SSE Pajak, Manfaat dan Kemudahan Bayar Pajak Online - Klikpajak

SSE Pajak, Manfaat dan Kemudahan Bayar Pajak Online

Mulai 1 Januari 2016, pemerintah mengarahkan pembayaran pajak secara online, dari yang manual dengan menggunakan SSP (Surat Setoran Pajak) dialihkan menjadi menggunakan SSE Pajak (Surat Setoran Elektronik). Bagi Anda yang akan atau sedang menjalankan bisnis, tentunya wajib membayar kewajiban perpajakan Anda dengan salah satu alat pembayaran elektronik ini. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan SSE Pajak dan manfaat yang diperoleh? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian SSE Pajak

SSE pajak berfungsi untuk menerbitkan kode billing (ID billing) pajak untuk berbagai Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS), sehingga dapat digunakan wajib pajak badan dan wajib pajak orang pribadi untuk membayar kewajiban pajak secara online maupun melalui bank.

Sistem pembayaran pajak online ini diadministrasikan oleh Biller Direktorat Jenderal Pajak dengan menerbitkan billing system. Untuk itu, DJP menyediakan kanal yang dinamakan sse.pajak.go.id untuk menerbitkan e-billing atau ID Billing. Fungsi kode billing (ID billing) yang telah diberikan dapat digunakan wajib pajak baik badan maupun wajib pajak orang pribadi untuk pembayaran pajak secara online maupun melalui bank. ID Billing menyimpan informasi data pembayaran wajib pajak secara real time.

Apa Saja Manfaat dari SSE Pajak?

Hadirnya SSE Pajak tentu akan semakin meningkatkan angka ketertiban pajak. Sistem perpajakan online ini sangat memudahkan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Prosedur penggunaan Surat Setoran Elektronik yang relatif mudah dipahami akan mengalihkan wajib pajak untuk melakukan pembayaran secara online.

Manfaat dari sistem Surat Setoran Elektronik Pajak adalah bayar pajak dari mana saja, kapan saja, hemat waktu dan tenaga, serta akurat. Anda tidak perlu lagi antri berjam-jam di Kantor Pelayanan Pajak sambil membawa berbagai berkas yang diperlukan. Dengan adanya SSE online, pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan terencana.

Bayar Pajak Menjadi Lebih Fleksibel

Di tengah kesibukan Anda sebagai pengusaha wajib pajak, kini Anda bisa membayar pajak di mana saja dan kapan saja. Anda dapat menyetor pajak tanpa harus datang ke bank atau kantor pajak. Cukup lewat website sse.pajak.go.id atau layanan bayar pajak gratis dari Klikpajak. Selain itu, Anda juga dapat melakukan transaksi pembayaran pajak online via ATM atau internet banking dengan memasukkan ID Billing Anda.

Hemat Waktu dan Tenaga

Transaksi pembayaran pajak dengan Surat Setoran Elektronik dapat dilakukan dalam hitungan menit saja. Sistem ini dapat membantu Anda menghemat waktu lebih banyak karena tidak menghabiskan waktu dan energi di jalan menuju bank ataupun kantor pajak. Kini bayar pajak cukup dengan akses internet yang memadai di mana saja dan kapan saja.

Akurat

SSE Pajak juga dapat memudahkan Anda dalam membayar pajak secara akurat dan meminimalisasi kesalahan input Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) seperti yang sering terjadi pada pembayaran pajak secara manual. Sistem akan selalu mengarahkan Anda dalam pengisian Surat Setoran Elektronik dengan benar dan tepat.

Cara Bayar Pajak Online Melalui eBilling Pajak

Kode Billing atau ID Billing dapat Anda dapatkan dengan memilih salah satu dari 7 cara berikut ini:

  1. Penyedia Jasa Aplikasi/Application Service Provider (ASP) sebagai mitra resmi DJP Online seperti Klikpajak.
  2. Laman Surat Setoran Elektronik versi 2.
  3. SMS ID Billing *141*500# (khusus pelanggan Telkomsel).
  4. Teller bank-bank tertentu (BNI, Mandiri, BRI, BCA, Citibank) dan Kantor Pos Indonesia.
  5. Layanan ID Billing di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).
  6. Internet banking (iBanking), berlaku hanya untuk nasabah bank tertentu.
  7. Call center kring pajak 1-500-200, berlaku hanya untuk wajib pajak pribadi.

Meski berbeda-beda, ketujuh kanal ini bisa digunakan dan semuanya resmi dan sah. Ketika sudah mendapatkan Kode Billing, Kode Billing tersebut bisa dibayarkan melalui:

  1. Fitur bayar pajak online di Klikpajak yang telah terintegrasi.
  2. Teller bank persepsi atau Kantor Pos Indonesia.
  3. Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
  4. Mini ATM yang terdapat di seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).
  5. Internet Banking.
  6. Mobile Banking (mBanking).
  7. Agen branchless banking.

Setelah memahami manfaat penggunaan Surat Setoran Elektronik dalam Pembayaran dan Pelaporan Pajak, segera persiapkan dan lengkapi dokumen-dokumen yang dipersyaratkan sekarang juga. Jangan tunda waktu pelaporan Anda hingga mendekati batas pelaporan SPT. Apabila Anda mengalami kesulitan saat menggunakan DJP Online, solusi lapor SPT Tahunan Pribadi bisa melalui aplikasi e-Filing Klikpajak yang sangat mudah dan tidak dipungut biaya.

Klikpajak merupakan mitra resmi dari Dirjen Pajak yang bisa digunakan untuk e-Filing pajak online untuk semua jenis SPT tahunan Pajak. Klikpajak mengeluarkan bukti resmi selayaknya Anda lapor melalui DJP Online. Dengan mendaftar dan bergabung bersama Klikpajak, urusan perpajakan Anda beres tanpa repot. Tunggu apalagi? Dapatkan segera kemudahan membayar pajak dengan menggunakan SSE Pajak. Jadilah warga negara yang taat pajak! Bangga Bayar Pajak!

[adrotate banner=”4″]


PUBLISHED29 May 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: