Temukan Manfaat Membayar Pajak bagi Pengusaha

Temukan Manfaat Membayar Pajak bagi Pengusaha

Pajak adalah kontribusi wajib terutang terutama para Wajib Pajak, baik Orang Pribadi atau Badan Usaha kepada negara yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang. Pembayar pajak tidak mendapatkan imbalan secara langsung. Pembayaran pajak adalah peran serta masyarakat (Wajib Pajak) untuk secara langsung bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Saat ini cara melakukan pembayaran pajak semakin mudah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi. Mari temukan manfaat dari membayar pajak berikut ini.

Manfaat Membayar Pajak

  1. Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Bisnis yang Anda jalankan akan terlihat profesional di hadapan distributor dan konsumen. Alasannya, saat Anda bergelut dalam bisnis di bidang manufaktur, maka NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah salah satu bagian terpenting dalam surat kerja sama kontrak. Jika tidak memiliki NPWP, perusahaan Anda akan terlihat tidak profesional.

  1. Menunjukkan Kesehatan Keuangan Perusahaan

Dengan membayar pajak tepat waktu akan menunjukkan sehatnya keuangan perusahaan Anda. Pastinya hal ini didukung dengan pengelolaan keuangan yang baik. Terlebih lagi Ditjen Pajak akan memberikan denda bagi setiap pengusaha yang telat bayar pajak. Tentunya pengenaan denda akibat telat bayar pajak, pengusaha yang paham akan menghindari denda.

  1. Menstabilkan Perekonomian Negara

Pajak digunakan oleh pemerintah dalam hal mengatur atau menstabilkan perekonomian dalam negeri. Pajak menjadi alat stabilitas ekonomi dari berbagai kondisi yang dianggap mengancam keberlangsungan ekonomi negara.

  1. Mendorong Perusahaan Menyusun Laporan Keuangan

Setiap pengusaha wajib membayar pajak. Namun dalam pelaksanaannya beberapa pengusaha masih lalai menjalankan kewajiban membayar pajak, dengan alasan tidak memiliki laporan keuangan. Oleh karena itu, pengusaha didorong untuk menyusun laporan keuangan untuk dapat menentukan berapa besar jumlah pajak yang harus dikeluarkan.

  1. Mendapat Pinjaman Lebih Mudah

Dengan tertib membayar pajak, Anda akan mudah mendapatkan pinjaman dari bank untuk bisnis Anda. Dengan kartu NPWP khusus untuk bisnis, maka pihak bank akan menganggap Anda adalah pelaku bisnis profesional.

  1. Keuntungan Pengusaha Domestik Akan Berlipat

Barang-barang impor yang dikenakan pajak tinggi oleh pemerintah bertujuan agar produksi dalam negeri mampu bersaing di pasaran. Pemerintah dapat mengenakan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) terhadap produk-produk mewah impor. Pajak yang dibayar oleh pengimpor itu akan meredam neraca perdagangan dan jumlah barangnya akan berkurang. Dengan demikian, pengusaha dapat memajukan bisnisnya dan bersaing dengan barang-barang impor.

Selain 6 manfaat membayar pajak di atas, pembayaran pajak pastinya sangat berarti bagi fakir miskin dan anak terlantar yang menjadi tanggungan pemerintah sesuai Pasal 34 Ayat 1 UUD 1945. Sumber dana pemerintah untuk menjalankan program pengentasan kemiskinan dan pembinaan bagi anak-anak terlantar adalah pajak. Membayar Pajak diharapkan dapat menumbuhkan rasa empati kepada masyarakat yang kurang beruntung. Selain itu, pengusaha selalu didorong untuk selalu taat dan tertib membayar pajak karena pada dasarnya pengusaha juga mendapat banyak manfaat dari pajak yang dibayarkan tepat waktu.


PUBLISHED18 Sep 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: