Kenapa Laporan Keuangan Penting Saat Lapor SPT Tahunan Badan?

Kenapa Laporan Keuangan Penting Saat Lapor SPT Tahunan Badan?

Sebagai dokumen yang akan selalu ada dalam sebuah perusahaan, keberadaan laporan keuangan penting saat lapor SPT Tahunan Badan. Tapi apa yang mendasari pentingnya aporan keuangan ini ketika menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Badan?

Laporan keuangan merupakan produk akhir dari serangkaian proses pembukuan yang dilakukan selama satu periode siklus akuntansi.

Terkait dengan tujuan perpajakan, Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) mengatur bahwa laporan keuangan harus dilampirkan pada SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Wajib Pajak (WP) Badan.

Alasan penting apa keharusan dari melampirkan laporan keuangan perusahaan pada saat menyampaikan SPT Tahunan PPh Badan, berikut ulasan Klikpajak by Mekari.

Jenis Laporan Keuangan pada SPT Tahunan

Jenis laporan keuangan yang harus dilampirkan pada SPT Tahunan PPh bagi WP Badan adalah:  

1. Neraca

Neraca merupakan dokumen keuangan yang menggambarkan perbandingan jumlah aktiva (assets), kewajiban (liability), dan modal (equity) perusahaan pada akhir tahun pembukuan,

Note: Ketahui juga Contoh Perhitungan Kerugian Fiskal Pajak Badan Sesuai UU Pajak Penghasilan

2. Laporan laba rugi

Laporan laba rugi adalah dokumen keuangan yang menggambarkan kondisi usaha dari rincian jumlah pendapatan yang diterima dan biaya yang telah dikeluarkan.

Pada laporan ini dapat apakah dalam periode pembukuan tersebut, perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan.

3. Laporan keuangan lain 

Laporan keuangan lain yang memberikan keterangan yang diperlukan dalam rangka perhitungan Penghasilan Kena Pajak (PKP).

Ilustrasi lampiran dokumen keuangan untuk lapor SPT Tahunan Badan

Pentingnya Lampiran Laporan Keuangan pada SPT Tahunan 

Lampiran berupa laporan keuangan adalah bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dari SPT Tahunan PPh Badan karena beberapa alasan sebagai berikut:

1. Sebagai dokumen sumber

Dalam penyusunan SPT Tahunan, laporan keuangan (khususnya laporan laba rugi) digunakan Wajib Pajak sebagai dokumen sumber atau dasar perhitungan PKP.

2. Dasar penilaian kewajaran

Lampiran laporan keuangan juga digunakan oleh DJP untuk menilai apakah SPT Tahunan yang disampaikan wajar atau tidak. Misalnya dengan menghitung debt to equity ratio (DER) perusahaan, dan lain-lain.

Note: Untuk urusan kelola Faktur Pajak, Anda juga bisa mengetahui Cara Input Faktur Pajak Masukan Lewat Handphone Scan QR Code e-Faktur

3. Amanah undang-undang

SPT Tahunan PPh WP Badan dinyatakan tidak lengkap jika tidak disertai dengan laporan keuangan. Hal ini merupakan amanat dari UU KUP.

Ketentuan lebih lanjut tentang pelampiran laporan keuangan ini tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-19/PJ/2014 tentang Perubahan Kedua atas Perdirjen-pajak No.PER-34/PJ/2010 tentang Bentuk Formulir SPT Tahunan PPh WP OP dan WP Badan Beserta Petunjuk Pengisiannya.

Sedemikian pentingnya lampiran laporan keuangan bagi kepentingan perpajakan, maka setiap WP perlu mengetahui karakteristik kualitatif laporan keuangan. Karakter inilah yang membuat informasi pada laporan keuangan menjadi berguna bagi pemakainya.

Cara Lapor SPT Tahunan Badan serta Persiapan DokumenIlustrasi mengurus laporan keuangan untuk lapor SPT Tahunan Badan

Karakter Kualitatif Laporan Keuangan sebagai Lampiran SPT Tahunan

Empat karakter kualitatif pokok yang harus dimiliki laporan keuangan, berdasarkan Ikatan Akuntansi Indonesia (IKI) dalam PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) Nomor 1 adalah sebagai berikut:

1. Dapat dipahami

Laporan keuangan harus menunjukkan item-item atau akun serta maksud yang jelas agar dapat dimengerti dan dipahami oleh pembaca laporan keuangan.

Dalam hal digunakan sebagai lampiran SPT Tahunan, maka laporan keuangan harus menunjukkan akun-akun yang dijadikan dasar sebagai perhitungan pajak.

Hal ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman antara fiskus dengan WP. 

2. Relevan

Laporan keuangan dipandang memiliki kualitas relevan apabila dapat digunakan oleh penggunanya untuk melakukan evaluasi keuangan atas peristiwa masa lalu, masa kini atau masa depan, serta menegaskan atau mengoreksi hasil evaluasi sebelumnya, dalam rangka pengambilan keputusan.

Note: Apakah bisnis Anda bergerak di bidang ekspor-impor? Begini Cara Pengisian PIB yang Benar agar Fungsinya Sama dengan Faktur Pajak

3. Keandalan

Informasi keuangan memiliki kualitas andal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang jujur dari yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan. 

4. Dapat diperbandingkan

Laporan keuangan perusahaan antar periode harus dapat diperbandingkan baik secara time series maupun antar perusahaan. Hal ini penting, agar kecenderungan posisi dan kinerja keuangan perusahaan dapat diidentifikasi.

Untuk itu, pengukuran serta penyajian data harus dilakukan dengan konsisten, baik antar periode maupun untuk perusahaan yang berbeda. Terkait hal ini, wajib pajak dapat mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan.

Ilustrasi menyiapkan laporan kuangan untuk lapor SPt Tahunan Badan

Klikpajak, Solusi Pelaporan Pajak Perusahaan Anda

Ada kalanya di dalam perusahaan laporan keuangan dibuat dengan aplikasi akuntansi digital, sementara perhitungan pajak dilakukan secara terpisah dan kemudian pembayaran dan pelaporan pajak dilakukan pada situs DJP Online.

Kami memahami bahwa hal ini dapat menjadi kesulitan dan juga berpotensi menimbulkan kesalahan hitung akibat human error.

Solusi yang dapat Anda lakukan adalah mengintegrasikan aplikasi keuangan atau aplikasi keuangan Anda dengan aplikasi perpajakan digital seperti KlikPajak.id.

KlikPajak adalah Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pajak No. KEP-169/PJ/2018.

Selain dapat digunakan secara mandiri dalam melakukan administrasi perajakan, aplikasi pajak online Klikpajak juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi keuangan perusahaan Anda.

Dengan demikian proses perhitungan pajak serta pengunduhan dan pengunggahan data laporan keuangan sebagai lampiran SPT Tahunan PPh WP Badan dapat dilakukan secara otomatis dan praktis.

Ilustrasi fitur pajak online Klikpajak yang memudahkan pelaporan SPT Tahunan Badan

Fitur Lengkap Klikpajak

Klikpajak berbasis cloud yang memudahkan Anda mengelola administrasi perpajakan dengan baik kapan pun dan di mana pun.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Anda dapat nyaman menggunakan aplikasi Klikpajak karena keamanan dan kerahasiaan data terjamin. Sebab Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Berikut beberapa fitur pajak online Klikpajak yang akan membantu urusan perpajakan Anda:

1. Fitur e-Faktur Klikpajak

Di Klikpajak, Anda semakin mudah mengelola administrasi perpajakan perusahaan, seperti:

  • Faktur Pajak Masukan
  • Faktur Pajak Keluaran
  • Faktur Pajak Retur

Anda akan dipandu dengan langkah-langkah penggunaan fitur e-Faktur yang mudah dan sederhana. Fitur e-Faktur Klikpajak juga memudahkan Anda mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan (Pajak Pertambahan Nilai) PPN sesuai data yang diunggah ke DJP.

Contoh fitur e-Bupot, kemudahan perpajakan selain lapor SPT Tahunan di Klikpajak

2. Fitur e-Bupot Klikpajak

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah. Karena alur yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).

Note: Seperti diketahui, pembuatan Bukti Potong PPh Pasal 23/26 wajib menggunakan e-Bupot yang berlaku mulai 1 Agustus 2020 yang ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-269/PJ/2020.

3. Fitur e-Billing Klikpajak

Sistem e-Billing akan membimbing Anda mengisi Surat Setoran Pajak (SSP) elektronik dengan benar sesuai transaksi. Sebelum menyetor pajak, Anda perlu mendapatkan Kode Billing atau ID Billing terlebih dahulu dari DJP melalui e-Billing.

Anda bisa membuat ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan masa pajak yang diinginkan. Begitu juga Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) juga akan disimpan dengan rapi dan aman pada Arsip Pajak di Klikpajak.

Contoh BPE, urusan perpajakan yang harus dilakukan selain lapor SPT Tahunan

4. Fitur e-Filing Klikpajak

Anda bisa melaporkan seluruh jenis SPT secara gratis selamanya melalui fitur e-Filing Klikpajak kapan saja dengan mudah.

Setelah menyampaikan SPT Pajak, Anda akan peroleh bukti lapor dalam bentuk elektronik, yakni Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dari DJP, yang berisi:

  • Informasi Nama Wajib Pajak (WP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanggal pembuatan BPE
  • Jam pembuatan BPE
  • Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE)

Melalui Klikpajak, Anda juga akan mendapatkan Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE) resmi dari DJP sebagai bukti lapor.

Semua jenis SPT bisa dilaporkan melalui e-Filing di Klikpajak, di antaranya:

  • SPT Tahunan Pajak Badan
  • SPT Masa (Bulanan) Pajak
  • SPT Tahunan Pajak Pribadi

Semua itu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat karena panduan pengisian SPT yang simpel.

Note: Langkah-langkah membuat ID Billing dan Lapor SPT Pajak melaluie-Filing selengkapnya bisa dilihat di SINI

Bebas Telat Lapor SPT Tahunan

Hindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration. Membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Ilustrasi tim support yang mempermudah urusan perpajakan selain penyampian SPT Tahunan yang dilakukan

Tim Support Klikpajak Siap Membantu Anda!

Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!

Ingin melihat bagaimana Klikpajak dapat membantu bisnis Anda dalam membuat Faktur Pajak secara efektif yang dapat menghemat banyak waktu Anda? Kami senang berbicara dengan Anda. Jadwalkan demo dan kami dapat menunjukkan caranya.

Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan manfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.


PUBLISHED18 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: