Cara Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-Nofa

Cara Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-Nofa

Melalui Pengumuman Direktorat Jenderal Pajak Nomor PENG-4/PJ/2014 tentang Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak, cara permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dapat diajukan melalui e-Nofa.

e-Nofa adalah situs resmi milik Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Berikut ulasan Klikpajak by Mekari mengenai penjelasan tentang NSFP dan bagaimana cara permintaan NSFP melalui e-Nofa.

Apa itu NSFP?

Pada dasarnya NSFP merupakan nomor seri yang diperuntukkan DJP bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) sebagai salah satu persyaratan untuk membuat faktur pajak. Faktur pajak ini nantinya dapat digunakan oleh PKP sebagai bukti pelaporan pajak.

NSFP diterbitkan satu kali per satu tahun, terdiri dari 16 digit, yakni:

  • Kombinasi angka
  • Kombinasi Huruf
  • Serta huruf dan angka

Dari kombinasi 16 digit dalam NSFP tersebut terdiri dari:

  • Dua digit pertama menunjukkan kode transaksi yang dilakukan
  • Satu digit berikutnya mengindikasikan kode status
  • 13 digit sisanya adalah NSFP yang diterbitkan oleh DJP

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh wajib pajak terkait pengajuan NSFP melalui e-Nofa, serta langkah-langkah pembuatannya.

Ilustrasi meminta NSFP secara online melalui e-Nofa

Persyaratan Meminta NSFP Melalui e-Nofa

Untuk dapat meminta Nomor Seri Faktur Pajak lewat e-Nofa, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh wajib pajak, di antaranya:

Ditetapkan sebagai PKP

Pertama, pengusaha yang hendak mengajukan permintaan NSFP melalui e-Nofa adalah wajib pajak yang sudah terdaftar dan ditetapkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP).

PKP sendiri diartikan sebagai pengusaha yang menjual Barang atau Jasa Kena Pajak (BKP/JKP) yang dikenakan Pajak pertambahan Nilai. 

PKP harus memiliki penghasilan tahunan lebih dari Rp4,8 miliar. Sementara bagi yang penghasilannya di bawah angka tersebut bisa memilih menjadi PKP maupun Non-PKP.

Note: Salah satu pentingnya perencanaan pajak adalah bisa mengetahui Cara Menyiasati ‘Tax Expense’ Biar Tak Jadi Beban Usaha

Mengantongi Sertifikat Elektronik Pajak

Kedua, PKP harus mengantongi Sertifikat Elektronik (digital certificate) Pajak. Sertifikat Elektronik pajak adalah sertifikat yang berisi identitas dan tanda tangan elektronik wajib pajak yang diterbitkan oleh DJP.

Masa berlaku Sertifikat Elektronik ini 2 tahun. Setelah lewat masa dua tahun itu, PKP dapat mengajukan perpanjangan Sertifikat Elektronik.

Sertifikat Elektronik ini dapat digunakan oleh PKP sebagai bukti otentifikasi untuk melakukan transaksi elektronik terkait pajak. Seperti layanan permintaan NSFP melalui laman yang ditentukan DJP.

Selain itu, fungsi Sertifikat Elektronik ini juga diperlukan untuk penggunaan aplikasi atau sistem elektronik oleh DJP dalam pembuatan e-Faktur Pajak maupun bukti pemotongan elektronik melalui e-Bupot.

Untuk mendapatkan Sertifikat Elektronik, wajib pajak harus mengajukan permohonan dengan melampirkan seluruh dokumen yang diperlukan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat PKP terdaftar dan sudah disetujui DJP. 

Setelah sertifikat elektronik pajak diperoleh, PKP dapat mengunduh dan menginstalnya di peramban saat hendak meminta NSFP melalui e-Nofa.

Memiliki Kode Aktivasi dan Password

Terakhir, wajib pajak harus memiliki kode aktivasi dan password yang telah diberikan oleh DJP untuk mengakses akun e-Nofa. 

Solusi Gagal Melakukan Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-NOFAIlustrasi meminta NSFP di e-Nofa untuk membuat Faktur Pajak

Cara Meminta Nomor Seri Faktur Pajak Melalui e-Nofa

Setelah sertifikat elektronik dipasang, untuk meminta nomor seri faktur pajak, wajib pajak perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Mendaftar masuk atau login di situs e-Nofa pajak, https://efaktur.pajak.go.id/pkp/home, masukkan username dan password PKP atau nomor NPWP yang sudah didaftarkan.
  2. Setelah itu, klik “Permintaan NSFP”.
  3. Lalu pilih sertifikat yang baru saja diimpor dari peramban wajib pajak sebelumnya.
  4. Kemudian ajukan permintaan rentang Nomor Seri Faktur Pajak.

Note: Bisa untuk dikreditkan, begini Cara Pengisian PIB yang Benar agar Fungsinya Sama dengan Faktur Pajak

Demikianlah langkah-langkah yang harus dilakukan PKP untuk mengajukan permintaan NSFP melalui situs e-Nofa. Proses permintaan NSFP jauh lebih praktis apabila dilakukan secara online ketimbang secara manual dengan langsung mendatangi KPP yang memakan waktu lebih lama.

Ilustrasi fitur e-Faktur Klikpajak

Mudah Membuat Faktur Pajak di e-Faktur Klikpajak

Untuk mempermudah wajib pajak, kini pembayaran dan pelaporan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) baik Masa maupun Tahunan, dapat dilakukan melalui Klikpajak. Klikpajak merupakan layanan yang menawarkan solusi untuk membantu PKP memenuhi kewajiban perpajakan dengan cepat dan praktis.

Klikpajak adalah Penyedia Jasa Aplikasi Pajak (PJAP) atau Application Service Provider (ASP) mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang disahkan dengan Surat Keputusan DJP Nomor KEP-169/PJ/2018.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Melalui aplikasi Klikpajak, Anda bisa membuat Faktur Pajak Masukan, Faktur Pajak Keluaran hingga Faktur Pajak Retur. Bukan hanya itu, arsip riwayat Surat Setoran Pajak (SSP) dan ID Billing akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan masa pajak yang diinginkan.

Anda juga akan lebih mudah melakukan pembetulan SPT apabila dibutuhkan sewaktu-waktu secara online dan bisa langsung terupdate secara otomatis karena sistem yang terintegrasi dengan DJP.

Keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO -yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Selain bisa menghemat waktu dan biaya karena pengelolaan pajak hanya dilakukan dalam satu platform, kelebihan Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah dengan pemakain Klikpajak.id. Sehingga proses pembuatan, pembayaran, pelaporan pajak jadi makin gampang dan tepat.

Dapatkan informasi lengkap mengenai pajak online lainnya dan fitur-fitur apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kemudahan dan kelancaran perpajakan Anda, daftarkan email Anda di www.klikpajak.id. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!


PUBLISHED29 Jul 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: