Bagaimana Cara Mudah Dapatkan Nomor Seri Faktur Pajak

Cara Mudah Dapatkan Nomor Seri Faktur Pajak

Nomor Seri Faktur Pajak atau yang sering disingkat dengan NSFP adalah nomor seri yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Pengusaha Kena Pajak (PKP). Apakah Anda sedang membutuhkan NSFP? Begini cara mudah dapatkan Nomor Seri Faktur Pajak.

NSFP dibuat dengan mekanisme penomoran tertentu, yang berupa kombinasi atau kumpulan dari angka dan huruf, dengan total 13 karakter. NSFP merupakan salah satu langkah dalam pembuatan faktur pajak yang harus dilakukan oleh PKP.

Untuk memperoleh NSFP, PKP dapat memilih salah satu dari tiga cara ini. Apa sajakah itu? Berikut Klikpajak by Mekari ulas untuk Anda.

1 . Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak secara Langsung

Cara pertama adalah dengan mengajukan permintaan langsung kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kepala Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di mana PKP dikukuhkan. Pengajuan permintaan ini melalui surat permintaan NSFP.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Faktur Pajak

2 . Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui Web DJP

Cara kedua adalah dengan mengajukan permintaan NSFP secara online melalui https://efaktur.pajak.go.id. Halaman ini disebut juga dengan laman e-Nofa

Perlu diingat, NSFP akan diberikan hanya kepada PKP yang memiliki beberapa syarat sebagai berikut:

  • kode aktivasi serta password
  • akun PKP aktif
  • telah lapor Surat Pemberitahuan (SPT) Masa PPN perusahaannya untuk tiga masa pajak terakhir

Baca Juga: eNofa Pajak: Pengertian, Fungsi, dan Cara Ajukan Permintaan

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan password e-Nofa, mengunduh serta menginstal sertifikat elektronik di browser internet Anda dan passphrase sertifikat elektronik. Bagi Anda yang belum melakukannya, Anda dapat mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

Instal Sertifikat Elektronik 

  • Buka https://efaktur.pajak.go.id. Setelah itu, login dengan 15 digit Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Anda, serta masukkan password e-Nofa Anda.
  • Pada menu e-faktur, klik Download Sertifikat Digital. Klik tombol Oke. Akan muncul keterangan tentang masa berlaku sertifikat elektronik Anda.
  • Klik Unduh atau download untuk mengunduh sertifikat elektronik. Anda akan memperoleh sertifikat berupa file dengan ekstensi P12, bernama file 15 digit NPWP Anda. Klik file tersebut. 
  • Pada menu Instal Sertifikat Elektronik, pilihlah Current Users kemudian klik Next. Selanjutnya klik Next kembali. 
  • Masukkan passphrase sertifikat elektronik yang Anda miliki dan klik Next.
  • Centang box dengan keterangan Automatically Select the Certificate Store Based on the Type of Certificate. Klik Next lalu klik Finish

Setelah proses instalasi sertifikat elektronik selesai, Anda dapat kembali ke menu e-faktur untuk melakukan permintaan NSFP

Ilustrasi sertifikat elektronik

Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak

  • Pada menu e-faktur, klik Permintaan NSFP
  • Pada notifikasi pemilihan sertifikat, Anda dapat memilih sertifikat sesuai dengan nama, dan NPWP PKP. Klik Oke.
  • Apabila muncul pesan Your Connection is Not Private, klik Advanced, lalu klik Proceed to efaktur.pajak.go.id (unsafe). 
  • Dalam menu Permohonan Nomor Seri Faktur Pajak, pilih tahun pajak. Lalu isi nama pemohon, jabatan pemohon, jumlah kebutuhan NSFP yang diminta. Setelah itu, klik Proses.
  • Masukan password e-Nofa Anda kemudian klik Ya. Apabila muncul notifikasi persetujuan permohonan NSFP telah disetujui serta pencetakan surat, klik Oke
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa browser tengah mengunduh surat pemberian NSFP. Apabila gagal terunduh, Anda dapat membuka menu Riwayat Permintaan NSFP kemudian melakukan download secara manual.

Baca Juga: Informasi Seputar e-Faktur yang Wajib Pengusaha Tahu

3 . Permintaan Nomor Seri Faktur Pajak Melalui ASP

Cara ketiga adalah melakukan permintaan NSFP melalui Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) atau Application Service Provider (ASP). Salah satu PJAP atau ASP yang ditunjuk resmi oleh DJP untuk mengadministrasikan permintaan NSFP adalah KlikPajak.

Dengan KlikPajak, Anda tidak hanya dapat melakukan permintaan NSFP saja, melainkan juga mengelola NSFP yang dipakai serta di penghujung tahun melaporkan NSFP yang tidak terpakai kembali ke DJP.

Contoh fitur e-Faktur Klikpajak

Mudah Membuat Faktur Pajak di Klikpajak

Klikpajak merupakan aplikasi pajak online berbasis cloud, memungkinkan Anda makin mudah mengelola administrasi perpajakan perusahaan kapan pun dan di mana pun, mulai dari membuat dan mengelola:

  • Faktur Pajak Masukan
  • Faktur Pajak Keluaran
  • Faktur Pajak Retur

Anda akan dipandu dengan langkah-langkah penggunaan fitur e-Faktur yang mudah dan sederhana. Fitur e-Faktur Klikpajak juga memudahkan Anda mengelola Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan memperoleh Surat Pemberitahuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai data yang diunggah ke DJP.

“Klikpajak memiliki fitur lengkap sebagai aplikasi pajak online yang membantu mempermudah urusan perpajakan bagi Anda para pelaku usaha, konsultan pajak, maupun bagi Anda yang bekerja sebagai tax officer di perusahaan.”

Keamanan dan kerahasiaan data terjamin karena Klikpajak sudah bersertifikat ISO 27001 dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi.

Klikpajak juga dilengkapi fitur e-Bupot yang memudahkan Anda menerbitkan Bukti Potong dan mengelola bukti pemotongan dalam jumlah banyak lebih mudah. Karena alur yang efisien dan ramah penggunaan (user friendly).

Kelebihan lain Klikpajak adalah bisa menarik data langsung dari laporan keuangan pengguna aplikasi akuntansi online seperti Jurnal by Mekari – Simple Online Accounting Software.

Ini adalah teknologi canggih berbasis API integration yang membuat proses pengolahan data pajak dari bagian accounting (keuangan) lebih cepat dan mudah. Sehingga proses pengelolaan pajak jadi makin gampang dan tepat hanya dengan Klikpajak.

Anda juga bisa membuat ID Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) dengan mudah dan gratis.

Hindari sanksi atau denda telat bayar dan lapor pajak, lebih mudah lihat semua jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada kalender saku di Kalender Pajak Klikpajak

Dapatkan informasi lengkap mengenai pajak online lainnya dan fitur-fitur apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk kemudahan dan kelancaran perpajakan Anda, daftarkan email Anda di www.klikpajak.id.

Sebagai mitra resmi DJP, KlikPajak akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan dengan mudah. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap!


PUBLISHED09 Aug 2020
Fitriya
Fitriya

SHARE THIS ARTICLE: