Kiat Mempertahankan Predikat Recommended Seller dan Ketentuan Taat Bayar Pajaknya

Kiat Mempertahankan Predikat Recommended Seller dan Ketentuan Taat Bayar Pajaknya

Peran pengusaha bagi perekonomian nasional saat ini tidak dapat dipandang sebelah mata. Sektor swasta ini terbukti menjadi sektor penyumbang aktivitas ekonomi yang sangat besar. Dimulai dari pengusaha kecil sampai pengusaha besar dalam kegiatan ekonomi berperan aktif sebagai penjual dalam rangka memenuhi segala kebutuhan dalam negeri atau domestik dan ekspor ke luar negeri. Peran besar tersebut mendorong para penjual ini saling berkompetisi sehat untuk meningkatkan kualitas dan menghindari segala praktik monopoli. Tujuan yang ingin dicapai para penjual tidak lain ingin masuk sebagai salah satu penjual yang direkomendasikan atau recommended seller.

Menjadi bagian dari recommended seller atau penjual yang direkomendasikan secara langsung menunjukkan bahwa produk Anda, secara harga dan kualitas, memiliki nilai lebih dibanding dengan yang lain. Para costumer atau pembeli akan cenderung memilih recommended seller karena lebih dipercaya dan akan merasa puas. Catatan penting bagi Anda sebagai penjual untuk selalu berusaha menjadi recommended seller yang baik. Jangan sampai Anda gagal dan justru mendapatkan predikat sebagai penjual tidak direkomendasikan. Berikut ini adalah beberapa usaha yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan predikat penjual yang direkomendasikan.

Kiat Pertahankan Predikat Recommended Seller

1. Memasang Fitur untuk Konsumen Bertanya

Situs jual-beli pasti dilengkapi dengan fitur tanya yang memudahkan konsumen untuk bertanya kepada konsumen mengenai produk yang ditawarkan. Pastikan Anda selalu membalas pertanyaan pelanggan sejelas mungkin. Jika diperlukan, berikan mereka solusi atas permasalahan yang dihadapi. Lewat cara ini, pelanggan akan merasa puas dan tidak ragu untuk memberikan bintang lima untuk lapak Anda.

2. Memasang Gambar untuk Produk

Gambar memiliki peran yang sangat penting dalam jual beli online. Gambar merepresentasikan kualitas produk yang Anda jual. Pilih gambar yang bagus dan apa adanya untuk menarik minat pelanggan. Berikan deskripsi lengkap mengenai gambar produk Anda agar pelanggan semakin puas.

3. Selalu Kirim Barang Tepat Waktu

Hindari keterlambatan dalam mengirimkan barang yang telah dipesan oleh pelanggan. Usahakan mengirim barang tepat di hari yang sama pelanggan membayar.

4. Memastikan Kemasan atau Packaging Rapi

Selalu jaga kualitas kemasan produk Anda dari segi kerapian dan juga keamanan untuk kepuasan layanan. Poin ini perlu lebih diperhatikan untuk mengantisipasi kerusakan saat kurir mengirimkan barang dan pelanggan tidak merasa kecewa.

5. Terbuka dengan Pelanggan

Miliki sikap yang terbuka terhadap pelanggan Anda. Terima dan cerna segala kritik dan saran pelanggan demi kemajuan bisnis Anda.

Sukses Berbisnis Namun Tetap Taat Pajak

Melihat besarnya keuntungan yang diperoleh saat berprofesi sebagai recommended seller, maka banyak pelaku jual beli online berlomba-lomba mendapatkan predikat terbaik. Namun masih disayangkan kesadaran membayar pajak di Indonesia masih rendah. Padahal pajak adalah salah satu sumber terbesar penerimaan negara. Penjual yang memiliki kredibilitas tinggi, tentunya juga memiliki kepatuhan dan ketaatan dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

Kontribusi penjual sekecil apapun, tetap akan diapresiasi oleh Pemerintah dan akan digunakan semestinya untuk pembangunan. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak giat melakukan pembinaan kepada pengusaha kecil dalam upaya mengembangkan dan mensejahterakan pengusaha. Harapannya seluruh pengusaha kena pajak di Indonesia dapat berkontribusi aktif membayar pajak. Tidak hanya mengejar predikat recommended seller, tetapi juga sekaligus menjadi mitra negara yang taat pajak dalam pembangunan.


PUBLISHED06 Dec 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: