Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi 'Online' Terbaru 2020

Lapor SPT Tahunan Pribadi ‘Online’ Terbaru 2020

Ada banyak cara untuk menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak. Salah satunya adalah melaporkan SPT Tahunan pajak penghasilan secara daring. Lebih jelasnya, begini cara lapor SPT Tahunan pribadi online terbaru 2020.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) saat ini memberikan kemudahan untuk lapor SPT online melalui laman www.pajak.go.id. Wajib pajak juga bisa lapor SPT tahunan pribadi online melalui Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Services Provider (ASP).

Salah satu PJAP mitra resmi DJP adalah KlikPajak, yang membantu proses bayar, lapor hingga pengelolaan pajak sesuai Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak No. KEP-169/PJ/2018.

Dengan adanya layanan lapor SPT online, Anda tidak perlu lagi mengunjungi KPP. Pelaporan pajak dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja asalkan tidak lewat dari tenggat waktu yang ditentukan.

Bagi wajib pajak orang pribadi, diberikan batas waktu lapor SPT hingga tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Artinya untuk tahun pajak 2020 ini, batas waktu lapor SPT tahunan pribadi online adalah tanggal 31 Maret 2021. 

Bagaimana tata cara lapor SPT Tahunan pajak pribadi terbaru tahun 2020, simak ulasan Klikpajak by Mekari berikut ini agar pelaporan SPT lancar.

Formulir SPT & Dokumen Apa yang Perlu Disiapkan?

Melansir laman DJP, ada formulir khusus dan dokumen yang harus Anda persiapkan sebelum lapor SPT online. Apa sajakah itu?

DJP menyediakan 3 jenis formulir bagi wajib pajak pribadi yang memiliki masing-masing perbedaan, yaitu:

1. 1770 SS

Formulir ini digunakan oleh wajib pajak yang berstatus pegawai dengan penghasilan tahunan kurang dari sama dengan Rp60 juta per tahun.

Bagi pegawai swasta, selain formulir 1770 SS Anda juga diminta untuk memindahkan semua data yang ada pada formulir 1772 A1. Sementara untuk pegawai negeri, akan diminta untuk memindahkan data dari formulir 177e A2.

Note: Apakah SPT Anda bermasalah? Ini Solusi Ekspor-Impor yang Terhambat Masalah SPT Pajak

2. 1770 S

Bagi yang memiliki penghasilan tahunan lebih dari Rp60 juta menggunakan formulir ini. Dokumen pendukung berupa formulir 1772 A1 dan A2 juga dibutuhkan.

Kode A1 untuk pegawai swasta dan kode A2 untuk pegawai negeri. 

Sedangkan bagi suami istri yang berstatus perjanjian pisah harta (PH) atau istri memilih menjalankan kewajiban pajak sendiri (MT) maka dibutuhkan lembar penghitungan PPh terutang. 

3. 1770 SS

Formulir ini digunakan oleh wajib pajak pribadi yang berstatus pemilik bisnis atau pekerja bebas, maupun penghasilan lain di luar pekerjaan.

Dokumen tambahan yang dibutuhkan adalah bukti potong A1 dan A2, kemudian neraca dan laporan laba rugi. Lalu, rekapitulasi bulanan peredaran bruto dan biaya dan lembar perhitungan PPh terutang bagi wajib pajak dengan status PH atau MT. 

Ilustrasi lapor SPT Tahunan Pribadi online

Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Online

Penyampaian laporan SPT Tahunan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan layanan daring (online) melalui laman DJP online.

Layanan DJP online dapat diakses melalui URL http://djponline.pajak.go.id.

Note: Wajib tahu. Meski Nihil, Apakah Laporan SPT Tahunan Tetap Dilaporkan?

Lapor SPT Tahunan pribadi online melalui DJP online memiliki tiga mekanisme:

  1. E-Filing: pengisian langsung untuk SPT Tahunan wajib pajak pribadi yang 1770 S dan 1770 SS.
  2. E-Filing: Mengunggah formal CSV hasil e-SPT, untuk SPT Tahunan pribadi 1770, 1770 S, dan SPT Tahunan badan. 
  3. E-Form: yaitu formulir SPT elektronik yang dapat diisi secara offline dan diunggah secara online saat akan submit SPT.

Setiap wajib pajak, baik pribadi maupun badan yang menggunakan layanan DJP online harus memiliki e-FIN.

Pengertian e-FIN atau electronic filing identification number adalah nomor identifikasi yang akan digunakan untuk login pada layanan DJP online. Untuk mendapatkannya, Anda harus melakukan permohonan e-FIN pada KPP terdekat.

Terbaru! Kini Anda Dapat Membuat ID Billing Langsung Melalui eBilling di KlikpajakIlustrasi lapor SPT Pajak secara online di Klikpajak

Laporkan SPT Pajak Anda di Klikpajak

DJP secara resmi telah menunjuk PJAP untuk lapor SPT Tahunan pribadi online. Salah satunya adalah KlikPajak. Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak merupakan solusi perpajakan yang praktis, mudah, dan aman.

Sebab aplikasi pajak online Klikpajak berbasis cloud yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja tanpa khawatir ketika terjadi kerusakan komputer atau kehilangan laptop.

Note: Tahukah? Berkat Teknologi Cloud, Urus Pajak Bisa Langsung dari Ponsel

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui fitur e-Filing di Klikpajak kapan pun dan di mana pun. Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Semua jenis SPT bisa dilaporkan melalui e-Filing di Klikpajak, seperti SPT Tahunan Pajak Badan, SPT Masa (Bulanan) Pajak, dan SPT Tahunan Pajak Pribadi, dengan mudah dan cepat karena panduan pengisian SPT yang simpel.

Bukan hanya e-Filing, platform pajak online Klikpajak juga memiliki fitur lengkap, mulai dari e-Billing yang memungkinkan Anda menerbitkan ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Kemudian fitur e-Faktur Klikpajak yang memudahkan Anda untuk membuat dan mengelola faktur pajak masukan, faktur pajak keluaran, hingga faktur pajak retur.

Keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Selain bisa menghemat waktu dan biaya karena pengelolaan pajak hanya dilakukan dalam satu platform, kelebihan Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah dengan pemakain Klikpajak.id. Sehingga proses pembuatan, pembayaran, pelaporan pajak jadi makin gampang dan tepat.

Dapatkan informasi lengkap mengenai pajak online lainnya dan fitur-fitur apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kemudahan dan kelancaran perpajakan Anda, daftarkan email Anda di www.klikpajak.id. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!


PUBLISHED29 Jul 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: