yang diharapkan atau tidak.

Mengingat besarnya manfaat memahami laporan keuangan, maka penting bagi investor untuk mempelajari kelima jenis laporan keuangan tersebut secara menyeluruh.

Sebab investor yang pandai membaca laporan keuangan, bisa melihat potensi besar yang belum tereksplor suatu perusahaan, yang mungkin belum diketahui oleh investor lain.

Agar lebih mudah mengelola perpajakan sekaligus laporan keuangan perusahaan, gunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id yang terintegrasi dengan laporan keuangan online Jurnal.id.

Klikpajak.id adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resi Ditjen Pajak yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-169/PJ/2018.

Melalui Klikpajak, Anda dapat melakukan berbagai macam aktvitas pajak dengan mudah.

Terpenting, Anda dapat menarik data transaksi dalam laporan keuangan untuk langsung dibuatkan Faktur Pajaknya maupun Bukti Potong Pajaknya secara langsung, dan saat diperlukan untuk melaporkan SPT pajaknya dengan cepat dalam satu platform.

Integrasi dengan Mekari Jurnal ini merupakan teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian keuangan (accounting) lebih cepat dan mudah.

Jurnal.id adalah software akuntansi online berbasis cloud dengan laporan keuangan lengkap, seperti:

  • Neraca keuangan
  • Arus kas
  • Laba-rugi

Dan lainnya yang memudahkan Anda mengelola faktur, biaya, stok barang, cash link atau transfer langsung dalam aplikasi, hingga melihat ringkasan bisnis dari smartphone Anda.

Jenis Jenis Laporan Keuangan Perusahaan dan Penjelasannya

Fitur Lengkap Klikpajak yang Memudahkan Administrasi Perpajakan Anda

Klikpajak melaliki fitur lengkap yang memudahkan administrasi pajak Anda, mulai dari menghitung, membayar dan melaporkan pajak Anda, hingga mebuat e-Faktur dan lainnya.

Klikpajak.id akan menghitung kewajiban pajak Anda agar terhindar dari sanksi denda akibat kesalahan penghitungan.

Berikut fitur-fitur Klikpajak yang membuat pengelolaan pajak Anda lebih efektif dan efisien:

Kategori : Edukasi

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak