Cara Lapor SPT Tahunan Online Mudah & Tepat Waktu - Klikpajak

Cara Lapor SPT Tahunan Online Mudah & Tepat Waktu

Setiap tahun, wajib pajak harus melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dari pajak penghasilan yang diterimanya selama satu tahun. Layanan lapor SPT Tahunan online merupakan cara alternatif terbaik untuk menghindari keterlambatan dalam melaporkan SPT. 

Berdasarkan Undang-Undang Ketentuan Umum Perpajakan Pasal 3 Ayat (3) menyatakan batas akhir lapor SPT orang pribadi jatuh pada 31 Maret. Sedangkan batas akhir pengumpulan SPT wajib pajak badan adalah 30 April setiap tahunnya. Jika melewati tenggat waktu yang telah ditetapkan, terdapat sanksi denda yang akan dibebankan pada semua jenis wajib pajak. 

Terkadang ada beberapa kondisi yang membuat Anda sebagai wajib pajak mengalami keterlambatan bayar pajak maupun telat lapor SPT Tahunan. Pemerintah telah mengatur kebijakan atas keterlambatan tersebut, termasuk juga sanksi dan denda yang diberikan. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai denda keterlambatan dalam mengurus SPT!

Ketentuan Denda bagi Wajib Pajak yang Telat Lapor SPT

Berdasarkan Pasal 7 Ayat 1 UU Ketentuan Umum Perpajakan , terdapat perbedaan besaran denda bagi setiap wajib pajak yang terlambat lapor SPT Tahunan. 

Keterlambatan pelaporan SPT Tahunan untuk orang pribadi akan didenda sebesar Rp100.000. Sedangkan bagi wajib pajak Badan akan dikenai denda keterlambatan sebesar Rp1.000.000. 

Selain itu, wajib pajak juga akan dikenakan sanksi kenaikan jika tidak menyampaikan SPT atau menyampaikan SPT namun isinya tidak benar atau tidak lengkap. Sesuai dengan Pasal 13A UU KUP Tahun 2007, wajib pajak akan dikenai 200% dari jumlah pajak yang kurang dibayar melalui penerbitan SKPKB.

Berdasarkan Pasal 38 Ayat 1 UU KUP Tahun 200, setiap wajib pajak yang karena kesalahannya tidak menyampaikan SPT maka akan dikenai sanksi pidana. Sanksi yang diberikan yaitu kurungan paling sedikit 3 bulan atau paling lama 1 tahun. Atau sanksi denda paling sedikit 1 kali jumlah pajak terutang atau paling banyak 2 kali jumlah pajak terutang. 

Jika sudah melewati masa tenggat yang telah ditetapkan, Anda tidak bisa melakukan pembayaran pajak kecuali sudah membayar dendanya. Bagaimana cara membayar denda keterlambatan lapor SPT Tahunan?

Prosedur Bayar Denda Telat Lapor SPT Tahunan Online

Simak prosedur bayar denda berikut ini jika Anda telat melaporkan SPT tahunan:

1. Mendapatkan Surat Tagihan Pajak

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat nama Anda terdaftar akan mengeluarkan surat tagihan pajak jika Anda terlambat membayar pajak. Surat ini akan dikirimkan ke alamat yang tercantum dalam NPWP Anda. 

Anda juga bisa langsung mendatangi KPP untuk meminta surat tagihan pajak, jika mereka belum mengirimkan. Dalam surat tagihan pajak tersebut terdapat kode unik yang digunakan untuk membayar denda.

2. Membayar Denda Keterlambatan

Setelah menerima surat tagihan pajak, Anda dapat langsung membayarkan denda melalui ATM atau kantor pos. Jika denda sudah dibayarkan, selanjutnya Anda dapat melakukan lapor SPT Tahunan online maupun dengan datang langsung ke KPP. 

Dokumen yang Harus Dipersiapkan saat Lapor SPT Tahunan

Dalam pelaporan pajak ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan dan mengenal jenis formulir SPT tahunan.

Dalam formulir SPT tahunan sendiri ada beberapa jenis yang perlu Anda ketahui yaitu;

  • Formulir 1770 S  yang diperuntukkan bagi wajib pajak pribadi yang memiliki pendapatan lebih dari Rp 60 juta selama satu tahun terakhir.
  • Formulir 1770 SS  yang diperuntukkan bagi wajib pajak pribadi yang memiliki pendapatan kurang dari Rp 60 juta selama satu tahun terakhir.
  • Formulir 1770 yang diperuntukkan bagi wajib pajak yang memiliki bisnis atau pekerja lepas.
  • dan terakhir, Formulir 1771  diperuntukkan untuk wajib pajak badan.

Setelah mengetahui formulir SPT tahunan, satu hal yang perlu Anda ketahui adalah persiapan dokumen untuk lapor SPT. Adapun dokumennya sebagai berikut;

  • Bagi wajib pajak pribadi, persiapkan formulir SPT, atau bagi Anda yang bekerja bisa meminta formulir 1721 A1 atau A2 kepada pemberi kerja.
  • EFIN atau electronic filling identification number adalah nomor identifikasi wajib pajak dari DJP untuk melakukan e-filling atau lapor pajak online.
  • Anda bisa mengajukan EFIN di KPP setempat atau Anda juga bisa membuat EFIN melalui aplikasi Klikpajak
  • Formulir aktivasi EFIIN
  • alamat email
  • Fotokopi KTP untuk WNI dengan menunjukkan KTP asli; dan KITAS/KITAP untuk WNA dengan menunjukkan dokumen asli
  • Fotokopi NPWP dengan menunjukkan NPWP asli
  • Dokumen informasi penghasilan, slip gaji, kewajiban/hutang bagi WP badan, dan informasi harta (jika ada)

Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Online

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa Anda dapat lapor SPT Tahunan secara online melalui website DJP OnlineBerikut langkah mudahnya,

  1. Buka situs web pajak online http://djponline.pajak.go.id di ponsel atau komputer, kemudian masukkan NPWP, kata sandi, kode keamanan, dan klik login.
  2. Pilih layanan “e-filing”.
  3. Klik “Buat SPT”.
  4. Akan muncul beberapa pertanyaan sebelum masuk ke SPT 1770 SS; (1) Apakah Anda menjalankan usaha atau pekerjaan bebas? Jawab “Tidak”; (2) Apakah Anda seorang suami atau istri yang menjalankan kewajiban perpajakan terpisah (MT) atau pisah harta? Jawab “Tidak”; (3) Apakah penghasilan bruto yang Anda peroleh selama setahun kurang dari Rp 60 juta? Jawab “Ya”.
  5. Klik “SPT 1770 SS”.
  6. Lalu isi formulir yang berisi tahun pajak dan status SPT.
  7. Isi data SPT.
  8. Klik “Berikutnya”.
  9. Akan muncul ringkasan SPT dan pengambilan kode verifikasi. Klik “Di Sini” untuk pengambilan kode verifikasi. Setelah itu akan dikirim pemberitahuan kode verifikasi ke surel atau nomor ponsel.
  10. Masukkan kode verifikasi.
  11. Klik “Kirim SPT”.
  12.  Buka surel, akan ada Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan PPh.

Di atas sudah dijelaskan langkah-langkah lapor pajak online lewat situs web resmi DJP Online. Selain itu, lapor pajak online juga bisa lewat penyedia jasa aplikasi Klikpajak sebagai mitra resmi DJP. Jika mengalami kesulitan atau masih bingung lapor pajak lewat DJP Online, fitur lapor SPT di Klikpajak tentu merupakan pilihan yang tepat.

Daftarkan diri Anda di Klikpajak sekarang!

 


PUBLISHED19 Jul 2020
Hafidh
Hafidh

SHARE THIS ARTICLE: