Mengetahui Tahapan Penertiban dan Tarif Pajak Usaha Walet untuk Dongkrak Penerimaan Daerah

Mengetahui Tahapan Penertiban dan Tarif Pajak Usaha Walet untuk Dongkrak Penerimaan Daerah

Sudah menjadi kewajiban seluruh pengusaha walet untuk memenuhi kewajiban usahanya seperti membayar pajak usaha walet dan memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Legalitas bangunan tentu menjadi syarat mutlak untuk membuktikan dan membenarkan bukti kepemilikan.

Usaha sarang burung walet mulai menggeliat dan banyak ditekuni oleh masyarakat di beberapa daerah. Selain memperoleh keuntungan besar, penghasilan dari usaha walet dinilai cukup untuk mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Tahapan Penertiban Usaha Walet

Sebagian pengusaha burung walet seringkali didapati “mangkir” dari membayar pajak. Berbagai alasan tidak membayar disampaikan kepada petugas seperti omzet menurun, kondisi cuaca yang buruk, dan sebagainya.

Aksi turun lapangan yang dilakukan oleh tim-tim yang diutus Pemerintah Daerah setempat, menyasar pada penertiban usaha sarang burung walet.  Hal ini dirasa cukup efektif untuk mengetahui keadaan sebenarnya di lapangan.

Penertiban usaha diawali dengan pendataan dan sosialisasi tentang Peraturan Daerah (Perda) Walet berisi pemberlakuan pajak usaha walet. Sasaran penertiban usaha walet adalah seluruh pengusaha penangkaran sarang burung walet yang kegiatan usahanya berada di wilayah setempat.

Tujuan dilaksanakan penertiban usaha ini adalah untuk menjaring seluruh usaha walet yang berkembang di daerah tersebut sekaligus pengenaan pajak usaha walet. Hasil penertiban ini juga diharapkan para pengusaha walet semakin sadar dan taat bayar pajak.

Berapa Tarif Pajak Usaha Walet?

Pengusaha sarang burung walet dikenakan tarif pajak sebesar 10% dari hasil penjualan yang diperoleh dalam satu bulan. Kewajiban perpajakan ini akan terpenuhi dengan mudah apabila pengusaha sadar akan kewajibannya.

Usaha walet memang berkembang pesat akhir-akhir ini. Dalam hal pengusaha walet mengurusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dinilai sudah tertib. Hanya saja pengoptimalan pembayaran pajak usaha walet yang sangat perlu diperhatikan dalam upaya mendongkrak penerimaan daerah. Mari sadar dan taat membayar pajak dari sekarang. Bangga Bayar Pajak!


PUBLISHED29 Nov 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: