Cara Gunakan e-Nofa untuk Meminta Nomor Faktur Pajak - Klikpajak

Cara Gunakan e-Nofa untuk Meminta Nomor Faktur Pajak

e-Nofa adalah nama aplikasi yang merupakan singkatan dari Elektronik Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP). Aplikasi ini diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak tahun 2013 dalam rangka membantu penerbitan NSFP lebih mudah dan cepat. 

Dengan menggunakan e-Nofa, Pengusaha Kena Pajak (PKP) tidak lagi harus melalui proses yang panjang di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setiap mengajukan NSFP.

Pengertian, Fungsi dan Hubungan e-Nofa dengan Faktur Pajak

Dapat dikatakan, e-Nofa adalah aplikasi untuk mengajukan NSFP secara elektronik.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) adalah nomor yang harus dimiliki oleh PKP saat membuat faktur pajak.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak PER – 24/PH/2012 yang menyatakan bahwa PKP wajib untuk membuat faktur pajak, dimana faktur tersebut berisi kode dan NSFP. 

NSFP sendiri berupa 16 karakter/ digit angka yang terdiri dari 2 karakter sebagai kode transaksi, 1 karakter sebagai kode status, serta sisanya adalah 13 karakter nomor faktur yang ditetapkan oleh DJP. Fungsi faktur pajak sendiri adalah sebagai bukti bahwa PKP telah melakukan pemotongan pajak secara resmi.

Selain untuk memberikan kemudahan bagi PKP, e-Nofa juga dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pengawasan serta pencegahan munculnya faktur pajak ilegal. Sebab dengan adanya aplikasi yang dijalankan secara elektronik, DJP dapat memberikan NSFP bagi PKP dengan lebih sistematis dan terawasi.

Note: Baca artikel Tips dan Trik Mengunduh e-Faktur Agar Lancar Digunakan

Syarat Mendapatkan NSFP Menggunakan Layanan e-Nofa

Berikut adalah syarat yang ditetapkan DJP untuk mengajukan permohonan pembuatan NSFP secara elektronik:

1 . Badan Usaha Terdaftar sebagai PKP

PKP atau pengusaha kena pajak adalah badan usaha yang menjual barang atau jasa kena pajak. Syarat yang harus dipenuhi agar badan usaha dapat didaftarkan sebagai PKP adalah:

  1. Omzet perusahaan mencapai minimal Rp 4,8 miliar dalam satu tahun,
  2. Perusahaan harus telah lulus verifikasi yang dilakukan oleh petugas KPP,
  3. Dokumen yang disyaratkan untuk pengajuan PKP telah lengkap.

2 . PKP Memiliki Sertifikat Elektronik Pajak

Sertifikat elektronik pajak adalah dokumen resmi berisi identitas wajib pajak (WP) serta tanda tangan digital yang bersangkutan. Sertifikat elektronik pajak tersebut dapat diperoleh melalui pengajuan permohonan yang dilakukan di KPP dimana PKP terdaftar. 

Setelah permohonan sertifikat elektronik disetujui, PKP akan memperoleh username dan password untuk melakukan aktivasi akun e-Nofa dan untuk mengakses sertifikat elektronik. 

Cara Mengajukan Permohonan NSFP Menggunakan Layanan e-Nofa

1 . Menginstal Aplikasi e-Nofa

Aplikasi e-Nofa dan e-Faktur milik DJP beroperasi dengan mekanisme client-server. Oleh karena itu, pastikan komputer yang Anda gunakan telah terinstal aplikasi e-Nofa. Agar komputer Anda (yang terhubung dengan aplikasi e-Nofa) dapat mengakses database server DJP melalui jaringan internet yang tersedia.

Cara menginstal aplikasi e-Nofa akan dibahas lebih lanjut di akhir artikel ini.

2 . Menginstal Sertifikat Elektronik

Apabila permohonan sertifikat elektronik pajak Anda telah disetujui DJP, Anda harus menginstal sertifikat elektronik pajak pada browser komputer Anda agar dapat melanjutkan proses permintaan NSFP melalui aplikasi, kemudian login aplikasi e-Nofa.

3 . Login ke e-Faktur

Setelah sertifikat elektronik pajak tersebut terinstal pada browser, Anda dapat langsung login ke laman https: //efaktur.pajak.go.id/login dengan menggunakan username dan password PKP atau nomor NPWP yang telah didaftarkan. 

4 . Melakukan Permintaan NSFP

Anda dapat memilih menu Permintaan NSFP yang letaknya di bagian kiri paling bawah aplikasi. Selanjutnya, pilih sertifikat elektronik yang baru Anda pasang di brwoser. Apabila muncul peringatan keamanan, Anda dapat mengabaikan peringatan tersebut dan mengeklik opsi Proceed to efaktur. pajak.go.id. Barulah setelah itu, Anda dapat melakukan permintaan tentang NSFP.

Cara Menginstal Aplikasi e-Nofa

Berikut adalah cara instalasi aplikasi e-Nofa:

  1. Download installer e-Nofa yang sesuai dengan spesifikasi komputer Anda, 
  2. Instal file EtaxInvoice.exe. pada komputer yang terhubung ke internet, 
  3. Setelah proses instalasi selesai, akan dilakukan pembaruan secara otomatis. Pastikan sertifikat elektronik sudah terpasang di browser Anda, agar Anda dapat langsung mengajukan permohonan NSFP untuk badan usaha.

Apabila Anda ingin membuat BSFP, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pajak digital KlikPajak. Aplikasi ini adalah mitra resmi DJP, sehingga nomor faktur yang dihasilkan valid dan juga resmi.

Untuk menggunakan KlikPajak secara gratis, Anda dapat melakukan registrasi akun Klikpajak untuk bisa menggunakannya secara gratis.


PUBLISHED16 Jul 2020
Septina Muslimah
Septina Muslimah

SHARE THIS ARTICLE: