Nilai Kurs Bea Cukai 2019, Update Informasinya! - Klikpajak

Nilai Kurs Bea Cukai 2019, Update Informasinya!

Untuk Anda yang memiliki bisnis ekspor dan impor, tentu tidak akan asing dengan kurs bea cukai, dan akan terus memperhatikan update terkait kurs bea cukai 2019. Kurs ini sendiri merupakan nilai yang digunakan dalam rangka kegiatan pembayaran pajak atas transaksi bisnis yang dilakukan dengan menggunakan mata uang asing, agar tetap dapat melaksanakan kewajiban perpajakan dengan menggunakan mata uang Rupiah.

Kurs ini nilainya akan terus mengalami update dari pemerintah dalam jangka waktu mingguan. Jadi setiap pergantian minggu, akan dilakukan update pada nilai kurs yang digunakan dalam rangka kegiatan pembayaran pajak terkait impor yang Anda lakukan. Jadi jelas Anda harus senantiasa memeriksa nilai kurs pajak ini agar tidak salah perhitungan dalam setiap transaksi yang Anda lakukan.

Prinsip Penerapan Pajak Impor

Jika kewajiban perpajakan di Indonesia kebanyakan menggunakan prinsip self assessment dimana setiap wajib pajak diberikan hak untuk menghitung, membayar dan melaporkan pajak tanggungannya, maka untuk pajak impor yang berkaitan dengan kurs bea cukai sendiri memiliki sedikit perbedaan. Prinsip yang digunakan dalam pajak ini adalah official assessment.

Hal ini tentu memberikan Anda sebagai importir beberapa kemudahan. Misalnya adalah kemudahan karena Anda tidak perlu lagi menghitung, memberitahukan, atau membayar bea masuk dan pajak secara mandiri. Pihak Bea Cukai akan melaksanakan peran ini, dalam menghitung dan memungut pajak dari barang yang dikirim. Hal ini selain untuk memudahkan importir juga untuk menjaga ketaatan pajak karena secara langsung dilaksanakan oleh pihak Bea Cukai, sehingga ketertiban pembayaran dan pelaporannya bisa lebih terjamin.

Barang Kena Cukai

Tentu sebagai importir pemahaman Anda mengenai barang kena cukai sudah tidak perlu diragukan. Namun untuk menyegarkan ingatan, ada baiknya sedikit melihat ke belakang mengenai karakteristik barang kena cukai menurut undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Secara umum terdapat 4 karakteristik yang bisa disebutkan. Pertama adalah barang yang perlu dikendalikan tingkat konsumsinya, kemudian barang yang perlu diawasi peredarannya, pemakaian barang-barang yang bisa menimbulkan efek negatif untuk masyarakat atau lingkungan, serta barang yang ketika digunakan perlu dikenai pembebanan pungutan negara untuk mencapai keadilan dan keseimbangan.

Jika melihat contohnya, diantaranya adalah etil alkohol atau etanol, dan minuman yang mengandung zat tersebut. Selanjutnya adalah produk hasil tembakau, baik berupa rokok, cerutu, rokok daun, tembakau iris serta olahan tembakau lainnya yang tidak menggunakan bahan pengganti atau bahan pembantu dalam proses pembuatannya.

Kurs Bea Cukai 2019

Transaksi atas barang yang disebutkan di atas kemudian perlu dikenai pajak impor dengan besaran tertentu. Jika transaksi menggunakan mata uang asing, maka terlebih dahulu dikonversikan ke dalam nilai mata uang rupiah dengan menggunakan acuan kurs bea cukai 2019. jika dilihat pada laman resmi www.beacukai.go.id/kurs.html cukup banyak mata uang yang masuk dalam daftar tersebut.

Diantaranya adalah Dolar Amerika, Dolar Australia, Euro Eropa, Dolar Hongkong, Yen Jepang, Dolar Singapura dan sebagainya. Daftar lengkap bisa Anda simak pada tautan yang disebutkan di atas dan akan mengalami perubahan setiap minggunya menyesuaikan dengan nilai tukar mata uang asing terhadap Rupiah Indonesia.

Lalu bagaimana jika mata uang asing yang digunakan tidak ada dalam daftar tersebut? Apakah kemudian ada perlakuan khusus?

Jika transaksi yang dilaksanakan menggunakan mata uang di luar daftar yang tersedia, maka terlebih dahulu dikonversikan ke dalam mata uang Dolar Amerika. Hal ini dilakukan karena mata uang ini dianggap sebagai mata uang yang cenderung stabil nilai tukarnya, dan banyak digunakan di negara di dunia. Baru setelah nilainya diketahui dalam mata uang Dolar Amerika, dikonversikan ke dalam nilai Rupiah dan dihitung kewajiban pajaknya.

Penggunaan Situs Resmi Bea Cukai

Untuk memeriksa nilai terkini kurs bea cukai 2019, caranya cukup mudah. Cukup dengan mengakses tautan tersebut dan memasukkan tanggal yang diinginkan pada kolom yang tersedia. Setelah dimasukkan tanggal yang diinginkan, tinggal klik saja ‘Submit’ dengan lambang kaca pembesar dan warna biru. Tunggu sejenak dan Anda akan mendapatkan informasi lengkap terkait kurs yang berlaku pada hari tersebut untuk setiap mata uang yang digunakan.

 

Pemahaman pada nilai kurs yang berlaku bisa membuat Anda bisa memperkirakan berapa pajak yang akan dimiliki dari transaksi yang dibuat. Dengan demikian, perhitungan bisnis Anda akan semakin jelas serta tidak menyalahi aturan. Perhitungan bisnis penjualan dan pembelian yang jelas dan taat hukum adalah cerminan pengusaha bertanggung jawab dan taat pajak.

Kurs bea cukai 2019 sendiri akan terus di-update setiap minggunya agar relevan dengan kondisi keuangan global. Untuk membantu Anda melaksanakan kewajiban perpajakan seperti penghitungan, pembayaran dan pelaporan pajak, Anda bisa menggunakan jasa Klikpajak. Kanal administrasi pajak online yang menjadi mitra resmi DJP ini menjamin setiap transaksi aman dan sesuai aturan, sehingga Anda dapat melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai aturan. Gunakan Klikpajak sebagai partner pelaksanaan kewajiban perpajakan Anda!


PUBLISHED07 Aug 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: