Sistem Kerja Akuntan dan Pajak Akibat COVID-19 - Klikpajak

Sistem Kerja Akuntan dan Pajak Akibat COVID-19

Wabah virus Corona mendorong banyak perusahaan dan UKM untuk mengambil kebijakan work from home bagi pegawainya tak terkecuali bagian keuangan atau finance seperti akuntan dan administrasi perpajakan. Sangat dimaklumi jika Anda kelabakan, mengingat banyak sekali data terkait keuangan yang sewaktu-waktu diperlukan untuk pengambilan keputusan sebagai pemilik usaha.

Namun, Anda tidak perlu berlarut-larut dalam kepanikan, karena dengan teknologi dan software pendukung yang tepat, Anda dapat mendesain sistem kerja akuntan dan pajak dalam perusahaan Anda serta tetap berkomunikasi dengan Akuntan Publik dan Fiskus (pegawai Kantor Pajak) secara jarak jauh. 

Sistem Kerja Akuntan Publik dan Akuntan Internal

Di dalam bisnis, biasanya perusahaan akan memiliki kaitan dengan dua jenis akuntan. Akuntan publik dari Kantor Jasa Akuntan (KJA) dan akuntan internal perusahaan. Pada masa wabah COVID-19, profesi ini bekerja dari rumah. KJA dalam wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar dapat menerapkan kebijakan work from home berdasarkan Pengumuman Nomor Peng-10/PPPK/2020 dari Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Kemenkeu RI tentang Pemberian Jasa oleh Profesi Keuangan Dalam Wilayah Berstatus PSBB. Sementara akuntan internal perusahaan akan mengikuti kebijakan internal perusahaan.

Jika Anda masih ragu untuk menerapkan kebijakan work from home, karena khawatir kinerja akuntan internal akan terganggu, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi akuntansi dan keuangan online. Dengan menggunakan aplikasi ini, pencatatan keuangan masih dapat dilakukan oleh akuntan Anda, walaupun akuntan bekerja jauh dari kantor atau tempat usaha. Anda pun dapat memantau sistem kerja akuntan secara real time dan mengakses laporan keuangan kapanpun Anda membutuhkan data sebagai dasar pengambilan keuangan.

Sistem Kerja Kantor Pajak dan Admin Pajak Perusahaan

Kantor Pajak berdasarkan pengumuman Dirjen Pajak, dinyatakan memperpanjang waktu pelayanan tanpa tatap muka sampai dengan 15 Juni 2020. Perubahan sistem kerja pajak menjadi layanan tanpa tatap muka yang disediakan oleh DJP adalah bentuk dari pencegahan penyebaran virus Corona. Layanan tersebut antara lain:

  1. Penyampaian SPT Tahunan maupun Masa melalui laman www.pajak.go.id
  2. Permintaan aktivasi EFIN melalui email resmi masing-masing KPP, 
  3. Permintaan lupa EFIN maupun informasi lainnya dapat dilakukan melalui email resmi KPP, LiveChat pada situs web www.pajak.go.id ataupun pada akun twitter @kring_pajak, 
  4. Wajib pajak tetap dapat berkonsultasi dengan Account Representative melalui chat, email maupun telepon telepon dan saluran komunikasi lainnya.

Karena kewajiban perpajakan tetap harus dilaksanakan dan dapat dilakukan melalui cara online sebagaimana tersebut di atas, maka Admin Pajak Perusahaan pun tetap harus bekerja di masa wabah COVID-19 secara remote dari rumah. Sama seperti halnya sistem kerja Akuntan yang dapat dikerjakan secara online, Admin Pajak pun dapat melakukan sistem kerja baru tersebut. 

Baca juga: Lupa EFIN saat PSBB? Jangan Panik, Lakukan Cara Ini!

Klikpajak, Solusi Manajemen Pajak di Era Serba Digital

Terbaru! Kini Anda Dapat Membuat ID Billing Langsung Melalui eBilling di Klikpajak

Untuk mendukung kelancaran administrasi perpajakan yang dikerjakan dari rumah, kami menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi perpajakan berbasis cloud, KlikPajak. Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya integrasi dengan aplikasi keuangan online, Jurnal, yang handal dan juga dapat diakses secara online. Jadi walaupun petugas Akuntan dan Admin Pajak Perusahaan Anda bekerja di tempat yang berbeda, data yang dikerjakan dapat terintegrasi dari terupdate secara real time

Selain integrasi pekerjaan sebagaimana di atas, secara khusus, penggunaan aplikasi KlikPajak pun akan membantu Admin Pajak perusahaan Anda dalam melaksanakan tugas-tugasnya seperti:

  1. Membuat faktur pajak,
  2. Membuat kode ID billing untuk semua jenis KAP dan KJS,
  3. Melakukan pembayaran pajak langsung dari sistem online di aplikasi KlikPajak,
  4. Melaporkan pajak secara e-filing yang terintegrasi dengan DJP, sehingga langsung mendapatkan bukti lapor (NTTE) resmi,
  5. Mengarsipkan seluruh file perpajakan.

Sebagai pemilik perusahaan, Anda Pun dapat mengontrol secara langsung perkembangan sistem kerja di perusahaan Anda melalui gawai yang dapat Anda akses di mana pun Anda berada. 

Cari tahu lebih banyak mengenai Klikpajak di website resmi kami dan dapatkan informasi baru mengenai perkembangan dan fitur-fitur terbaru dari kami. Anda juga bisa langsung melakukan registrasi di sini untuk bisa menggunakan Klikpajak secara gratis.

 


PUBLISHED13 Jun 2020
Hafidh
Hafidh

SHARE THIS ARTICLE: