Inilah Rincian Kenaikan Iuran BPJS 2020 - Klikpajak

Inilah Rincian Kenaikan Iuran BPJS 2020

Pemerintah mengambil kembali kebijakan kenaikan iuran BPJS, ditandai pada 5 Mei 2020 dengan ditandatanganinya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020. Perpres ini berisi tentang beleid Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Kebijakan kenaikan iuran BPJS ini menjadi sorotan publik beberapa hal. Yang pertama karena diambil pada masa wabah corona (COVID-19). Kedua, karena kebijakan kenaikan iuran BPJS sebelumnya (tahun 2019) telah dibatalkan oleh Mahkamah Agung (MA) dalam putusan pada 31 Maret 2020.

Alasan Kenaikan Iuran BPJS

Tujuan dari kenaikan iuran BPJS ini dicantumkan dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 adalah, yang pertama untuk menjaga kualitas program Jaminan Kesehatan. Yang kedua adalah untuk menjaga kesinambungan program Jaminan Kesehatan. Kesinambungan program yang dimaksud adalah merujuk pada defisit yang dialami oleh Program JKN BPJS dari tahun ke tahun. Diharapkan dengan adanya kenaikan iuran, BPJS dapat memperbaiki layanan serta kondisi keuangannya, sehingga dapat terus melayani masyarakat hingga masa yang akan datang.

Pemerintah juga menyatakan bahwa kenaikan iuran BPJS ini telah disesuaikan dengan kebijakan keuangan negara secara proporsional dan berkeadilan, serta memperhatikan dan mempertimbangkan putusan Mahkamah Agung terkait sebelumnya yaitu putusan MA Nomor 7P/HUM/2020.

Kenaikan iuran tersebut akan mulai berlaku pada 1 Juli 2020, dan berlaku bagi peserta pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan juga peserta Bukan Pekerja (BP) atau yang sering disebut dengan peserta mandiri. 

Baca Juga: Ketentuan BPJS Ketenagakerjaan

Rincian Kenaikan Iuran BPJS

Namun, walaupun kenaikan iuran BPJS tersebut terjadi di semua kelas kepesertaan BPJS Kesehatan, besaran kenaikan yang ditetapkan bervariasi dan pemberlakuannya pun berbeda-beda.

  • Kelas III : iuran peserta kelas III naik sebesar 37,25%, dari yang awalnya Rp25.500,00 per orang per bulan menjadi Rp 42.000,00. 
  • Kelas II : iuran peserta kelas II naik 96,07% dari yang awalnya Rp51.000,00 menjadi Rp100.000,00. 
  • Kelas I : iuran peserta kelas I naik 87,5% dari yang awalnya Rp80.000 menjadi Rp150.000.

Ketentuan Khusus Bagi Peserta Kelas III PBPU dan BP:

  • Bagi peserta kelas III PBPU dan BP, iuran yang harus dibayar oleh peserta sampai dengan akhir tahun 2020 adalah tetap sebesar Rp25.500 per orang per bulan, sementara sisanya sebesar Rp16.500 akan dibayarkan oleh pemerintah pusat sebagai bantuan iuran, sehingga total iurannya adalah Rp 42.000 per bulan. 
  • Kemudian pada tahun 2021 dan seterusnya, peserta kelas III PBPU dan BP harus membayar sebesar Rp35.000 per orang per bulan, sementara sisanya akan dibayarkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebesar Rp7.000 sebagai bantuan iuran, sehingga total iurannya adalah Rp 42.000 per bulan.
  • Terkait poin sebelumnya, pihak lain (pemerintah daerah pun diperbolehkan) diperbolehkan untuk membayarkan iuran peserta kelas III PBPU dan BP atas nama peserta sebesar Rp35.000 per orang per bulan, baik sebagian iuran maupun seluruhnya. 

Baca Juga: Iuran BPJS Termasuk Variabel Biaya Pengurang Pajak?

Bagi perusahaan atau pemilik usaha tentunya Anda harus mempersiapkan beberapa hal terkait BPJS Kesehatan, mengingat BPJS Kesehatan Karyawan sistemnya adalah dipotong dari gaji karyawan langsung. Oleh karena itu, hal ini akan mempengaruhi proses perhitungan gaji, serta mempengaruhi perhitungan pajak penghasilan pegawai yang prosesnya pembayarannya dipungut oleh perusahaan.

Tentang Klikpajak, Aplikasi Perpajakan dalam Genggaman

KlikPajak adalah aplikasi perpajakan digital yang merupakan mitra resmi DJP yang dilengkapi dengan sertifikasi  ISO 27001, Klikpajak juga siap menjamin keamanan data penggunanya.

Dengan Klikpajak, Anda kini bisa melapor SPT tahunan badan dan pribadi bahkan SPT masa hanya dalam smartphone Anda. Proses pelaporan pun tanpa dikenakan biaya. Selain itu Anda bisa mengirim e-bupot dan juga membuat ID billing secara gratis.

Pengarsipan pajak dan juga pembuatan faktur pajak juga mudah dengan Klikpajak. Fitur apalagi yang bisa Anda manfaatkan dari Klikpajak? Simak selengkapnya di sini dan daftarkan diri Anda melalui banner di bawah ini!

 


PUBLISHED01 Jul 2020
Hafidh
Hafidh

SHARE THIS ARTICLE: