Mengetahui Ekualisasi Pajak 2019, Ini yang Perlu Dipahami! - Klikpajak

Mengetahui Ekualisasi Pajak 2019, Ini yang Perlu Dipahami!

Proses ekualisasi pajak dilakukan untuk memastikan kebenaran dari setiap data yang dilaporkan di dalam SPT. Topik mengenai ekualisasi pajak 2019 banyak dicari informasinya belakangan ini karena masih banyak wajib pajak yang belum memahami hal ini.

Proses ekualisasi pajak adalah proses dimana petugas perpajakan melakukan pemeriksaan silang antara satu pajak dengan pajak lain untuk mencocokan kesamaan dan kebenaran data.

Memastikan kebenaran data antara berkas satu dan berkas lain merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Diperlukan ketelitian yang tinggi, agar kemudian setiap data perpajakan yang dilaporkan dalam SPT Tahunan atau masa adalah data yang benar, baik dari pos atau perhitungannya.

Untuk memahami lebih lanjut, Anda dapat menyimak penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Pengisian SPT Tahunan Badan 1771 melalui e-Filing Klikpajak

Pengertian Ekualisasi Pajak 2019

Secara sederhana ekualisasi pajak dapat dimaknai sebagai suatu proses untuk memeriksa kesesuaian antara satu jenis pajak dengan jenis pajak lain yang berhubungan. Hubungan yang dimaksud adalah bagian laporan dari suatu jenis pajak yang merupakan bagian dari laporan jenis pajak lain.

Ekualisasi sendiri telah menjadi salah satu kunci utama dalam melakukan rekonsiliasi fiskal dalam SPT Tahunan Badan. Apalagi mengingat data pajak yang dicantumkan dalam SPT ini sangat banyak dan rinci.

Apabila ditemukan kejanggalan pada laporan pajak dari wajib pajak pada saat diperiksa oleh kantor pajak, maka proses juga dapat dilakukan.

Jadi, jika dilihat dari sisi pihak yang melakukan ekualisasi, setiap pihak dapat melakukan proses tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang dihadapinya. Pada intinya, proses ini akan menjadi proses untuk membuktikan bahwa pajak yang terhubung memiliki perhitungan yang sama dan merupakan data yang benar.

Objek Pajak yang Diberikan Perlakuan Ekualisasi

Setidaknya ada tiga jenis ekualisasi yang sering dilakukan di Indonesia guna memastikan kebenaran data yang sudah tertera pada SPT Tahunan Badan.

Pertama adalah Ekualisasi Penghasilan dan Objek PPN. Dasar dari ekualisasi ini adalah perbandingan antara jumlah penghasilan yang terdapat di form 1771-I SPT Tahunan Badan dan jumlah 1 tahun objek PPN dalam SPT Masa PPN.

1771-I SPT Tahunan Badan & Form Induk SPT Masa PPN. SS: ortax.org

Jenis pertama ini akan memungkinkan terjadinya temuan:

  1. Selisih yang disebabkan penghasilan pada PPh Badan bukan Objek PPN;
  2. Selisih pada Dasar Pengenaan Pajak PPN tidak termasuk penghasilan PPh Badan;
  3. Adanya perbedaan waktu penerbitan faktur pajak dan pengakuan Nota Retur atau Nota Pembatalan;
  4. Selisih kurs pencatatan pada pembukuan dan penerbitan faktur pajak,
  5. Pembayaran uang muka.

kertas kerja ekualisasi penghasilan dan objek PPN. SS: ortax.org

Kedua adalah proses ekualisasi antara Biaya dan Objek PPh Potong Pungut. Dasar dari ekualisasi ini adalah pengakuan jumlah biaya pada laporan laba/rugi dan telah dilaporkan pada Form Induk SPT Masa PPh21 dan Form 1711-2 SPT Tahunan PPT Badan. Proses ini meliputi:

A. Ekualisasi PPh Pasal 21

Form Induk SPT Masa PPh21 dan Form 1711-2 SPT Tahunan PPT Badan. SS: ortax.org

Dalam proses ekualisasi PPh Pasal 21 ini dimungkinkan akan terjadi:

  1. Selisih yang disebabkan oleh biaya bukan objek PPh Pasal 21 (seperti JHT, natura atau kenikmatan);
  2. Perbedaan tahun pengakuan biaya dan pemotongan;
  3. Keterlambatan pemotongan dan;
  4. Selisih kurs pencatatan pada pembukuan dan pemotongan PPh 21.

Kertas Kerja Ekualisasi PPh21. SS: ortax.org

B. Ekualisasi Pajak antara Biaya Jasa, Sewa dan Bunga dengan PPh Pasal 23/26 dan PPh Pasal 4 Ayat 2

Form 1771-II dan 1771-IV SPT Tahunan Badan. SS: ortax.org

Prosedur ini nantinya akan berpotensi dalam menemukan:

  1. Selisih yang disebabkan oleh biaya jasa, sewa, bunga dan royalti bukan objek PPh yang dimaksud (misalnya pembelian material, pembayaran gaji pegawai outsourcing dan ketentuan tax treaty),
  2. Keterlambatan pemotongan dan,
  3. Selisih kurs pencatatan pada pembukuan dan pemotongan PPh Pasal 23/26 dan PPh Pasal 4 Ayat 2.

Kertas Kerja Ekualisasi PPh23/26 dan PPh Pasal 4 Ayat 2. Source: ortax.org

Untuk proses yang disebut belakangan ini mendasarkan datanya pada pengakuan jumlah biaya pada laporan laba/rugi, dan telah dilaporkan dalam formulir 1771-II dan formulir 1771-IV SPT TahunanPPh Badan.

Pemeriksaan Berulang

Proses pemeriksaan berulang seringkali harus dilakukan ketika, baik pihak KPP atau pengusaha, menemukan adanya kejanggalan pada SPT yang sudah dilaporkan. Kesalahan ini sebenarnya tidak perlu terjadi ketika petugas pembuat laporan pajak bekerja sesuai aturan dan tidak mengesampingkan hal penting dalam pekerjaannya.

Apabila ditemukan kejanggalan pada SPT yang sudah dilaporkan, maka pihak KPP atau pengusaha harus sering melakukan pemeriksaan berulang. 

Pada saat ditemukan kesalahan pada laporan SPT, maka harus ada prosedur untuk menemukan jumlah selisih pajak. Mungkin saja hanya selisih dalam jumlah kecil. Namun jika tidak diperbaiki, dapat dianggap sebagai pelanggaran perpajakan hingga pada tax fraud, yang dapat dikenai sanksi yang cukup berat, mulai dari sanksi administratif hingga pidana.

Baca Juga : Pengenaan Sanksi Administrasi Karena Pembetulan SPT Sebesar 2%


Demikian penjelasan mengenai ekualisasi pajak secara umum dan diharapkan dapat memberi gambaran betapa pentingnya peranan prosedur ini dalam sistem perpajakan. Secara praktis memang berperan untuk memastikan kebenaran data, tapi juga memberikan bukti nyata, bahwa laporan yang sudah disusun sudah benar atau masih memiliki kesalahan.

Ekualisasi pajak 2019 masih memiliki prosedur yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Mungkin dalam beberapa waktu kedepan karena regulasi pajak terus diperdalam, akan semakin banyak prosedur ekualisasi yang bisa dilakukan untuk membantu validasi data yang dilaporkan.

Untuk membantu wajib pajak dalam melaporkan pajaknya, Klikpajak dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain karena merupakan mitra resmi DJP, Klikpajak juga menyediakan berbagai layanan laporan pajak yang dapat memfasilitasi kebutuhan wajib pajak dari berbagai golongan.

Daftar sekarang juga di sini.


PUBLISHED01 Jan 2020
Novina Fransisca
Novina Fransisca

SHARE THIS ARTICLE: