Daftar Isi
5 min read

Kenapa Laporan Keuangan Penting Saat Lapor SPT Tahunan Badan?

Tayang 18 Aug 2020
Kenapa Laporan Keuangan Penting Saat Lapor SPT Tahunan Badan?

Sebagai dokumen yang akan selalu ada dalam sebuah perusahaan, keberadaan laporan keuangan penting saat lapor SPT Tahunan Badan. Tapi apa yang mendasari pentingnya aporan keuangan ini ketika menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Badan?

Laporan keuangan merupakan produk akhir dari serangkaian proses pembukuan yang dilakukan selama satu periode siklus akuntansi.

Terkait dengan tujuan perpajakan, Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) mengatur bahwa laporan keuangan harus dilampirkan pada SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak (WP) Badan.

Alasan penting apa keharusan dari melampirkan laporan keuangan perusahaan pada saat menyampaikan SPT Tahunan PPh Badan, berikut ulasan Mekari Klikpajak.

YouTube video

Jenis Laporan Keuangan pada SPT Tahunan

Sebelum membuat laporankeuangan SPT Tahunan badan, sudah tahu cara membuat SPT Tahunan Badan?

Jenis laporan keuangan yang harus dilampirkan pada SPT Tahunan PPh bagi WP Badan adalah:  

1. Neraca

Neraca merupakan dokumen keuangan yang menggambarkan perbandingan jumlah aktiva (assets), kewajiban (liability), dan modal (equity) perusahaan pada akhir tahun pembukuan,

Baca juga: Apa itu Account Payable dan Account Receivable Adalah

2. Laporan laba rugi

Laporan laba rugi adalah dokumen keuangan yang menggambarkan kondisi usaha dari rincian jumlah pendapatan yang diterima dan biaya yang telah dikeluarkan.

Pada laporan ini dapat apakah dalam periode pembukuan tersebut, perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan.

3. Laporan keuangan lain 

Laporan keuangan lain yang memberikan keterangan yang diperlukan dalam rangka perhitungan Penghasilan Kena Pajak (PKP).

Baca juga Opini: Pentingnya Membayar Pajak bagi Pelaku Usaha

Pentingnya Lampiran Laporan Keuangan pada SPT Tahunan

Lampiran berupa laporan keuangan adalah bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari SPT Tahunan PPh Badan karena beberapa alasan sebagai berikut:

1. Sebagai dokumen sumber

Dalam penyusunan SPT Tahunan, laporan keuangan (khususnya laporan laba rugi) digunakan Wajib Pajak sebagai dokumen sumber atau dasar perhitungan PKP.

2. Dasar penilaian kewajaran

Lampiran laporan keuangan juga digunakan oleh DJP untuk menilai apakah SPT Tahunan yang disampaikan wajar atau tidak. Misalnya dengan menghitung debt to equity ratio (DER) perusahaan, dan lain-lain.

Untuk urusan kelola Faktur Pajak, Anda juga bisa mengetahui Cara Input Faktur Pajak Masukan Lewat Handphone Scan QR Code e-Faktur

3. Amanah undang-undang

SPT Tahunan PPh WP Badan dinyatakan tidak lengkap jika tidak disertai dengan laporan keuangan. Hal ini merupakan amanat dari UU KUP.

Ketentuan lebih lanjut tentang pelampiran laporan keuangan ini tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-19/PJ/2014 tentang Perubahan Kedua atas Perdirjen-pajak No.PER-34/PJ/2010 tentang Bentuk Formulir SPT Tahunan PPh WP OP dan WP Badan Beserta Petunjuk Pengisiannya.

Sedemikian pentingnya lampiran laporan keuangan bagi kepentingan perpajakan, maka setiap WP perlu mengetahui karakteristik kualitatif laporan keuangan. Karakter inilah yang membuat informasi pada laporan keuangan menjadi berguna bagi pemakainya.

Baca juga: Mengapa Akuntansi Perpajakan itu Penting Dipahami oleh Pebisnis?

Karakter Kualitatif Laporan Keuangan sebagai Lampiran SPT Tahunan

Empat karakter kualitatif pokok yang harus dimiliki laporan keuangan, berdasarkan Ikatan Akuntansi Indonesia (IKI) dalam PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) Nomor 1 adalah sebagai berikut:

1. Dapat dipahami

Laporan keuangan harus menunjukkan item-item atau akun serta maksud yang jelas agar dapat dimengerti dan dipahami oleh pembaca laporan keuangan.

Dalam hal digunakan sebagai lampiran SPT Tahunan, maka laporan keuangan harus menunjukkan akun-akun yang dijadikan dasar sebagai perhitungan pajak.

Hal ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman antara fiskus dengan WP. 

2. Relevan

Laporan keuangan dipandang memiliki kualitas relevan apabila dapat digunakan oleh penggunanya untuk melakukan evaluasi keuangan atas peristiwa masa lalu, masa kini atau masa depan, serta menegaskan atau mengoreksi hasil evaluasi sebelumnya, dalam rangka pengambilan keputusan.

Apakah bisnis Anda bergerak di bidang ekspor-impor? Begini Cara Pengisian PIB yang Benar agar Fungsinya Sama dengan Faktur Pajak

3. Keandalan

Informasi keuangan memiliki kualitas andal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang jujur dari yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan. 

4. Dapat diperbandingkan

Laporan keuangan perusahaan antar periode harus dapat diperbandingkan baik secara time series maupun antar perusahaan. Hal ini penting, agar kecenderungan posisi dan kinerja keuangan perusahaan dapat diidentifikasi.

Untuk itu, pengukuran serta penyajian data harus dilakukan dengan konsisten, baik antar periode maupun untuk perusahaan yang berbeda. Terkait hal ini, wajib pajak dapat mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan.

Klikpajak, Solusi Pelaporan Pajak Perusahaan Anda

Ada kalanya di dalam perusahaan laporan keuangan dibuat dengan aplikasi akuntansi digital, sementara perhitungan pajak dilakukan secara terpisah dan kemudian pembayaran dan pelaporan pajak dilakukan pada situs DJP Online.

Kami memahami bahwa hal ini dapat menjadi kesulitan dan juga berpotensi menimbulkan kesalahan hitung akibat human error.

Solusi yang dapat Anda lakukan adalah mengintegrasikan aplikasi keuangan atau aplikasi keuangan Anda dengan aplikasi perpajakan digital seperti KlikPajak.id.

KlikPajak adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak No. KEP-169/PJ/2018.

Selain dapat digunakan secara mandiri dalam melakukan administrasi perajakan, aplikasi pajak online Klikpajak juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi keuangan perusahaan Anda.

Dengan demikian proses perhitungan pajak serta pengunduhan dan pengunggahan data laporan keuangan sebagai lampiran SPT Tahunan PPh WP Badan dapat dilakukan secara otomatis dan praktis.

Kelola Pajak Bisnis dengan Fitur Lengkap Klikpajak

Klikpajak berbasis cloud yang memudahkan Anda mengelola administrasi perpajakan dengan baik kapan pun dan di mana pun.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin. Sebab Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Berikut beberapa fitur pajak online Klikpajak yang akan membantu urusan perpajakan Anda:

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak

Mekari Klikpajak_Promo

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Klikpajak