Lapor SPT Pajak Online: Manfaat dan Solusi Hadapi Laman DJP Online Error - Klikpajak

Lapor SPT Pajak Online: Manfaat dan Solusi Hadapi Laman DJP Online Error

Wajib pajak kini tak perlu kebingungan lagi dalam melaporkan SPT Tahunan dan Masa Pajak. Direktorat Jenderal Pajak terus memberikan pelayanan perpajakan terbaik, salah satunya dengan menerbitkan sistem lapor pajak online bagi wajib pajak. Sistem lapor SPT Pajak Online tentu memberikan berbagai manfaat bagi wajib pajak. Akan tetapi, apabila menjelang akhir batas pelaporan, dalam proses penyampaian SPT Pajak Online, tidak jarang wajib pajak menjumpai laman resmi Direktorat Jenderal Pajak menjadi error karena membludaknya pengguna. Bagaimana cara tepat mengatasinya? Mari simak pembahasan selengkapnya.

Manfaat Lapor SPT Pajak Online

Dalam periode tertentu, wajib pajak badan wajib melaporkan dan mempertanggungjawabkan laporan perpajakan atas segala kegiatan usahanya. Sistem pelaporan pajak secara online tentunya menawarkan berbagai manfaat bagi wajib pajak yang menggunakan fasilitas lapor SPT Pajak Online, antara lain:

  1. Kini dengan sistem lapor pajak online, proses perekaman data SPT ke database DJP menjadi lebih mudah dan efisien. Perekaman data tidak lagi dilakukan melalui proses manual yang membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran.
  2. Wajib pajak tidak perlu kerepotan lagi untuk datang langsung ke kantor pajak. Sistem lapor SPT pajak online memudahkan para wajib pajak untuk melaporkan pajak mereka dimana saja dan kapan saja secara aman, nyaman dan praktis.
  3. Menambah waktu produktif wajib pajak untuk melakukan prioritas kegiatan usaha lainnya. Dengan lapor pajak online diharapkan wajib pajak bisa memanfaatkan kelonggaran waktu untuk lebih produktif. Hal ini karena wajib pajak tidak perlu lagi mengorbankan waktu mereka berkunjung ke KPP.
  4. Meminimalisasi penggunaan dokumen kertas (paperless) dalam urusan administrasi perpajakan. Pemanfaatan sistem lapor SPT Pajak online ini tentunya mengurangi penggunaan kertas dan semakin menurunkan diskon kehilangan maupun kerusakan dokumen.
  5. Lapor SPT Pajak Online melalui e-Filing Pajak atau e-Form tidak dikenakan biaya sedikitpun alias gratis dan berlaku untuk pelaporan semua jenis SPT.
  6. Dengan menggunakan aplikasi pelaporan pajak secara online, khususnya bagi perusahaan berskala besar, memungkinkan bagi penggunanya mengunggah banyak data CSV pelaporan sekaligus secara otomatis.

Solusi Mengatasi Laman DJP Online Atau ASP Yang Error Dengan e-Form

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menghimbau kepada wajib pajak untuk menggunakan mekanisme e-form dalam proses pengisian dan pelaporan SPT Pajak Online. Hal ini ditujukan untuk menghindari gangguan internet atau error akibat adanya overload saat mengisikan SPT Online pada laman resmi DJP Online atau ASP resmi.

Mekanisme e-Form Untuk Pelaporan SPT Pajak Online Badan

Apa itu e-Form? E-Form merupakan formulir SPT Elektronik berbentuk file dengan ekstensi .xfdl. Dalam hal pengisian dapat dilakukan secara offline menggunakan aplikasi form viewer yang disediakan oleh DJP. SPT yang telah lengkap diisi, dapat langsung Anda unggah secara online melalui aplikasi form viewer.

Bagaimana cara mengunduh aplikasi form viewer? Ketika Anda akan mengunduh form viewer, pertama terlebih dahulu miliki Electronic Filing Identification Number (EFIN) karena login melalui djponline.pajak.go.id.

Setelah Anda sukses login, segera aktifkan akses fitur e-Form. Kemudian siapkan Personal Computer (PC) untuk memasang aplikasi form viewer dan lakukan pengisian formulir dari djponline.

Cara pengisian SPT Pajak Online pada aplikasi form viewer di e-Form sama persis dengan pengisian e-filing. Login menggunakan NPWP dan password. Isi tahun pajak, pilih SPT Normal atau Pembetulan, dan jenis pajaknya. Secara otomatis, Anda akan diterbitkan Bukti Penerimaan elektronik yang merupakan tanda terima resmi penyampaian SPT melalui email terdaftar perusahaan.

Lapor Pajak Sebelum Jatuh Tempo

Direktorat Jenderal Pajak menghimbau kepada seluruh wajib pajak sekaligus Pengusaha Kena Pajak untuk segera menyampaikan SPT Pajak Online melalui e-Filing atau e-Form jauh sebelum batas pelaporan yang telah ditentukan. Tindakan ini efektif untuk menghindari kendala-kendala teknis atau error saat akses laman djponline karena overload di penghujung waktu.

Klikpajak sebagai penyedia jasa aplikasi (Application Service Provider/ASP) resmi selalu menemani Anda menyelesaikan segala urusan perpajakan bisnis Anda termasuk pelaporan SPT. Segera gunakan klikpajak untuk melaporkan pajak anda!


PUBLISHED17 Jan 2019
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: