Kewajiban Pajak Masa dan Pajak Tahunan, Selesaikan secara Online! - Klikpajak

Kewajiban Pajak Masa dan Pajak Tahunan, Selesaikan secara Online!

Dalam melaksanakan kewajiban perpajakan, baik wajib pajak perseorangan ataupun wajib pajak badan, harus menaati peraturan yang berlaku. Semenjak sistem self assessment diterapkan dan didukung dengan keberadaan banyak layanan pajak online, pelaksanaan kewajiban pajak menjadi semakin mudah. Misalnya seperti proses pelaporan dan pembayaran pajak masa dan pajak tahunan, semuanya dapat dilakukan dengan cepat dan ringkas.

Pelaksanaan kewajiban pajak sendiri banyak memberikan hambatan bagi wajib pajak badan dan pribadi sebelum adanya berbagai sistem online yang kini tersedia. Mulai dari hambatan penghitungan manual yang tidak jarang mengalami kesalahan, pembayaran yang mengalami gagal bayar karena salah memasukkan kode, hingga pelaporan yang terhambat karena halangan waktu dan tempat. Setiap hal ini akan membawa kerugian bagi wajib pajak dan menghambat pelaksanaan kewajiban perpajakannya.

Pembayaran Pajak Tahunan dengan Aplikasi DJP

Direktorat Jenderal Perpajakan sendiri memberikan kemudahan untuk pelaksanaan kewajiban perpajakan untuk wajib pajak perorangan dan badan. Dengan diluncurkannya DJP Online beserta berbagai aplikasi pendukungnya, segala kewajiban perpajakan bisa dilaksanakan dengan lebih mudah. Mulai dari hitung pajak, bayar pajak dengan e-Billing hingga lapor pajak (dengan e-SPT dan e-Filing), dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Tentu terdapat beberapa prosedur tertentu yang harus diikuti oleh wajib pajak dalam menggunakan berbagai layanan tersebut. Hal yang paling mendasar adalah memiliki EFIN sebagai kunci utama dalam mengaktifkan dan mendaftarkan identitas perpajakan online yang nantinya akan digunakan untuk berbagai aplikasi tersebut. Keberadaan berbagai layanan ini dinilai sangat menguntungkan bagi wajib pajak, apapun jenisnya.

Pada pembayaran pajak tahunan, wajib pajak cukup melakukan prosesnya di e-Billing dengan memasukkan informasi yang diperlukan. Nantinya, akan muncul ID Billing untuk pembayaran pajak yang dimaksudkan. Wajib pajak kemudian bisa melakukan pembayaran melalui berbagai kanal dengan menggunakan ID Billing sebagai identitas pengenal pajak yang dibayarkan. Bahkan proses ini bisa dilakukan di mana saja, hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja.

Pelaporan Pajak

Sama halnya dengan pembayaran pajak, wajib pajak juga dapat melaksanakan pelaporan pajak dengan prosedur serupa. Hanya saja kanal yang digunakan tentu berbeda, untuk pelaporan pajak akan digunakan layanan e-Filing dan e-SPT. Kedua kanal ini digunakan untuk keperluan lapor pajak secara online tanpa perlu mendatangi kantor pajak dengan membawa berbagai macam berkas sebagai lampiran.

Setiap informasi dan berkas yang diperlukan hanya perlu dimasukkan secara digital pada panel yang tersedia. Untuk berkas pelengkap atau lampiran terlebih dahulu diubah ke bentuk digital, biasanya format file PDF, kemudian bisa langsung diunggah. Pelaporan ini kemudian akan dinilai sebagai pelaporan sukses jika setiap prosedur dilaksanakan dengan baik dan wajib pajak akan mendapat bukti pelaporan pajak dari kanal yang digunakan.

Untuk wajib pajak berbentuk badan, formulir yang digunakan dalam pelaporan adalah 1771. Sedangkan untuk wajib pajak perseorangan adalah 1770 diikuti dengan kode sesuai dengan status pajak yang dimiliki, misalnya untuk wajib pajak berstatus ASN akan berbeda dengan wajib pajak dengan status freelancer untuk penggunaan formulir pelaporan SPT nya.

Klikpajak sebagai Mitra Resmi DJP

Dalam prosesnya, penggunaan kanal online ini tidak hanya disediakan oleh DJP sebagai dinas resmi. DJP juga menyambut baik adanya respon dari pihak swasta untuk membantu lancarnya proses pelaksanaan kewajiban perpajakan di Indonesia. Tentu saja, syarat dan ketentuan yang diberlakukan juga cukup ketat, mengingat yang diurus adalah menyangkut penerimaan negara dari wajib pajak yang ada di Indonesia.

Salah satu penyedia jasa layanan yang telah terverifikasi oleh DJP selaku dinas yang bertanggung jawab adalah Klikpajak. Layanan ini memberikan beragam fitur dan fasilitas untuk setiap jenis wajib pajak, baik badan maupun pribadi, untuk membantu pelaksanaan kewajiban perpajakannya. Wajib pajak dapat menggunakan layanan ini untuk membantu menghitung kewajiban pajak, membayarkan pajak hingga melaporkan pajak yang menjadi tanggungannya.

Dengan menggunakan Klikpajak, proses yang harus dilakukan menjadi lebih sederhana dan jelas. Setiap keperluan perpajakan telah digolongkan berdasarkan jenis wajib pajak serta urusan pajak yang diperlukan. Wajib pajak hanya tinggal mengklik saja pada bagian yang tepat, kemudian mengikuti proses selanjutnya. Keberadaan Klikpajak sendiri bukan berarti menggantikan fungsi kanal milik DJP, namun sifatnya membantu kerja kanal DJP.

Kelebihan yang bisa dikatakan unggulan dari Klikpajak sendiri adalah tersedianya sistem pengarsipan yang sangat rapi. Setiap transaksi, baik berupa pembayaran atau pelaporan pajak atau SPT Pajak Tahunan, dapat direkam dengan baik untuk setiap akun pengguna. Arsip ini dapat dilihat kembali jika diperlukan, lengkap dengan semua detail yang menyangkut pelaksanaan kewajiban perpajakan tersebut.

 

Klikpajak sebagai satu mitra resmi DJP Online, siap membantu wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban pajak masa atau pajak tahunan yang harus dilaksanakan. Dengan fitur lengkap serta proses yang sangat mudah, wajib pajak dijamin akan merasakan kenyamanan ketika melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan kanal ini. Segera buat akun Anda, dan gunakan setiap fitur yang ada pada Klikpajak dengan maksimal!

Kategori : Berita Regulasi

PUBLISHED25 Jul 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: