Ketahui Alasan Dibalik Tingginya Penggunaan Sistem E-Filing Pajak

Ketahui Alasan Dibalik Tingginya Penggunaan Sistem E-Filing Pajak

Meningkatnya paparan media internet pada berbagai sisi kehidupan, turut membawa dampak yang besar pada sistem perpajakan di Indonesia. Pelaporan serta pembayaran pajak dengan menggunakan sistem online atau biasa disebut sistem E-Filing Pajak, kini lebih banyak digunakan ketimbang pembayaran secara langsung melalui kantor pajak. Tentu saja, ini juga menunjukkan bahwa tingkat partisipasi pembayaran dan pelaporan pajak dari wajib pajak yang ada, baik badan atau perorangan, juga mengalami peningkatan. Penerimaan negara dari sektor pajak juga menunjukkan progres yang baik seiring berjalannya waktu.

Partisipasi wajib pajak, baik badan atau individu, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat pada peningkatan transaksi laporan dan pembayaran pajak melalui E-Filing Pajak. Tentu saja terdapat beberapa alasan mengapa keberadaan E-Filing Pajak menjadi sangat signifikan dalam sistem perpajakan di Indonesia. Berikut beberapa alasan mengapa sistem ini dapat meningkatkan partisipasi pajak pada wajib pajak di Indonesia.

Praktis, Tidak Perlu Melalui Proses Bertele-tele

Tidak dapat dipungkiri bahwa proses mengurus pajak dengan mendatangi kantor pajak secara langsung masih menjadi hal yang dihindari oleh sebagian wajib pajak. Disamping asumsi bahwa pegawai kantor pajak akan bertele-tele dan tidak bisa cepat diselesaikan, pikiran skeptis mengenai pegawai juga masih banyak tertanam. Padahal nyatanya, sistem pengurusan pajak kini telah jauh lebih baik dari beberapa tahun sebelumnya dan tidak ada lagi proses yang bertele-tele ketika mendatangi kantor pajak langsung.

Namun dengan menggunakan sistem E-Filing Pajak wajib pajak merasa bahwa proses pelaporan dan pembayaran bisa dilakukan lebih praktis tanpa harus mendatangi dan berurusan langsung dengan kantor pajak. Efektifitas waktu dan proses jadi pertimbangan utama pada faktor ini.

Langkah Penggunaan E-Filing Mudah Dipahami dan Bisa Langsung Dipraktekkan

Dengan menggunakan layanan E-Filing Pajak yang kini banyak tersedia, wajib pajak bisa melakukan pembayaran secara mandiri hanya dengan berbekal smartphone atau laptopnya saja. Penggunaannya juga mudah dipahami karena kebanyakan layanan memiliki informasi langkah-langkah penggunaan layanan dengan runtut dan rinci. Jika kemudian tidak ada langkah yang jelas pada layanan tertentu, wajib pajak dengan mudah bisa menemukan langkahnya pada sumber lain, karena secara garis besar langkah yang dilakukan cenderung sama. Banyak Manfaat yang Bisa Diperoleh dengan Menggunakan E-Filing Pajak. Berbagai manfaat juga bisa didapatkan oleh wajib pajak ketika menggunakan E-Filing Pajak. Satu dari sekian banyak manfaat tersebut adalah kemudahaan penghitungan pajak. Dalam E-Filing Pajak, wajib pajak telah disediakan formulir yang diperlukan dan bisa melakukan input dan penghitungan dengan sistem yang tersedia. Pada layanan partner resmi Dirjen Pajak, semua perhitungan dan formulir telah disesuaikan dengan aturan dan regulasi terbaru yang berlaku sehingga setiap penghitungan yang dilakukan tidak akan meleset dari kewajiban yang seharusnya dipenuhi. Penggunaan E-Filing Pajak juga mengurangi potensi kesalahan dalam pengisian.

Keamanan Terjamin karena Data yang Dimasukkan Hanya Bisa Diakses Secara Terbatas

Terkadang muncul kekhawatiran mengenai keamanan data yang dimasukkan pada layanan E-Flling Pajak mengingat maraknya peretasan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Sebenarnya, penggunaan E-Filing Pajak dinilai memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena setiap penggunanya akan memiliki identitas dan kata sandi yang unik untuk bisa mengakses berkas perpajakan. Hal ini yang kemudian membuat data yang tersimpan pada cloudstore menjadi aman karena kombinasi unik tersebut hanya diketahui oleh wajib pajak yang bersangkutan saja.

Dari beberapa alasan yang dijabarkan tersebut, tentu bisa dipahami mengapa layanan E-Flling Pajak banyak digunakan sehingga meningkatkan pula partisipasi pajak di Indonesia. Salah satu layanan yang memiliki tampilan ringkas dan penggunaan mudah adalah Klikpajak. Layanan ini berprinsip bahwa pelaporan dan penghitungan pajak harus dilakukan secepat dan seringkas mungkin sehingga tidak memakan banyak waktu. Layanan Klikpajak telah banyak dipilih dan digunakan berbagai perusahaan serta wajib pajak untuk menunaikan kewajiban perpajakannya. Kelengkapan dokumen serta verifikasi yang valid dari Dirjen Pajak menjadi faktor utama mengapa kemudian layanan ini banyak digunakan. Di samping itu, Klikpajak juga memiliki kapasitas yang besar sehingga jarang mengalami server down.


PUBLISHED26 Dec 2018
Ageng Prabandaru
Ageng Prabandaru

SHARE THIS ARTICLE: