Pentingnya SSE (Surat Setoran Elektronik) Pajak dalam e-Billing - Klikpajak

Pentingnya SSE (Surat Setoran Elektronik) Pajak dalam e-Billing

Teknologi dan informasi saat ini tidak bisa dipungkiri sangat membantu segala urusan. Baik urusan pribadi, pekerjaan, maupun administrasi Negara. Kita tidak bisa memungkiri hal ini dan bertahan pada idealisme kita untuk bertahan pada hal-hal yang manual. Salah satunya lini yang terus berevolusi demi memudahkan masyarakat adalah Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Dengan memberlakukan beberapa fitur pajak secara online. Diantara banyak fitur yang telah disediakan DJP adalah SSE (Surat Setoran Elektronik) Pajak, sebenarnya apakah SSE ini? Simak ulasan berikut ini.

Aturan Pemerintah

Sebagai warga Negara yang baik, kita harus mengikuti peraturan pemerintah. Apalagi salah satu aturan ini berkaitan dengan pembangunan Negara yaitu melalui Pajak. Dapat kita pahami bahwa pajak adalah salah satu pendapatan terbesar Negara. Saat ini pemerintah sedang memberlakukan pembangunan infrastruktur besar-besaran. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan tingkat kelayakan hidup masyarakat Indonesia.

Beberapa kasus mengenai pajak oleh badan usaha juga sering di soroti oleh media. Jangan sampai Anda terkena sanksi bahkan terjerat hukum karena masalah yang satu ini. Apalagi Kementerian Keuangan terus bertransformasi dalam menyediakan fitur yang mudah bagi masyarakat.

Per Tanggal 1 Januari 2016, pemerintah juga telah mengganti sistem pembayaran pajak yang sebelumnya dilakuakan secara manual dengan menggunakan SSP (Surat Setoran Pajak) sekarang diubah sistem pembayarannya menjadi menggunakan SSE (Surat Setoran Elektronik).

 

Bedanya Surat Setoran Elektronik dengan E-billing

Menurut Direktorat Jenderal Pajak, SSE pajak online atau Surat Setoran Elektronik adalah suatu sistem pembayaran pajak elektronik yang diadministrasikan oleh Biller Direktorat Jenderal Pajak dengan menerapkan atau menerbitkan billing system. Jika dalam pembahasan sebelumnya, kita membahas tentang billing system dan saat ini kita membahas SSE Pajak. Merupakan hal yang berhubungan. Sebenarnya apa kaitannya?

Saat Anda berhasil melakukan registrasi pada situs sse.pajak.go.id, kemudian Anda memasuki laman utama yaitu pengisian SSE Pajak, inilah yang dimaksud dengan Surat Setoran Elektronik yaitu di mana Anda harus memasukkan data untuk keperluan pembayaran pajak. Setelah selesai melakukan pengisian, Anda akan mendapatkan beberapa digit angka yang disebut dengan kode billing. Kode inilah yang akan Anda gunakan untuk melakukan pembayaran pajak di ATM, teller, ataupun internet banking.

Kemudahan Mengisi SSE

Adapun kemudahan dalam melakukan Surat Setoran Elektronik Pajak ini cukup banyak dan sangat membantu Anda para wajib pajak. Berikut ini kemudahan yang akan Anda temukan dalam menggunakan Surat Setoran Elektronik Pajak.

  1. Lebih Akurat

Mengapa dengan Surat Setoran Elektronik Pajak ini lebih akurat? Karna Anda hanya perlu meng-input sendiri data perpajakan, sehingga Anda dapat melakukan pengecekan ulang, ataupun mengulang kembali jika merasa melakukan kesalahan. Jika dalam Surat setoran yang biasanya dilakukan oleh petugas pajak akan berpotensi sangat besar pada Human Error. Selain itu, sistem yang terintegrasi juga memudahkan anda dalam melakukan laporan pajak yang lain.

  1. Hemat Waktu dan Biaya

Jika biasanya Anda harus pergi ke kantor pelayanan pajak sejak pagi hari karena keperluan pajak, ditambah lagi dengan antrean yang berderet sangat panjang. Sangat membuang waktu dan tenaga Anda bukan? Dengan adanya sistem ini, akan sangat memudahkan Anda. Karena Anda dapat melakukannya di rumah atau kantor dengan bermodalkan laptop dan koneksi Internet. Dengan hitungan menit saja laporan pajak Anda sudah selesai dan tinggal untuk membayarkannya.

  1. Dapat Dilakukan Kapanpun

Dapat kita ketahui bahwa kemudahan teknologi ini tidak mempersulit Anda harus pergi ke kantor pelayanan pajak, atau bahkan pergi ke bank untuk melakukan pelaporan pajak dan melakukan pembayaran. Anda dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja selama Anda memiliki laptop dan koneksi Internet.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa SSE Pajak adalah bagian dari e-billing. Adapun yang dimaksud dengan SSE Pajak ini adalah formulir yang harus diisi oleh wajib pajak agar selanjutnya mendapatkan kode billing yaitu sederetan angka yang kemudian akan Anda gunakan dalam pembayaran pajak. Jadi pada dasarnya SSE Pajak adalah sama halnya dengan e-billing.


PUBLISHED18 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: